wahyusuwarsi.com

MENU FAVORIT SAAT BERBUKA PUASA

 


Bulan ramadan hampir berakhir, dan saat ini telah memasuki 10 hari terakhir ramadan. Bulan penuh ampunan, bulan penuh berkah dimana pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Karena itulah kita wajib meningkatkan ibadah dan berlomba-lomba berbuat kebaikan di bulan yang suci ini.

Selain meningkatkan ibadah, di bulan ramadan pasti tema pembicaraan tak jauh-jauh dari takjil atau menu buka puasa dan sahur. Masing-masing orang atau keluarga pastilah punya menu favorit untuk berbuka puasa atau pun untuk sahur. Begitu juga dengan keluarga saya juga mempunyai menu favorit, walaupun mungkin menu favorit itu bagi orang lain termasuk sederhana. Tapi di keluarga saya, setiap berbuka puasa, menu tersebut harus selalu tersedia. Kalau tidak ada, rasanya pasti ada yang kurang. Kurang lengkap, kurang mantap dan tentu kurang kenyang (hehehe, bercanda). Pasti temans penasaran ya, apa menu favorit di keluarga saya? Menu favorit di keluarga saya sangat sederhana yaitu harus ada es buah dan kolak pisang (opsional).

RESEP ES BUAH SEDERHANA


Es buah
es-buah
(Gambar: pinterest.com)


Awal mula saya suka es buah ini dimulai sejak almarhumah ibu masih ada. Tapi es buah yang ini penampakannya tak seperti es buah yang dijual di resto atau cafe. Kalau es buah yang diual di resto penampakannya sangat menarik dan jenisnya pun bermacam-macam. Beda sekali dengan es buah ala almarhumah ibu saya, penampakannya sangat sederhana. Tetapi walaupun begitu, es buah ala almarhumah ibu tetap setia menemani di saat kami berbuka puasa, sejak saya masih anak-anak hingga kini saya sudah jadi seorang ibu.

Bagaimana resep es buah sederhana ala almarhumah ibu?

Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari di pasar tradisional yaitu cincau warna hitam (cao), nata de coco (bila ada), buah pepaya, buah nanas, tape singkong atau boleh diganti tape ketan, sirop framboze (warna merah), susu kental manis (opsional), meisyes (opsional), es batu berukuran kecil. Untuk buah bisa ditambah atau diganti dengan buah lain tergantung selera masing-masing, misalnya melon, blewah, semangka, pir, apel.

Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu buah, cao dipotong kecil-kecil kemudian di masukkan dalam wadah. Tambahkan sirop, lalu hancurkan es batu dan letakkan di atasnya. Setelah itu tambahkan susu kental manis dan meisyes bila ada. Es buah siap dihidangkan dan dinikmati. Sebenarnya lebih enak bila diberi es serut, tetapi bila tidak ada serutan es, bisa diberi es yang telah dihancurkan. Dengan cara masukkan es ke dalam serbet, kemudian bungkus rapat, pukul-pukul es hingga hancur (bisa memukul dengan ulegan). Cara ini adalah cara yang diajarkan ibu saya, untuk menghancurkan es. Sebabnya adalah karena waktu itu tidak ada blender. Terlihat sangat kuno dan jadul banget ya. Tapi ngga apalah, yang penting kami bisa menikmati es buah sederhana ini untuk berbuka puasa. Walaupun penampakannya tidak seperti es buah yang dijual di restoran, tapi tidak mengapa, yang penting bisa dinikmati. Apapun hidangannya, bila kita bersyukur pasti akan terasa nikmat.

KOLAK PISANG


Kolak pisang
kolak-pisang
(Gambar: pinterest.com)


Selain es buah, ada menu favorit lain untuk berbuka puasa yaitu kolak pisang. Kalau es buah harus selalu ada di setiap berbuka puasa, berbeda dengan kolak pisang yang tidak harus selalu ada pada saat buka puasa. Kolak pisang favorit saya biasanya dicampur dengan kolang-kaling atau nangka (bila ada).

Biasanya kolak pisang buatan saya tidak begitu banyak memakai santan. Bahannya pun sangat mudah yaitu pisang kepok, gula jawa, kolang-kaling (bila ada), nangka (bila ada), santan secukupya, air, daun pandan.

Kolak pisang ini dinikmati sebagai makanan pembuka (takjil). Rasanya yang gurih dan manis dapat mengganti gula darah pada tubuh, dan menambah tenaga setelah seharian kita berpuasa. Bisa dinikmati selagi hangat atau bisa ditambahkan es batu agar dingin. Rasanya segar sekali bila dinikmati dalam keadaan dingin.

Nah, temans itu tadi menu favorit saya untuk berbuka puasa. Apa menu favoritmu untuk berbuka puasa? Tuliskan di kolom komentar ya.

4 komentar

  1. Kalau menu favorit saya untuk takjil buka puasa itu kurma dan teh manis. Es teh kalau siangnya panas terik, teh hangat kalau hujan terus hehe..

    BalasHapus
  2. Pas puasa kemarin paling sering bikin kolak pisang bu. Kebetulan suami suka sekali dengan kolak. Kebalikan dengan saya yang nggak terlalu suka manis. Paling sering minuman manis yang saya buat ya susu kurma hihi. Es buah termasuk jarang biki, soalnya kalau beli lebih mudah haha

    BalasHapus
  3. Kolak pisang paling favorit sih, tapi sayang sudah jarang ya yang jualan takjilnya kolak pisang. Lebih sering es buah.

    BalasHapus
  4. Kolak pisang kesukaan aku banget kakkk....bahkan setiap ibu buat kolak campur gitu yang kuambil cuma pisangnya aja hehehe

    BalasHapus