wahyusuwarsi.com

MEMBELI AKI MOTOR BERKUALITAS DI PLANET BAN



BERKENALAN DENGAN AKI

Motor adalah kendaraan penting yang saya pakai sehari-hari untuk berbagai tujuan dan kebutuhan. Sebagai wanita sebaiknya kita juga harus tahu seluk beluk sparepart motor, sehingga bila sewaktu-waktu dibutuhkan, kita juga tahu bagaimana mengatasi masalah pada motor yang kita pakai. Salah satu sparepart motor yang terpenting adalah aki. Karena tanpa aki, mesin motor tidak akan menyala. Sebelumnya mari kita berkenalan dengan aki. Apakah aki itu?

Aki motor merupakan komponen untuk menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin motor dan menyimpan energi. Aki juga menyuplai daya pada sistem pengapian, lampu, audio, dan perangkat elektronik lainnya menggunakan cairan elektroda yang disebut air aki. Aki mempunyai umur yang terbatas, karena itu harus diganti secara berkala. Bila performa aki menurun, maka mesin motor tidak akan menyala dan sistem kelistrikan tak berfungsi optimal.

Aki dibedakan menjadi aki basah dan aki kering. Dalam hal perawatan, aki kering lebih mudah perawatannya dibandingkan aki basah. Karena tidak memiliki cairan elektrolit, maka aki kering tidak memerlukan perawatan yang intensif seperti aki basah. Sedangkan pada aki basah harus sering diperiksa secara rutin dan mengisi cairannya.

Proses perawatan yang lebih mudah ini menyebabkan aki kering memiliki harga yang lebih mahal daripada aki basah. Aki kering memiliki desain yang lebih sederhana dan bahan baku lebih terjangkau. Selain itu aki kering memiliki tegangan yang lebih stabil disebabkan menggunakan teknologi canggih, sehingga menghasilkan dan mempertahankan tegangan listrik stabil. Hal ini sangat penting agar kinerja sistem listrik kendaraan optimal.

Dari bentuk cairannya, aki kering memiliki cairan padat berbentuk gel, kalau aki basah memiliki cairan yang bentuknya mirip seperti air biasa atau disebut air accu dan air zuur.

KAPAN SAATNYA GANTI AKI?

Umur pakai aki yang terbatas menyebabkan aki harus diganti secara berkala. Kapan saatnya ganti aki motor? Aki motor perlu diganti apabila sudah ada tanda-tanda seperti di bawah ini:

1. Bila masa pemakaian aki sudah lebih dari 2 tahun, maka sebaiknya aki perlu diganti, karena biasanya performa aki sudah menurun. Hal ini akan mengganggu kinerja sistem kelistrikan pada motor menjadi tidak optimal.

2. Bila mesin motor sulit atau bahkan tidak bisa dihidupkan, itu tandanya aki harus segera diganti. Pada motor yang tidak pernah digunakan dalam waktu yang lama dan tidak pernah dihidupkan, aki akan menjadi lemah karena tidak memiliki daya. Maka sebaiknya hidupkan motor (pemanasan mesin) setiap hari kurang lebih 10 menit, apabila motor tak digunakan dalam jangka waktu lama.

3. Bila nyala lampu motor mulai redup, itulah saatnya aki harus diganti. Hal ini menunjukkan bahwa performa aki mulai menurun dan daya aki mulai lemah.

4. Bila tombol starter tidak ada reaksi atau tidak menyala. Hal ini ditandai dengan terdengarnya bunyi klik saat tombol starter ditekan. Itulah tandanya bahwa daya listrik pada aki melemah sehingga tidak bisa menghidupkan starter.

5. Bila saat klakson ditekan, tidak terdengar bunyi yang nyaring atau suara klakson lebih kecil dibandingkan biasanya. Hal ini menunjukkan bahwa aki sudah tidak mempunyai daya optimal untuk menghasilkan suara klakson nyaring.

6. Bila tegangan aki motor berada di bawah 12 volt. Hal ini bisa dilihat pada tampilan speedometer motor . Jika lampu indikatornya berkedip atau menyala terus, maka sebaiknya aki harus diganti. Pada motor yang dilengkapi speedometer digital, dapat dilihat tampilannya. Bila tampilan menunjukkan bahwa tegangan aki berada di bawah 12 volt saat motor berjalan, maka itulah saatnya untuk mengganti aki motor.

7. Bila tarikan motor menjadi berat atau terasa lemah, bisa ditandai dengan laju motor yang tidak bisa cepat padahal sudah menarik tuas gas cukup dalam. Saatnya ganti aki, karena aki sudah tidak bisa memberikan daya untuk laju kendaraan motor.

8. Bila tampilan speedometer sudah mulai meredup atau bahkan error (untuk speedometer jenis digital). Speedometer merupakan spare part yang vital untuk mengendalikan laju kecepatan motor saat dikendarai. Letaknya ada di depan pengendara motor dan bisa menjadi tolok ukur untuk mengatur kecepatan kendaraan motor.

MEMBELI AKI BERKUALITAS DI PLANET BAN

Untuk membeli aki baru, harus diperhatikan juga kualitas aki dan tentunya juga toko yang menjualnya harus benar-benar terpercaya. Nah, di sini rekomendasi tempat membeli aki yang berkualitas adalah di Planet Ban, mempunyai tagline “Rasa Mesin Baru” yang menghidupkan performa sepeda motor seperti baru, Dan Planet Ban mempunyai 11.000 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Planet Ban adalah toko ritel modern yang khusus menyediakan suku cadang berkualitas tinggi untuk sepeda motor. Fokus utamanya adalah menyediakan ban motor yang berkualitas dan tahan lama. Selain itu Planet Ban juga menyediakan layanan service motor, ganti oli dan suku cadang otomotif.

Planet Ban menyediakan suku cadang Eksklusif Brand X-Grade untuk kebutuhan sepeda motor. Suku cadang eksklusif yang tersedia di Planet Ban adalah aki (accu), kampas rem, minyak rem, komponen CVT, rantai, cairan anti bocor, filter udara, seal dan berbagai suku cadang yang lainnya.

Adapun jenis aki yang tersedia di Planet Ban yaitu Accu NS yang merupakan aki motor dengan kualitas terbaik bawaan pabrik. Jenisnya ada 2 macam yaitu:

  •  X-Smart NS Accu (Aki) NTZ 5 S dengan harga Rp 210.000
  •  X-Smart NS Accu (aki) NTZ 6 V dengan harga Rp 252.000

Pembelian aki di Planet Ban disertai pemasangan gratis.


Aki NS NTZ 5 S
aki-NS-NTZ-5S
(Gambar: planetban.com)


Aki NS NTZ 6 V
aki-NS-NTZ-6V
(Gambar: planetban.com)


 
Demikianlah ulasan tentang aki motor dan rekomendasi tempat pembelian aki yang berkualitas, tentunya hanya di Planet Ban. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://planetban.com/

https://planetban.com/aki-motor

8 komentar

  1. layanan di Planet Ban ternyata komplit ya, tidak hanya menyediakan ban baru tetapi juga bisa ganti Aki motor juga disini

    BalasHapus
  2. Saya termasuk yang agak kurang peka dengan perawatan Aki motor. Baca artikel ini jadi lumayan tercerahkan tentang pentingnya perawatan Aki ini.
    Ternyata planet Ban tidak hanya menyediakan ban saja, ya. Tetapi kebutuhan spare part untuk perawatan motor lumayan lengkap tersedia juga

    BalasHapus
  3. Ternyata di planet ban tidak hanya ganti ban dan oli saja, tapi service lainnya seperti ganti aki juga bisa ya.. Planet Ban sendiri udah ada dimana" nih, dan pastinya lebih terpercaya ya karna pastinya akan memberikan pelayanan yg terbaik..

    BalasHapus
  4. Ah iya nih, sekarang banyak juga yang pakai aki kering. Dulu saya nggak tahu ada yang namanya aki kering. Kebetulan servis bulan ini ditawari ganti aki kering karena akinya sudah lemah. Sempat bertanya-tanya juga saya ternyata ada yang namanya aki kering. Ternyata terjawab di sini. Memang lebih bagus dan stabil ya, Kak.

    BalasHapus
  5. Harga 200 ribuan untuk pemakaian sekitar dua tahun itu tidak mahal, ya, sebenarnya. Namun, terkadang kita kerap menunda-nunda mengganti Aki yang performanya sudah menurun, sehingga kerusakan yang ditimbulkan telanjur menjadi fatal. Akhirnya biaya servis pun membengkak.

    BalasHapus
  6. Beli aki wajib banget beli aki yang berkualitas ya. Jangan tergoda harga murah tapi nyatanya nggak tahan lama. Pokoknya beli aki di bengkel tepercaya kayak di Planet Ban ini, udah pasti umur akinya tahunan. Soalnya aku pernah beli aki di bengkel abal-abal, umurnya cuma 3 bulan hiks..nyesek banget deh.

    BalasHapus
  7. Untuk kebutuhan motor ku sudah langganan di planet ban. seperti beli aki, ganti oli, ganti ban, servis rutin. selain memang di dekat rumah ada bengkelnya, harga di planet ban jelas dan buka sampai malam. cocok banget buat aku yang bekerja kalau siang..

    BalasHapus
  8. Membaca tentang Aki, jadi ingat waktu pelajaran sistem kelistrikan waktu SMK. Banyak membahas tentang aki, mulai jenisnya, sampai elektrolit dan lain-lain.

    Dan aki ini bagian penting pada kendaraan, karena menjadi sumber daya bagi bagian lain sehingga menggerakkan mesin. Jadi kudu beli aki.yahg berkualitas biar awet, dna belinya harus di toko yang jelas, seperti Planet Ban

    BalasHapus