wahyusuwarsi.com

TUNGKUBUMI, RESTO MASAKAN KHAS NUSANTARA DI BANDUNGAN



Tungkubumi Resto



Belum lama ini saya beserta keluarga baru saja kuliner ke Tungkubumi Resto di Bandungan. Sebenarnya resto ini sudah lama dibuka, tapi kami baru sempat mencoba kuliner di sini.

Jalan menuju resto berkelak kelok dan lumayan menanjak, tetapi akses jalan aspal sudah bagus. Posisi Tungkubumi Resto ada di sebelah kanan jalan, bila kita berangkat dari Semarang (kurang lebih 28 kilometer). Letaknya pas belokan di tanjakan. Lokasinya ada di jalan Kalimosodo, Kluwihan, Jimbaran, Bandungan

Viewnya ... tentu saja sangat keren. Dari atas kelihatan sawah berterassering yang berkelok-kelok, gunung Ungaran dan Rawapening.

Jam operasional Tungkubumi Resto yaitu:

Senin-Jum'at buka jam 10.00-22.00
Sabtu, Minggu, hari besar nasional buka jam 08.00-22.00

Pengunjung yang datang ke sini tidak perlu khawatir bila membawa mobil, karena parkir di sini cukup luas.

FASILITAS DI TUNGKUBUMI RESTO

Kami sekeluarga datang ke Tungkubumi Resto saat jam makan siang. Ternyata parkirnya sudah penuh. Tapi akhirnya kami mendapat tempat parkir di atas dekat resto, setelah dipandu bapak petugas parkir. Jadi jangan khawatir nggak kebagia tempat parkir kalau temans ke sini. Karena ada juga tempat parkir lain yaitu di samping resto (bawah).

Masuk ke samping resto, kami langsung antri ambil makanan sesuai selera masing-masing (sistim prasmanan). Menu-menunya akan saya tuliskan di bawah. Setelah membayar di kasir, kami pun mencari tempat (meja kursi ) yang kosong.



Menu prasmanan
menu-disajikan-dengan-prasmanan
(Gambar: koleksi pribadi)


 
Di area bawah (lantai A) terdapat ruangan indoor untuk makan dan juga outdoor. Di area outdoor terdapat properti payung-payung putih di pinggir resto, dengan latar belakang view Rawapening, sawah terassering dan gunung Ungaran. Cantik sekali. Cocok banget buat yang suka foto, karena sangat instagramable. Bangku dan meja panjang ditata di tengah area outdoor, sebagian ditata di bawah pohon. Enak banget bisa menikmati hidangan dengan view gunung dan hawa sejuk pegunungan. Pasti betah berlama-lama, asalkan cuaca mendukung dan tidak hujan ya.



meja kursi di area outdoor
meja-kursi-di-outdoor
(Gambar: koleksi pribadi)



payung-payung putih di outdoor
payung-putih-di-area-outdoor
(Gambar: koleksi pribadi)


Wah sayang sekali, ternyata area outdoor sudah penuh pengunjung. Kami pun naik ke area atas (lantai B) mencari tempat yang kosong. Di lantai B ini ada teras dan outdoor, juga area indoor dengan meja kursi makan tertata rapi. Dari teras kita bisa makan sambil menikmati view gunung Ungaran.



ruangan di lantai B
ruangan-di-lantai-B
(Gambar: koleksi pribadi)



teras di lantai B
teras-di-lantai-B
(Gambar: koleksi pribadi)



Fasilitas lain dari Tungkubumi Resto adalah musholla yang letaknya memisah dari bangunan resto. Bangunan musholla berupa rumah joglo. Disediakan juga sarung, mukena dan sajadah bagi pengunjung yang shalat.



mushola
mushola-berbentuk-joglo
(Gambar: koleksi pribadi)


Di bagian bawah terdapat playground mini untuk anak-anak, yang dilengkapi mainan perosotan, ayunan dan tiang gelantung. Di dekat playground juga ada kolam ikan dan kandang kelinci, sehingga anak-anak nggak bosan bermain-main.



mini playground
mini-playground
(Gambar: koleksi pribadi)


Toilet di sini ada di lantai A dan lantai B. Kondisinya sangat bersih. Untuk cuci tangan juga tersedia washtafel.

Menurut info yang saya dapat, tiap akhir minggu ada live musik keroncong. Sayang sekali, saat saya kesana kebetulan live musiknya belum ada.

MENU DI TUNGKUBUMI RESTO

Apa saja menu di Tungkubumi Resto?

Menu-menu di resto ini adalah menu khas nusantara, dan penyajiannya ada yang prasmanan. Pengunjung bisa memilih menu yang disukai, lalu bayar di kasir.

Menunya ada beberapa:

1. Hidangan utama yaitu nasi putih, sambal dan aneka sayur. Harganya juga terjangkau banget (5K sampai 11K saja).

2. Hidangan lauk pauk spesial yaitu ayam, gule kambing, tengkleng, sapi, ada juga sate (yang dibakar di tempat tersendiri). Harga sekitar 20K sampai 70K.

3. Hidangan pendamping yaitu tahu, tempe, telur, pete, terong, ikan, pindang, sambal goreng ati dan beberapa jenis lainnya. Harga mulai di bawah 10K sampai 28K.

4. Camilan yaitu ubi, ketela, pisang goreng, mendoan, tahu sutra dengan harga 6K sampai 9K saja.

5. Ada juga paket tungku dengan harga 12,5K yang isinya nasi, 1 jenis sayur dan 1 jenis sambal.

6. Selain itu ada hidangan penutup yaitu pis kopyor tungku dan roti tawar dengan harga 18K.

Menarik kan? Rasanya juga cocok di lidah dan enak. Harganya juga murah.

Kami memesan menu pisang goreng, mendoan, nasi gule kambing (2 piring), nasi sayur dan beberapa lauk (2 piring), teh panas, minuman rempah soda gembira dan air putih, semuanya dibanderol 175K. Murah banget kan?

Nah, tunggu apa lagi temans, ayo ajak keluarga dan teman-teman ke Tungkubumi Resto. Menikmati hidangan khas nusantara dengan view dan hawa sejuk gunung. Semoga review ini bermanfaat bagi pembaca.


3 komentar

  1. Restoran Tungkubumi ini kelihatan bagus ya. Ada area parkir luas juga jadi ga khawatit jika membawa kendaraan bisa parkir. Ada playground buat anak2 bermain juga. Menu khas Nusantara di sini lezat2 dan harganya terjangkau sekali. Di lantai 1 dan 2 pemandangan bisa dinikmati sambil merasakan angin sepoi-sepoi. Kalau boleh, fotonya diperbesar lagi mbak biar makin sedap membayangkan makanan dan tempatnya hehehe. TFS mbak Yayuk :)

    BalasHapus
  2. Tahun lalu ke sini bareng tetangga dan rame banget karena hari libur. Masakannya rumahan banget yaa, jadi pengen makan satenya deeh...

    BalasHapus