wahyusuwarsi.com

MAKNA DAN MANFAAT REUNI


Reuni akbar ALSTE



Saat ini banyak dijumpai reuni dari berbagai macam komunitas. Baik itu komunitas sekolah ataupun komunitas yang lain.

Bahkan ada juga reuni dari orang-orang yang pernah bekerja dalam satu perusahaan, yang kemudian perusahaannya ditutup karena suatu hal. Atau mungkin reuni dari trah keluarga tertentu.

PENGERTIAN REUNI

Mengutip dari buku Ciloteh Bernas Sang Dokter, Jondri Akmal (2019:61), pengertian reuni adalah pertemuan kembali (bekas teman sekolah, kawan kuliah, dan sebagainya) setelah berpisah cukup lama. Secara lebih luas, reuni adalah momen bersatu kembali, yang dulu satu pernah berpisah dan kini reuni bersatu kembali.

Sedangkan menurut KBBI, reuni berarti kembali berkumpul (dengan teman sekelas, teman seperjuangan, kerabat dll.) setelah lama berpisah.

Jadi reuni artinya berkumpul atau bersatu kembali dengan teman atau kerabat setelah lama berpisah dan tidak berjumpa. Dalam bahasa Jawa adalah "nglumpukke balung pisah."

Dengan maraknya media sosial saat ini, lebih memudahkan kita untuk mencari data ataupun kontak teman-teman yang telah tersebar di manapun berada.

Seduluran sak lawase, konco koyo sedulur, rukun sak lawase dan masih banyak lagi kata-kata yang biasanya ada di dalam acara suatu reuni, yang intinya adalah menunjukkan kekompakan dan persaudaraan selamanya di antara anggota alumni tersebut.

MANFAAT REUNI

Banyak manfaat reuni yang dapat kita ambil antara lain:

1. Menyambung silaturahmi dan menjalin hubungan kembali dengan teman-teman lama yang sudah lama terpisah.

2. Bernostalgia mengingat masa-masa sekolah atau kebersamaan dengan teman-teman lama.

3. Memperluas jaringan pertemanan dan relasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang berbisnis, misalnya untuk mendapatkan rekan bisnis atau pun investor. Bahkan mungkin bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan.

4. Melatih otak untuk mengingat kembali teman-teman lama, agar tidak cepat pikun. Karena tentunya teman-teman tersebut sudah lama tidak berjumpa. Mungkin penampilan mereka sudah banyak berbeda dibanding sewaktu sekolah dulu. Misalnya ada yang lebih gemuk atau kurus, sehingga menyebabkan kita pangling (tidak mengenali mereka).

KEGIATAN ALUMNI SETELAH REUNI

Biasanya setelah acara reuni berakhir, silaturahmi antar alumni masih terus berlanjut. Banyak cara dan jalan supaya silaturahmi antar alumni tetap berlanjut, antara lain dengan membentuk grup WA antar alumni-alumni tersebut. Sebagai contoh misalnya WA grup antar alumni SD, alumni SMP, alumni SMA, alumni Universitas dan ada juga grup WA alumni suatu komunitas mantan karyawan perusahaan atau banyak lagi komunitas yang lain . Tetapi yang saat ini sedang menjamur adalah reuni dari alumni teman-teman semasa sekolah.

Dalam grup WA tersebut nantinya akan dijumpai bermacam sifat dan karakter dari setiap anggota grup. Jadi sebaiknya kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut.

Sifat manusia bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Banyak yang dulu semasa sekolah merasa bahwa dirinya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, tetapi setelah puluhan tahun dan menjadi orang yang sukses mereka ingin menunjukkan eksistensi dirinya dan ingin mendapat pengakuan dari mantan teman sekolahnya. Hal inilah yang mungkin menyebabkan seseorang ingin menonjol di grup alumni dibanding teman-teman yang lainnya, dengan kata lain "ingin lebih eksis" dan bahkan mungkin menunjukkan sifat yang kurang berkenan di mata teman- temannya. Akan tetapi semua itu tergantung dari masing-masing individu.

Banyak kegiatan positif yang dilaksanakan dan dibentuk setelah adanya reuni, antara lain adalah:

1. Bakti Sosial (Baksos)
2. Klub olah raga
3. Klub kegiatan senam
4. Piknik bersama
5. Pembentukan organisasi alumni dari suatu sekolah
6. Pembentukan koperasi alumni.

PENGALAMAN SEBAGAI ALUMNI SEKOLAH

Kebetulan saya mendapat kesempatan bersekolah di salah satu SMA favorit di kota Semarang, yaitu di SMA Negeri 3 Semarang. Alumni dari sekolah ini dibentuk dalam suatu organisasi yaitu ALSTE. Ada ALSTE tiap angkatan dan ada ALSTE INDONESIA dari lintas angkatan (1963-2023).

Dari angkatan saya ALSTE 85 sudah banyak mengadakan kegiatan- kegiatan antara lain Baksos penjualan sembako murah, Baksos penanaman mangrove, kunjungan ke panti asuhan, pengajian rutin untuk yang muslim, kebaktian untuk yang nasrani, dan juga dibentuk kas sosial untuk alumni yang meninggal, sakit atau ditimpa musibah.

Dari ALSTE INDONESIA sudah dibentuk kepengurusan dengan periode 3 tahun. Kegiatan- kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain Baksos, pengajian rutin (sie pengajian), kebaktian ( sie Kristiani), penanaman mangrove dan masih banyak lagi kegiatan lain termasuk rapat pengurus ALSTE INDONESIA.

Bahkan pada Reuni Akbar 2017 sempat mengundang dua orang menteri di kabinet yang merupakan alumni dari SMA 3 yaitu Menkeu Ibu Sri Mulyani dan Menlu Ibu Retno Marsudi. Beliau berdua berkenan hadir di acara reuni dan waktu itu ada acara seminar dengan pembicara beliau berdua.

Tidak hanya alumni SMA saja yang aktif berkegiatan. Alumni sekolah SMP saya yaitu ALMAGO (Alumni SMP Maria Goretti) juga sangat aktif dan kompak melakukan setiap acara dan kegiatan. Dari mulai tahun 2010 (awal mula reuni) sampai saat ini sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan antara lain baksos, pertemuan rutin tiap beberapa bulan, piknik, dan kegiatan sosial untuk alumni SMP ini (bezuk yang sakit, takziyah, kondangan untuk yang mantu).

Kegiatan piknik sudah sering dilakukan antara lain ke Tawangmangu, Solo, Jogja, Bandungan, Bali, Jakarta dan beberapa tempat lain di sekitar Semarang.

Tahun 2017 alumni SMP ini mengadakan acara reuni di Bali dengan biaya yang tidak mahal, bahkan banyak yang berangkat tanpa harus membayar alias gratis, waktu itu jumlah yang berangkat ke Bali sekitar 55 orang. Alhamdulillah banyak donatur dari alumni SMP yang dengan ikhlas memberikan support untuk teman-teman, sehingga banyak yang bisa terbantu dan berangkat ke Bali.



Reuni Almago di Bali
foto-bersama-sebelum-berangkat-ke-Bali
(Gambar: koleksi pribadi)


Foto bersama alumni
foto-bersama-alumni-SMP-di-Bali
(Gambar: koleksi pribadi)


Bulan Pebruari 2022 alumni SMP kembali berangkat bersama ke Jakarta dalam rangka mantu salah satu teman kami. Kali inipun kami berangkat tanpa harus mengeluarkan biaya karena transportasi dan akomodasi sudah disupport oleh yang punya gawe. Alhamdulillah.

PENUTUP

Niat baik dan tujuan reuni adalah untuk menjalin silaturahmi antar alumni, menambah saudara dan sahabat dan juga membantu teman-teman semasa sekolah yang kurang beruntung. Semua itu kembali kepada cara pandang dan pribadi kita masing-masing

Mari kita jalin silaturahmi dengan sesama, mumpung masih diberi umur. Melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Referensi

https://m.kumparan.com/ragam-info/reuni-pengertian-tujuan-beserta-manfaatnya-20sWuArJaih/full

https://kuninganmass.com/reuni-ajang-silaturahmi-atau-ajang-eksis/#:~:text=Kata%20atau%20istilah%20reuni%20adalah,kembali%20sedangkan%20union%20berarti%20bersatu

12 komentar

  1. Wah, ternyata alumnus SMA 3 Semarang ya, Bu? Memang alumninya keren-keren, pasti banyak kegiatan yang bermanfaat juga.

    BalasHapus
  2. Benar banget banyak manfaat yang dirasakan dari reuni. Menambah relasi pertemanan asal jangan CLBK aja

    BalasHapus
  3. betul sekali reuni menjaga silaturahmi dan menambah relasi

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah masih bisa bersilaturahmi dengan teman-teman semasa SMA. Memang seseru itu ya bertemu kembali dengan teman-teman angkatan SMA, mengenang masa lalu dan juga terus menjaga koneksi di masa sekarang

    BalasHapus
  5. Asiik sekali reuni...saya baru sekali ikutan reuni akbar SMA..seru bu...tapi tetep jiwa pendiam jaman dulu sekolah ga hilang2...hahaha

    BalasHapus
  6. jarang banget menemukan alumni yang masih terkonek begini ya. Bisa reunian ke bali dengan budget yang ramah dikantong itu wis luar biasa banget. kelihatan kompak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terpenting bisa membantu teman-teman yang kurang beruntung (kurang mampu) mbak.

      Hapus
  7. Sepakat, apapun itu tergantung sudut pandang ya, menjalin silaturahmi memperbanyak rezeki kan ya

    BalasHapus
  8. Aku paling suka ada acara reuni begini mbak, silaturahmi membuka pintu-pintu rezeki. Seru ya bisa reuni lintas generasi gitu hingga tahun 2023. Nggak kebayang hebohnya, hehe.

    BalasHapus
  9. Keren banget acara reuninya, Mbak. Mulai dari baksos sampai liburan ke Bali. Mantap sih ke Bali bisa gratis, alhamdulillah banyak yang jadi donatur, ya.

    BalasHapus
  10. Bu, nglumpukne balung pisah tu bukannya berlaku untuk keluarga? atau saya yang salah hehe. Waduh itu keren banget sekolahnya, alumninya bisa sekompak itu. Ada yang ngajak besanan juga ndak Bu? Biasanya kalo sesama kawan lama ngumpul suka njodoh-jodohin anaknya haha

    BalasHapus
  11. Wah, seru banget komunitas alumninya kompak dan solid begini, jadi bisa bikin kegiatan macem-macem ya bu. Dan, yang pastinya kegiatannya bermanfaat nggak cuma sekedar seneng-seneng aja. Jadi pengen reunian juga sama temen-temen kuliah dulu. Kalo sama temen SMP-SMA, udah lama banget nggak kontak dan kurang deket juga, cuma beberapa aja yang masih ada komunikasi :")

    BalasHapus