wahyusuwarsi.com

KONSISTEN MENULIS DI TENGAH RUTINITAS SEBAGAI IBU RUMAH TANGGA






Sebagai ibu rumah tangga tentunya setiap hari saya punya banyak rutinitas atau tugas-tugas harian rumah tangga. Tapi tidak hanya tugas rumah tangga saja rutinitas saya, ada juga beberapa rutinitas kegiatan yang saya lakukan.

Membagi waktu antara tugas-tugas domestik rumah tangga dengan kegiatan lain, tentunya tidak mudah. Bagaimana caranya agar bisa membagi waktu antara tugas domestik dan kegiatan lain? Di bawah ini akan saya bahas hal tersebut.
 

MEMBUAT TO DO LIST SELAMA SATU MINGGU

Membuat to do list selama satu minggu ke depan biasanya saya lakukan pada saat weekend (Sabtu atau Minggu). Untuk memudahkan, boleh dibuat tabel. Dalam to do list, disebutkan apa saja pekerjaan yang harus dikerjakan selama satu minggu. Dalam hal ini tuliskan juga pekerjaan yang tidak rutin dilakukan tiap hari. Misalnya membersihkan kamar mandi, mengurus tanaman (berkebun), mencuci seprai dan pekerjaan lain yang tidak rutin setiap hari.

Biasanya setelah membuat to do list selama satu minggu ke depan, saya juga merinci membuat to do lis harian (Senin sampai dengan Minggu). Berikan tanda centang untuk pekerjaan yang telah dilaksanakan.

To do list ini bisa juga digabungkan dengan jadwal kegiatan selama seminggu, misalnya pengajian, olah raga ataupun kegiatan yang lainnya.

Contoh to do list yang saya buat adalah:

Tanggal

Hari

Kegiatan

Selesai

5-2-2024

Senin

Memasak

Menyapu, mengepel lantai

Menguras kamar mandi

Mencuci pakaian

Pengajian

Menyeterika pakaian

Menulis

 

6-2-2024

Selasa

Memasak

Menyapu, mengepel lantai

Mencuci sprei dan baju

Menyeterika pakaian

Menulis

 

7-2-2024

Rabu

Yoga (olah raga)

Memasak

Menyapu, mengepel lantai

Mencuci pakaian

Menyeterika pakaian

Menyiram tanaman

Menulis

 

8-2-2024

Kamis

Memasak

Menyapu, mengepel lantai

Mencuci pakaian

Tahsin (mengaji online)

Menyeterika pakaian

Menulis

 

9-2-2024

Jum’at

Memasak

Menyapu, mengepel lantai

Mencuci pakaian

Tahsin (mengaji online)

Menyeterika pakaian

Menyiram tanaman

Menulis

 

10-2-2024

Sabtu

Memasak

Menyapu, mengepel lantai

Mencuci pakaian

Menyeterika pakaian

Berkebun

Menulis

 

11-2-2024

Minggu

Belanja untuk 1 minggu ke depan

Menyapu, mengepel lantai

Mencuci pakaian

Menyeterika pakaian

Menulis

Menyusun to do list (1 minggu ke depan)

Menyusun daftar menu (1 minggu ke depan)

 

 

MEMBUAT DAFTAR MENU UNTUK SATU MINGGU

Membuat to do list mempermudah kita untuk merencanakan apa saja yang harus dikerjakan selama satu minggu ke depan. Dalam daftar tersebut dapat disesuaikan dengan kegiatan kita. Selain membuat to do list, saya juga membiasakan untuk membuat daftar menu untuk satu minggu ke depan.

Biasanya saya berbelanja kebutuhan dapur pada hari Minggu. Belanja sayur mayur, ikan, lauk pauk dan kebutuhan pokok lainnya untuk satu minggu ke depan. Daftar belanja yang saya beli harus sesuai dengan daftar menu yang sudah saya tulis untuk satu minggu ke depan.

Membiasakan diri untuk membeli sesuai kebutuhan dan bukan keinginan. Dengan menulis daftar menu satu minggu ke depan, akan lebih menghemat waktu dan biaya. Demikian juga dengan berbelanja kebutuhan selama seminggu, akan sangat hemat dibandingkan bila belanja harian. Hemat biaya, hemat waktu juga.
 

MEMBIASAKAN KONSISTEN MENULIS

Sebagai penulis pendatang baru, sehari-hari saya disibukkan dengan tugas-tugas domestik ibu rumah tangga sehingga tidak punya waktu untuk menulis. Untuk itulah dengan adanya to do list dan daftar menu satu minggu, sangat membantu menghemat waktu, sehingga saya bisa meluangkan waktu untuk menulis. Kadang bila ada deadline tugas menulis, saya kerjakan setelah semua tugas domestik selesai yaitu malam hari. Tapi bagi saya yang sudah lansia ini, malam hari rasanya sudah tidak punya tenaga untuk menulis dan rasa ngantuk pun gampang menyerang.

Kemudian saya ingat kembali, untuk apakah saya menulis? “Big why” atau alasan utama saya menulis adalah agar saya tidak cepat pikun dan untuk mencari kegiatan positif di usia saya yang sudah lansia ini.

Nah, untuk itulah kemudian saya berusaha konsisten menulis dengan meluangkan waktu minimal 30 menit tiap hari. Salah satu usaha saya agar bisa konsisten menulis yaitu dengan mengikuti Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Di KLIP ini, diharuskan menulis minimal selama10 hari dalam sebulan. Kemudian meningkat menjadi 20 hari atau 30 hari dalam sebulan yang tentu saja akan mendapat reward bila lulus dalam tantangan ini. Kegiatan menulis di KLIP ini dilaksanakan selama satu tahun, dan nantinya akan punya buku solo di akhir tahun. Semoga saya bisa konsisten menulis seterusnya, dan tak hanya selama mengikuti event KLIP saja.

Nah, itulah ulasan saya tentang konsistensi menulis di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar