wahyusuwarsi.com

ASUS ROG STRIX SERIES, LAPTOP HANDAL DAN POWERFUL UNTUK GAMERS

Seperti kita ketahui, tiap tahun ASUS selalu menghadirkan laptop terbaru dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Asus telah meraih penghargaan sebagai Top Brand di tahun 2023. Penghargaan lain yang diraih tahun 2023 yaitu Service Quality Diamond Award. Tahun 2024 ini ASUS kembali menghadirkan beberapa laptop gaming. ASUS ROG (Republic of Gamers) yang merupakan brand gaming yang pertama, kali ini menghadirkan Seri TUF Gaming (untuk beberapa gamers pemula), ROG Zephyrus G (yang sangat stylish), ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar G 18 (laptop gaming yang powerful). Strix series ini khusus untuk enthusiast gamer. ROG masih menjadi laptop gaming terbaik di Indonesia.

Laptop gaming ROG tidak hanya unggul untuk bermain game, akan tetapi juga bisa untuk produksi konten hingga eksperimen AI. Point utama untuk laptop ROG adalah lebih modern dan powerful, merupakan laptop terbaik untuk eksperimen AI dan tentunya lebih lengkap.

Tanggal 16 Pebruari 2024 saya mendapat kesempatan untuk hadir di acara ASUS Gathering bersama komunitas Blogger Gandjel Rel Semarang. Dalam kesempatan itu diperkenalkan beberapa laptop gaming yang saya sebutkan di atas. Di artikel ini saya akan mengulas ASUS ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar G 18 yang pada acara tersebut dihadirkan.

ASUS ROG STRIX SCAR G16/18


ASUS ROG STRIX SCAR G16/18
ASUS-ROG-Strix-Scar-G16/18
(Gambar: rog.asus.com)


Spec ASUS ROG Strix Scar G16/18
spec-ASUS-ROG-Strix-Scar-G16/18


Tampilan laptop ini terlihat kuat dan gahar. Laptop ini disebut-sebut merupakan laptop paling powerful di awal tahun 2024. ROG Strix Scar 16/18 ini mempunyai berat 3,1 kg dan tebal 3 cm. Serta dilengkapi dengan windows 11.

Main game dengan laptop ini pasti mantap karena layarnya besar, yang dilengkapi layar ROG Nebula HDR Display menggunakan panel mini LED 2.5K 240Hz.

Processor ditenagai CPU Intel® Core™ i9-14900 HX dengan TDP hingga 65 W dan GPU NVIDIA Ge Force RTX™ 4090 dengan TGP hingga 175W. Dengan processor yang ditenagai CPU dan GPU ini, maka dapat menjalankan semua game yang ada di platform tanpa terkecuali.

Bagaimana dengan storage (penyimpanan)? ASUS ROG Strix Scar 16/18 dilengkapi memory dengan RAM 64 GB DDR5, 5600MHz sehingga lebih cepat mentransfer data. Kemudian ditambah 2TB+2TB PCle 4.0 SSD with Raid 0.

Laptop ini mempunyai performa sangat kencang sehingga sangat ideal untuk eksperiman AI (Artificial Intelligence).

Dengan kinerja yang tinggi, tentu saja laptop akan menjadi cepat panas. Tapi jangan khawatir, karena laptop ini sudah dilengkapi dengan system cooling (pendingin) menggunakan 3 kipas atau Tri-Fan Technology with full-Surround Vents serta conductonaut extreme liquid metal pada CPU dan GPU.

Audio didukung dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos untuk mendukung dan mempertajam suara. Suara pada ROG ada di sebelah kiri, kanan dan belakang sehingga membantu gamer untuk mempermudah menemukan musuh (menentukan arah pergerakan musuh).

ASUS ROG STRIX G16/18


ASUS ROG Strix G16/18
ASUS-ROG-Strix-G16/18
(Gambar: koleksi pribadi)



Spec ASUS ROG Strix G16/18
Spec-ASUS-ROG-Strix-G16/18


Satu lagi laptop Strix series yang dihadirkan yaitu ASUS ROG Strix G16/18. Laptop yang satu ini mempunyai berat 2,6 kg. Laptop ini tampil dengan 2 pilihan warna. Dilengkapi dengan Windows 11 dan menggunakan layar ROG Nebula Display.

Processor ditenagai CPU Intel® Core™ i9-14900 HX dengan TDP hingga 65 W dan GPU NVIDIA Ge Force RTX™ 4080 dengan TGP hingga 175W.

Agar tidak panas, laptop ini dilengkapi system pendingin (cooling) 3 kipas atau Tri-Fan Technology with full-Surround Vents serta conductonaut extreme liquid metal pada CPU dan GPU. Fungsinya untuk menjaga suhu operasional secara optimal.

ASUS ROG Strix G16/18 mempunyai keampuan mentransfer data lebih cepat karena dilengkapi storage 32GB DDR5 5600Mhz RAM, ditambah 2TB PCle Gen 4.0 SSD dan 1tambahan slot untuk upgrade.

Bagaimana dengan suara (audio)? Audio didukung oleh Dolby Vision dan Dolby Atmos untuk mensupport content yang immersive.

BEBERAPA KELEBIHAN LAIN ROG STRIX SERIES

1. Menggunakan layar Nebula Display

2. Didukung HDMI 2.1 yang meningkatkan bandwith laptop ROG hingga 48 Gbps sehingga menghasilkan video berkualitas tinggi yaitu 4K 120 Hz atau 8K 60 Hz.

3. Mendapatkan TUV Rheinland Certification untuk low blue light, sehingga nyaman di mata pengguna.

4. Hyper-Fast 2.5 Gbps Networking, meningkatkan jaringan hingga 2,5 kali lebih cepat.

5. Laptop ROG Strix series tidak hanya digunakan gaming, tetapi juga bisa digunakan untuk aplikasi AI dan mengerjakan tugas-tugas kantor.

6. Penyimpanan daya lebih cepat karena adanya daya 90 Wh dengan Type-C Charging.

Demikianlah ulasan saya tentang ASUS ROG Strix Series. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

8 komentar

  1. Mantap banget ya spesifikasi ASUS ROG terbaru ini ya Mbak, nggak heran laptop ASUS ROG selalu terdepan di lini laptop gaming di Indonesia, sering dapat penghargaan..

    BalasHapus
  2. ASUS ROG (Republic of Gamers) impian banget nih... Kelebihannya banyak banget ya mbk. Terimakasih informasinya, kebetulan laptop qu udah sering error', butuh rekomendasi laptop handal. Pengen beli laptop lagi 😍

    BalasHapus
  3. Ya benar sekali .. spesifikasi dari Asus gamer ini sangat kuat dan daya tahan baterai the best

    BalasHapus
  4. Namanya sangarrr beuds...ROG!! sini buat ngeblog aja ga usah dipake gaming biar awet haha..kalo specsnya handal buat gaming berarti buat kerjaan sehari-hari aman juga pasti ya

    BalasHapus
  5. Lihat spesifikasi dan keunggulannya jadi pengen punya laptop asus ini deh, soalnya laptop suami yang asus juga tuh awet banget

    BalasHapus
  6. Ada sistem pedingin 3 kipas dan suaranya udah pakai Dolby Vision dan Atmos. Pantas saja laptop Asus ROG Strix Series ini gahar! Udah ga ragu deh cuuuz siap sedia digunakan untuk main game. Apalagi baterainya tahan lama juga.

    BalasHapus
  7. Asus emang ga pernah gagal meluncurkan inovasi produk barunya selalu sukses bikin mupeng. Wah, ini makin keren banget ada teknologi AI-nya^^

    BalasHapus
  8. Laptop gaming ASUS ROG ini idaman Alde anakku dari dulu kan pengen jadi gamer dan memang setangguh itu ya tampilan dan fiturnya nggak hanya untuk game tapi bisa buat kerja juga

    BalasHapus