wahyusuwarsi.com

ULASAN FILM "LAYANGAN PUTUS THE MOVIE"




PROFIL FILM

Layangan Putus The Movie film dengan genre rumah tangga tentang perselingkuhan dan pengkhianatan ini, adalah lanjutan dari Layangan Putus the series. Film dengan durasi 1 jam 31 menit ini mulai diputar di bioskop tanggal 21 Desember 2023. Sebenarnya sudah tayang beberapa waktu, akan tetapi baru saya ulas artikelnya saat ini. 

Diproduksi MD Picture, dengan sutradara Benni Setiawan dan produser Manoj Punjabi. Film ini ditulis oleh Mommy ASF dan Oka Aurone. Penulis (Mommy ASF) adalah seorang dokter hewan yang menuliskan kisah nyatanya dalam novel Layangan Putus. 

Layangan Putus The Movie ini menceritakan kehidupan Aris (setelah bercerai dengan Kinan) dan Lidya, orang ketiga yang merusak rumah tangga Aris dan Kinan.

Pemain dalam film ini masih sama dengan Layangan Putus The Series, hanya pemeran Kinan digantikan oleh model Raaihanun, dengan beberapa tambahan pemain baru. Pemain lainnya adalah Reza Rahadian (Aris), Anya Geraldine (Lydia), Graciella Abigail (Raya), Marthino Lio (Andre), Raquel Katie Larkin (Lola), Ira Wibowo (ibu Lydia) dan beberapa yang lain.

Soundtrack film Layangan Putus The Movie yaitu lagu berjudul Sahabat Dulu yang dinyanyikan oleh Prinsa Mandagie.

SINOPSIS

Setelah bercerai dari Aris, kini Kinan hidup sebagai single parent bersama Raya anaknya, dan  Kinan kembali praktek sebagai dokter. Profesi ini telah ditinggalkannya sejak Kinan menjadi isteri Aris.


Kinan
Raaihanun-sebagai-Kinan
(Gambar: instagram.com/ layanganputus.md)


Kesepakatan diantara Aris dan Kinan, mereka bergantian meluangkan waktu untuk Raya, namun Raya merasa tidak lengkap bila tak ada Aris dan Kinan. Sementara usaha Lydia untuk mendekati Raya pun tak berhasil. Karena Raya merasa bahwa Lydia adalah perusak kebahagiaan keluarganya. Raya merasa kesal karena tiap kali pergi dengan ayahnya, selalu Lydia tak pernah ketinggalan. Bahkan saat ada acara pentas seni di sekolahnya pun Lydia juga ikut hadir bersama Aris, padahal Kinan juga hadir di acara tersebut.


Raya dan Aris
Raya-dan-Aris
(Gambar: instagram.com/layanganputus.md)


Masalah datang ketika Lydia minta dinikahi Aris. Saat itu Aris meminta pendapat Kinan bahwa dia akan  menikahi Lydia. Lydia merasa bahwa selama ini dia "hanya sebagai putri dan bukan ratu." Sebenarnya Aris masih berharap bisa kembali pada Kinan dan sekaligus juga mendapatkan cinta Lydia. Namun sebenarnya Kinan sudah tidak peduli lagi. Keinginannya hanya satu yaitu Aris dan Lydia segera pergi dari kehidupannya.


Lydia dan Aris
Lydia-dan-Aris
(Gambar: IDN Times)


Sementara itu dr. Andre, sahabat Kinan yang selama ini menaruh hati padanya, selalu siap kapan pun Kinan membutuhkan pertolongan. Andre sempat menyatakan perasaannya pada Kinan, tapi selama ini Kinan hanya menganggapnya sebagai seorang sahabat. Andre maklum dan  berusaha ikhlas dengan keadaan ini.

Adegan yang membuat kagum penonton adalah saat Kinan datang ke pesta pernikahan Aris dan Lydia. Kinan tampak tegar dan selalu tersenyum, sambil memberi ucapan selamat pada kedua mempelai. Saat itu Kinan ditemani Andre.

Setelah menikah, konflik antara Aris dan Lydia semakin memanas. Karena Lydia merasa kalau Aris tak bisa lepas dari Kinan. Ya pastilah, karena Aris masih sering bertemu Raya, yang adalah anak Kinan dan Aris.

Konflik terjadi antara Kinan dan Lydia yang merasa diselingkuhi dan dikhianati. Namun Kinan berhasil membalik fakta tersebut. Kinan mengatakan pada Lydia bahwa perasaan yang Lydia rasakan saat ini, adalah perasaan Kinan saat Aris mengkhianatinya waktu berselingkuh dengan Lydia.

Bagaimana akhir kisah petualangan Aris?

Bagaikan layangan putus, akhirnya Aris tak mendapatkan keduanya (Kinan atau Lydia). Karena Lydia juga berpisah dengan Aris.

KESAN MENONTON FILM LAYANGAN PUTUS THE MOVIE

Menonton film layangan putus the movie kok terkesan cepat selesai filmnya. Mungkin karena selama ini saya terbiasa nonton serialnya yang berseri-seti panjangnya. Selain itu juga ada kesan rasanya film ini terburu-buru atau terkesan dipaksakan dalam penyelesaian tiap masalah.

Awalnya rasanya juga kurang puas karena pemeran utama Kinan  yang dulu diperankan Putri Marino, kini digantikan oleh Raaihanun. Tapi setelah melihat akting Raaihanun ternyata tak kalah dengan Putri Marino, dalam menjiwai peran Kinan. Terutama adalah saat emosi yang meledak-ledak saat Kinan berhadapan dengan Lydia. Saya jadi ingat, serial Layangan Putus saat emosi Kinan meledak-ledak mengetahui Aris berselingkuh. Disitu akting Putri Marino begitu mendalam dan berkesan di hati penonton.

Penjiwaan Anya Geraldine sebagai Lydia juga sangat total dan menjiwai perannya. Menurut saya yang aktingnya monoton adalah Marthino Lio yang berperan sebagai Andre. Sepertinya aktingnya kok kaku ya, atau mungkin memang karena perannya yang harus begitu.

Begitupun peran dari aktris cilik Graciella Abigail, yang bisa mendalami peran sebagai Raya. Seorang anak korban perceraian kedua orang tuanya. Raya yang masih mengharapkan mamim dan papipnya bersatu lagi tanpa ada ganggunan tante Lydia (orang ketiga).

Di film ini setting Cappadocia juga masih ditayangkan, sebagai adegan pembuka (awal). Indah sekali setting dengan latar belakang balon-balon terbang.

Di bawah ini adalah trailer Layangan Putus The Movie:




PENUTUP

Kita bisa mengambil pelajaran dari film ini tentang keikhlasan yaitu keikhlasan Kinan menerima takdirnya dan berdamai dengan masa lalu serta dirinya sendiri. Keikhlasan Andre bahwa Kinan hanya menganggapnya sebagai sahabat. Ada pelajaran terpenting dari film ini yaitu segala sesuatu yang diawali dengan kebohongan, akan berakhir tidak baik.

Nah temans, itulah sedikit ulasan saya tentang film Layangan Putus The Movie. Yuk nonton filmnya sebelum habis masa tayangnya.














 





Posting Komentar