wahyusuwarsi.com

TANAMAN PORANG SEBAGAI MAKANAN DIET PENGGANTI NASI

Pernah dengan nama tanaman Porang?

Di Indonesia saat ini sedang gencar dibudidayakan dan dikembangkan tanaman porang, yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Porang juga diketahui mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari agro.kemenperin.go.id ada dua negara yang menguasai bisnis porang hingga ke hilirnya yaitu China dan Jepang. Di Indonesia produksi umbi porang tahun 2020 mencapai 142.000 ton dimana 89,65 % diolah menjadi Chip Porang untuk tujuan ekspor. Tahun 2024 produksi umbi porang akan mencapai 600.000.

Menurut Presiden Jokori, bahwa porang bisa menjadi komoditas ekspor baru yang memberikan keuntungan yang tinggi. Presiden berharap bahwa Indonesia bisa mengekspor porang dalam bentuk setengah jadi dan bukan hanya bahan mentah. Pada tahun 2018, ekspor porang mencapai 254 ton dengan nilai ekspor sebesar Rp 11,3 miliar ke negara Jepang, Vietnam, China, Australia dan negara lainnya (CNBC Indonesia).

Apa dan bagaimana tanaman porang? Yuk, kita kenalan dulu dengan Tanaman Porang.

MENGENAL TANAMAN PORANG

Mungkin sebagian masih asing mendengar nama tanaman porang, tetapi sebenarnya tanaman porang dikenal dengan nama lain yaitu iles-iles, acung, acoan, badur atau kerubut, tiap-tiap daerah mempunyai sebutan yang berbeda-beda. Tanaman ini sebenarnya sudah dikenal sejak jaman penjajahan Jepang sebagai bahan pangan dan industri. Namun di Indonesia baru dikenal akhir-akhir ini, karena manfaatnya untuk kesehatan dan juga sebagai pengganti nasi (sebagai makanan diet).

Tanaman porang
tanaman-porang
(Gambar: kompas.com)

 

KLASIFIKASI TANAMAN PORANG

Klasifikasi tanaman porang (Wikipedia.org):
Kerajaan: Plantae
(tanpa takson): Angiospermae
(tanpa takson): Monokotil
Ordo: Alismatales
Famili: Araceae
Geus: Amorphophallus
Spesies: A. muelleri
Nama binomial: Amorphophallus muelleri

Tanaman porang merupakan tanaman herbal yang bisa tumbuh hingga 1,5 meter tingginya. Tanaman ini hanya hidup di sekitar hutan tropis, dan hanya bisa hidup di bawah naungan (misalnya pohon jati, pohon mahoni). Karenanya tanaman porang bisa ditanam sebagai tanaman sela. Tanaman porang bisa hidup di daerah dengan ketinggian 0-700 m dpl dan bisa hidup di tanah berjenis apapun.

CIRI MORFOLOGI TANAMAN PORANG

1. Tanaman porang tidak memiliki akar tunggang, namun hanya berupa akar primer yang tumbuh pada pangkal batang. Akar mulai tumbuh ketika tanaman berumur 7 sampai 14 hari.

2. Daun termasuk kategori daun majemuk dengan bentuk menjari. Daun ini lebar berujung runcing, warnanya hijau muda. Terdapat 4 daun majemuk di setiap batangnya. Terdapat bulbil atau katak pada setiap pertemuan cabang. Bulbil ini tumbuh setelah tanaman berumur 2 bulan. Bulbil (warnanya kuning kecoklatan) dan dapat digunakan sebagai bibit (umbi generatif).

3. Batang termasuk jenis batang tunggal, kulit batang halus berwarna kekuningan atau bercorak belang hijau putih. Tinggi batang bisa mencapai 1,5 meter.

4. Bakal bunga akan muncul dari umbi saat tanaman berusia 4 tahun. Bunga porang tumbuh pada musim hujan, dan tumbuh di bagian umbi yang belum mengalami pertumbuhan daun.

5. Umbi porang berserat halus dan berwarnan kuning kecoklatan. Pada permukaan umbi tidak ada bintil. Tiap pohon porang hanya terdapat 1 umbi saja. Umbi porang tidak dapat langsung dikonsumsi, tetapi harus melalui proses.

6. Bunga berbentuk seperti tombak dengan ujung tumpul (garis tengah 4-7 cm dan tinggi 10-20,5 cm). Bunga muncul pada saat musim hujan. Bunga terdiri dari seludang bunga, putik dan benangsari. Buah porang berdaging dan majemuk dengan bentuk lonjong dan meruncing ke pangkal. Rata-rata terdapat 300 butir per tongkol buah. Umur buah sampai masak adalah 8-9 bulan dari mulai keluar bunga (Sumarwoto, 2005).

Peneliti Botani Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ina Erlinawati mengatakan bahwa porang masih satu keluarga dengan bunga bangkai, masih satu marga Amorphophallus.

KANDUNGAN DALAM TANAMAN PORANG

Dilansir dari journal.unhas.ac,id kandungan pada porang adalah:
  • Pati (karbohidrat) sebesar 76,5 %
  • Protein sebesar 9,20 %
  • Serat 25 %
  • Lemak 0,20 %
  • Senyawa glukomanan 5-65 %
Glukomanan merupakan emulsifier dan pengental bahan makanan. Glukomanan merupakan serat alami yang larut dalam air (CNBC Indonesia).

Selain itu porang juga mengandung Kristal kalsium oksalat dan alkaloid. Kristal CaOx (Calsium Oksalat) ini berbentuk jarum sehingga dapat menyebabkan lidah dan tenggorokan terasa gatal dan panas saat mengonsumsinya Karena itu harus diolah dan diproses sebelum dikonsumsi . Perlakuan untuk menghilangkan kalsium oksalat adalah dengan merendam larutan garam atau asam (kompas.com).

BUDIDAYA TANAMAN PORANG

Syarat tumbuh tanaman porang adalah tanah gembur dan tidak tergenang air, PH 6-7, tanah mengandung pasir yang tinggi (tekstur ringan sampai sedang), ada pohon naungan, intensitas cahaya 60%-70% dengan suhu 25-35 derajat Celcius, pertumbuhan akan optimal bila ditanam di ketinggian 100-600 m dpl, curah hujan antara 1000-1500 mm.

Pembibitan dengan cara generatif (melakukan pembibitan) dan generatif yaitu dengan bulbil (katak).

Panen dilakukan setelah tanaman berumur 3 tahun dari masa tanam awal. Kemudian tanaman porang dapat dipanen setahun sekali tanpa menanam bibit lagi. Panen dilakukan pada musim kemarau.

Ciri-ciri bahwa tanaman siap panen adalah umbi sudah mencapai berat 1 kg, daun kering dan jatuh ke tanah.

MANFAAT TANAMAN PORANG

1. Manfaat porang untuk industri adalah untuk bahan kosmetik, pembuatan lem dan jelly yang ramah lingkungan.

2. Manfaat dalam bahan makanan adalah sebagi emulsifier dan pengental bahan makanan, serat alami yang larut dalam air (karena adanya glukomanan).

3. Dalam bidang kesehatan ada beberapa manfaat porang yaitu, mengurangi kalori ke tubuh dan mengendalikan kadar gula darah (karena adanya kandungan glukomanan), pengganti agar-agar supaya mempercepat rasa kenyang (karena kaya serat), menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan adanya glukomanan dapat meningkatkan jumlah kandungan kolesterol yang dikeluarkan melalui feses, sehingga jumlah kolesterol dalam darah menurun. Manfaat lain porang adalah dapat meningkatkan sistem imun, membuang racun pada tubuh.

PRODUK OLAHAN PORANG

Produk olahan porang adalah:

1. Chip
2. Tepung porang (konjac flour)
3. Tepung Glukomanan (konjac glucomanan)
4. Di Jepang, China dan Taiwan, porang merupakan bahan pembuat konyaku dan mie shirataki.

PORANG SEBAGAI MAKANAN DIET PENGGANTI NASI

Di Indonesia saat ini sudah banyak masyarakat yang mengkonsumsi beras porang sebagai makanan diet pengganti beras biasa. Dengan mengkonsumsi beras porang, dapat menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Bila beras biasa mempunyai rasa gurih dan agak manis, beras porang ini rasanya hambar dan bila dimasak agak kenyal. Mengonsumsi nasi porang boleh dicampur dengan lauk seperti kebiasaan kita makan.

Hasil olahan porang
hasil-olahan-porang-berupa-nasi-porang
(Gambar: alodoc.com)

 

Di Indonesia sudah dijual beras porang dalam sachet. Cara penyajiannya pun mudah saja, hanya tinggal diseduh dengan air mendidih dan ditunggu sebentar, nasi siap dimakan. Memang harganya agak sedikit mahal dibanding beras biasa. Tetapi bila kita ingat kesehatan dan pola hidup sehat, harga tidak berarti apapun dibandingkan kesehatan.

Berikut ini adalah youtube cara penyajian nasi porang:



  
Bagaimana temans, tertarik kah untuk mencoba hidup sehat dengan konsumsi nasi porang? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Referensi:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Iles-iles

https://www.halodoc.com/artikel/6-manfaat-beras-porang-untuk-kesehatan-tubuh#:~:text=Jika%20ingin%20menjaga%20kadar%20gula,bagi%20seseorang%20dengan%20diabetes%20sekalipun

https://www.alodokter.com/mengenal-manfaat-beras-porang-shirataki-asli-indonesia#:~:text=Meski%20tinggi%20akan%20serat%2C%20konsumsi,%2C%20sakit%20perut%2C%20dan%20diare

https://agro.kemenperin.go.id/artikel/6519-kondisi-porang-dan-produk-olahan-porang-di-indonesia#:~:text=Produksi%20umbi%20porang%20Indonesia%20tahun,porang%20akan%20mencapai%20600.000%20ton

https://lindungihutan.com/blog/tanaman-porang-klasifikasi-manfaat-dan-ciri/


https://journal.unhas.ac.id/index.php/jai2/article/view/27897#:~:text=Selain%20memiliki%20kandungan%20pati%20sebesar,untuk%20berbagai%20macam%20keperluan%20industri


Soemarwoto, 2005, Iles-iles (Amorphophallus muelleri Blume); Deskripsi dan Sifat-sifat Lainnya.

Youtube Fukumi Indonesia


15 komentar

  1. Baru dengar nama tanaman ini. Kalau mudah didapat mungkin bisa dipromosikan juga ya kalau sudah punya pengalaman

    BalasHapus
  2. jadi konjac itu porang??? ihh baru tau...ya kejepang-jepangan banget. Padahal itu teman-temannya suweg dari jenis Amorphopillus juga....Mirip sekali meski beda. tapi keduanya di Indonesia banyak. Di kebun saya di desa ada suweg yang bunganya besar jenis bunga bangkai. Jadi pingin nanem porang juga, mirip dari segi tanaman dan umbinya.

    BalasHapus
  3. Wah jadi ingat tanaman ini ada dikampung Umma.. ternyata bisa dimakan...mau coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi harus diolah dulu ya mbak, untuk menghikangkan kandungan asam oxalat supaya kalau dimakan nggak gatal.

      Hapus
  4. Rasanya saya baru pertama kali mendengar kata Porang. Namun, nama yang di dalam kurungnya terdengar tidak asing, yakni Konjac. Saya pernah lihat tulisan umbi konjac di kemasan agar-agar. Apakah itu tanaman yang sama?

    BalasHapus
  5. Baru denger sih ada tanaman porang. Tempatku susah banget menemukan jenis tanaman baru. Mungkin kalau di daerah yang ada lahan pertanian mudah banget nemunya ya. Aku baru dengar juga ada nasi porang, dan tanaman porang sebagai bahan pembuat mie shiratake, aku baru tahu lho.

    BalasHapus
  6. Tanaman porang sebelum pandemi begitu naik daun, bahkan beberap akali masuk dalam pembahasan di majalah trubus, khususnya membahas peluang porang dalam mendatangkan cuan. Kalau tidak salah banyak terdapat di Magetan ya?

    BalasHapus
  7. Wah aku baru tahu tanaman porang. Kalau daunnya menjari gitu apakah bisa dikonsumsi juga mbak sebagai lalap gitu? rasa tanaman porang yang diolah sebagai pengganti nasi ini rasanya gimana mba? mirip nasi nggak?

    BalasHapus
  8. Aku malah baru dengar ada tanaman yg namanya Porang...
    Keren jug nih tanamannya bisa gantikan nasi untuk yg mau komitmen buat diet heheh

    BalasHapus
  9. Wah, ternyata namanya Porang yaaa... Banyak dulu disini, bisa dijadikan keripik dan getuk juga

    BalasHapus
  10. Saya belum pernah tahu tentang beras porang ini, rasanya benar-benar hambar ya? penasaran ingin tahu rasanya yang telah diolah jadi berbagai jenis makanan

    BalasHapus
  11. wah baru tau kalau ada tanaman porang sebagai pengganti nasi lagi, sayang gak bisa ditanam di sembarang tempat ya. Indonesia emang kaya banget tanaman ya

    BalasHapus