wahyusuwarsi.com

OMAH KEMBANG RESTO, MENIKMATI VIEW ALA EROPA DI NGABLAK MAGELANG

Pernah lewat daerah Kopeng, jalan menuju Magelang? Nah, sebelum pasar Ngablak ada sebuah destinasi wisata cantik di sebelah kiri jalan, bila kita jalan dari arah bawah menuju Kopeng. Lokasinya bila ditempuh dari arah Magelang jaraknya kurang lebih 28,4 km, letaknya di kaki gunung Merbabu.

OMAH KEMBANG HIGHLANDER'S RESTO & VILA

Tempatnya cantik banget, viewnya juga. Lokasi tepatnya adalah jalan Ngablak Grabag, Krangean, Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tempat yang saya maksud adalah Omah Kembang resto dan vila, yang awalnya tempat ini mempunyai konsep resort, resto dan hotel. 


Bangunan vila di Omah Kembang
vila-di-omah-kembang
(Gambar: koleksi pribadi)



Papan nama Resto Omah Kembang
papan-nama-di-resto-omah-kembang
(Gambar: koleksi pribadi)

Saya datang ke sana bersama 3 orang teman dari Semarang. O ya, sebelumnya kami juga mengunjungi salah satu resto di lereng Merbabu yaitu Merbabu View and Cafe. Nanti ulasannya menyusul akan saya tulis di blog.

Setelah memarkir (tempat parkirnya luas) dan turun dari mobil, saya merasa kagum dengan pemandangan yang cantik seperti di luar negeri. Mirip view di Swiss, kata orang-orang. Pada bagian depan terdapat resto (outdoor) dengan kursi dan meja dinaungi payung-payung (kanopi). Bangunan klasik ala Eropa berdiri kokoh di dekat resto. Warnanya putih lengkap dengan tiang-tiang besar yang khas seperti bangunan klasik pada umumnya. Di dalamnya terdapat ruang pertemuan (meeting room). Info harga meeting room adalah Rp 85.000 per orang (half day) dan Rp 100.000 per orang (full day). Dari info karyawan resto, fasilitas meeting room ini adalah sewa ruang, makan, coffee break, meja kursi dan sound system.


bangunan-klasik-ala-eropa-di-resto-omah-kembang
(Gambar: lovaholiday.com)

Di sebelah kanan resto terdapat ruangan untuk kasir dan juga terdapat mushola. Toilet pun juga terjaga kebersihannya.

MENU DI OMAH KEMBANG

Tadi saya baca di papan nama resto tertulis "Highlander's resto and vila." Tetapi ternyata menu yang disajikan adalah menu tradisional. Memadukan sentuhan gaya Eropa klasik dan tradisional, sesuai tagline Omah Kembang. "Ketika selera klasik bertemu selera tradisional."

Kami bertiga masing-masing memesan menu yang berbeda beserta beberapa snack. Saya pesan menu nasi goreng jagung, yang ternyata tidak setiap hari selalu ada di resto. Rasanya gurih seperti nasi goreng biasa. Teman saya memesan wedang teh trasan, minuman khas di sini. Teh trasan diseduh dengan air panas ditambah sedikit garam, disajikan dalam poci ditambah gula jawa. Dari info yang saya dapat, fungsi garam ini untuk menghilangkan rasa langu dan getir dari teh. Saya mencoba mencicipi ternyata rasanya agak asin. Nah, untuk menetralisir rasa asin itu, teh trasan disajikan dengan gula jawa. Enak banget lho, minum teh panas dari poci ditemani hawa sejuk , sambil menikmati view pegunungan.

Ada banyak pilihan menu di resto ini, harganya juga terjangkau (antara Rp 10.000 hingga Rp 35.000). Nasi kebuli, aneka nasi goreng, sayur, tahu dan tempe, babat gongso, kakap merah, sambel goreng, ada juga roti bakar dan masih ada beberapa menu lainnya. Untuk jenis minumannya adalah teh, wedang jahe, susu, soft drink, kopi tubruk, capuccino, coffe latte dan beberapa jenis lainnya.


menu nasi goreng jagung
nasi-goreng-jagung
(Gambar: koleksi pribadi)


BANGUNAN VILA ALA EROPA

Bangunan gaya Eropa tak hanya dijumpai di area depan saja. Ternyata di bagian belakang ada 3 bangunan vila dengan kolam renang, bergaya Eropa juga. Wah ... keren banget viewnya, seperti di luar negeri. Vila-vila itu dikelilingi pohon cemara dan bunga-bunga cantik yang ditanam di sekitarnya.  

Vila-vila tersebut disewakan untuk staycation. Harga sewa per vila (paket) adalah Rp 2.500.000 per malam, dengan kapasitas 3 kamar (masing-masing kamar untuk 2 orang). Fasilitas vila adalah dapur mini, dispenser kulkas, TV, WiFi, sarapan. Sedangkan harga family room (penginapan keluarga untuk 4 orang) yaitu Rp 800.000 per malam dengan sarapan dan Rp 500.000 per malam tanpa sarapan. Sayangnya pengunjung resto tidak diizinkan masuk area vila dan kolam renang, dengan alasan untuk kenyamanan tamu yang menginap di vila. Pagar di depan vila digembok. Jadi kami hanya bisa berfoto selfie di depan pagarnya saja, dengan background vila.


papan pengumumang dilarang masuk
papan-pengumuman-dilarang-masuk
(Gambar: koleksi pribadi)



kolam renang di depan vila
kolam-renang-di-depan-vila
(Gambar: koleksipribadi)


Bila menginap di vila, saat pagi hari tamu dimanjakan dengan view 6 gunung dan hawa sejuk pegunungan. Pengunjung resto pun juga bisa menikmati view 6 gunung. Gunung Merbabu dan gunung Merapi di belakang vila, gunung Telomoyo dan gunung Andong di depan vila. Bila cuaca cerah, pengunjung bisa menikmati view gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Masya Allah Tabarakallah, indah sekali ciptaan Nya.

FASILITAS CAMPING GROUND DAN JEEP WISATA KE GUNUNG TELOMOYO

Di samping halaman parkir, terdapat lapangan rumput sebagai camping ground, bagi pengunjung. Kita bisa menyewa tenda untuk 4 orang seharga Rp 450.000. Bila membawa tenda sendiri, hanya dikenakan biaya sewa tempat sebesar Rp 200.000.

Oya, ada lagi fasilitas di Omah Kembang yang tak boleh dilewatkan, yaitu wisata jeep ke gunung Telomoyo, dengan harga Rp 750.000-Rp 1.000.000 sesuai paket yang diambil (satu jeep berisi 4 orang). Paket jeep ini meliputi perjalanan ke gunung Telomoyo, makan,mengunjungi tempat wisata, sunrise atau sunset dari puncak gunung Telomoyo. Menurut informasi, paket yang termahal adalah sunrise (berangkat sebelum subuh). Durasi paket wisata jeep 2-4 jam. Informasi ini dari petugas di sana, karena saya juga belum pernah mencoba wisata jeepnya.

Jam operasional Omah Kembang: 

Senin-Jum'at 10.00-17.00

Sabtu-Minggu 09.00-19.00

Nah, lengkap banget kan fasilitas Omah Kembang? Yuk, ajak keluarga dan teman-teman ke Omah Kembang buat refreshing, staycation atau sekedar ngopi-ngopi cantik dengan view pegunungan.

Semoga bermanfaat.


 


9 komentar

  1. Saya penasaran ingin mencicipi teh trasan. Bagaimana ya rasanya teh asin itu? Apalagi sambil menikmati suasana pegunungan. Wajib masuk bucket list, nih.

    BalasHapus
  2. Memang kab Magelang surganya pemandangan pegunungan. Camping groundnya sudah ada fasilitas toilet & tempat ibadah belum ya bu?
    Sepertinya seru cobain camping disana next time.

    BalasHapus
  3. Suasananya ademin banget kalau main kesana, jadi pengen kesana deh kalau pas main ke magelang

    BalasHapus
  4. Dulu pas masih di Magelang, kok belum tahu tempat sebagus ini ya ? hhhhhha, kurang dolan. Aha, jadi pengen mudik dan menikmati pemandangan ala-ala di swiss dengan berkunjung ke omah kembang resto

    BalasHapus
  5. deket gunung Andong berarti dekat ma'had anak saya Bu. Daerahnya memang dingiiiin, tentrem adem ayem. Masukin wish list kalo besuk anak lagi. Rumah-rumah ala Eropanya saya suka perpaduan warna bata dan jendela putih

    BalasHapus
  6. Seru banget staycation dengan bergaya Eropa. Include dengan sarapan harganya lebih mahal ya tapi worth it sih pasti menunya juga enak-enak 😍 kolam renangnya juga jadi berasa private banget ya kalau yang staycation di sana, hihi.

    BalasHapus
  7. Masya Allah, bagus banget ya, Bu. Wisata alam Indonesia memang tidak kalah dengan luar negeri. Saat ini sakin banyak pilihan destinasi wisata lokal yang keren-keren banget.

    BalasHapus
  8. wah, seru banget nih. Terima kasih sudah membaginya mba. Bisa jadi pilihan saat kami pulang kampung nanti

    BalasHapus