wahyusuwarsi.com

BUNGA TELANG, SI BIRU NAN CANTIK DENGAN BANYAK MANFAAT

 

bunga telang


Nama bunga telang beberapa tahun ini semakin dikenal di kalangan masyarakat, terutama oleh ibu-ibu. Bunga cantik berwarna biru atau ungu ini dikenal dengan nama latin Clitoria ternatea, mempunyai bentuk yang menarik. Dalam bahasa Jawa disebut dengan kembang telang, nama lainnya adalah bunga biru (butterfly pea flower). Bunga telang tumbuh merambat dan dikembangbiakkan dengan bijinya. Dalam bidang kesehatan dan kecantikan, bunga telang mempunyai banyak manfaat sebagai obat tradisional (herbal). Selain itu bunga telang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan minuman. Saat ini masyarakat banyak yang membudidayakan bunga telang sebagai tanaman herbal.

Dilansir dari website pustaka.setjen.pertanian.go.id khasiat pengobatan tanaman telang karena memiliki aktivitas antioksidan dan antimikroba yang potensial seperti antivirus, antiinflamasi, antialergi, antidiabetes dan antikanker.

KLASIFIKASI BUNGA TELANG

Dari Wikipedia.org Telang Ternate (Clitoria ternatea) adalah spesies tumbuhan endemik dan berasal dari pulau Ternate.

Klasifikasi bunga telang menurut Wikipedia.org adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Subfamili: Fabiodeae
Tribus: Cicereae
Genus: Clitoria
Spesies: C. ternatea

Nama binomial: Clitoria ternatea

BUDIDAYA BUNGA TELANG

Budidaya tanaman telang telah di sosialisasikan pada masyarakat, karena tanaman ini merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat. Berikut ini adalah cara budidaya tanaman telang.

1. Tanaman telang dibudidayakan dari biji yang dihasilkan buah telang. Biji ini selanjutnya disebut bibit untuk persemaian. Sebelumnya pisahkan bibit yang layak ditanam dan tidak layak ditanam, dengan cara merendam dalam air selama 3-5 menit. Bila bibit mengapung, maka tidak layak untuk ditanam. Sedangkan bibit yang baik untuk ditanam adalah yang tenggelam (direndam lagi selama 7-12 jam untuk mencegah dormansi). Biasanya 1 buah bunga telang terdapat 8 bibit.

2. Menyiapkan media persemaian yaitu tanah, pasir dan pupuk kompos. Selain itu siapkan juga wadah berupa nampan atau polybag kecil. Nampan dilubangi bagian bawahnya agar tidak terlalu lembab dan air bisa mengalir. Kondisi media tanam yang terlalu lembab akan menyebabkan bibit busuk dan gagal disemai. Bila menggunakan polybag, masukkan media tanam kira-kira tiga perempat dari volume polybag.

3. Tanamlah bibit dengan kedalaman 0,8 cm-1,2 cm.

4. Bila menyemai di dalam nampan, tutup bagian atas dengan plastik yang sudah dilubangi dan simpan nampan di tempat yang teduh dan lembab. Demikian juga bila menyemai bibit di dalam polybag, letakkan di tempat yang teduh dan lembab, dan hindarkan terkena sinar matahari secara langsung.

5. Tunas akan muncul setelah 2-7 hari kemudian. Usahakan untuk menyiram 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Namun perlu diingat penyiraman menggunakan sprayer (jangan sampai media banjir atau becek). Hal ini akan menyebabkan akar tunas busuk dan mati. Selama persemaian, bibit tidak perlu dipupuk.

6. Setelah bibit berumur 5 minggu, maka akan tumbuh 2-5 daun dan bibit bertambah tinggi. Daun bunga telang yang pertumbuhannya baik, mempunyai warna hijau. Bila daun berwarna kuning, itu artinya bibit kekurangan air.

7. Pindahkan bibit ke polybag atau ke pot yang lebih besar. Letakkan kerikil di bagian dasar pot, tambahkan tanah, pupuk dan pasir. Kemudian siapkan kayu yang tegak lurus sebagai media merambat tanaman telang, lalu pindahkan bibit tanaman telang.

8. Setelah tanaman berumur 8 minggu (49-73 hari), bunga telang bisa dipanen. Bunga telang yang bisa dipanen adalah bunga yang sudah terbuka.

9. Perawatan dilakukan dengan penyiraman pagi dan sore (2 kali sehari), pemupukan dilakukan 2 minggu sekali dengan pupuk organik dan yang mengandung kalsium. Selain itu juga lakukan pencegahan terhadap hama dan penyakit tanaman.

MANFAAT BUNGA TELANG

Seluruh bagian tanaman ini (bunga, daun dan akarnya) dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan maupun obat tradisional (herbal) dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

MANFAAT BUNGA TELANG SEBAHAI BAHAN PANGAN

Masyarakat kini sudah mengetahui manfaat bunga telang sebagai bahan pangan dan minuman. Dilansir dari pertanian.jogjakarta.go.id Kelompok Wanita Tani (KWT) Migunani, Demangan, Gondokusuman, Yogyakarta telah menghasilkan produk minuman dan makanan dengan bahan dasar bunga telang. Produk-produk yang dihasilkan oleh KWT Migunani, Demangan, Gondokusuman adalah:

1. Sirup telang.

2. Sebagai pewarna alami makanan yaitu wajik biru. Wajik biru ini merupakan produk unggulan KWT Migunani. Dibuat dengan cara menambahkan air bunga telang ke dalam adonan wajik.

3. Bunga telang hasil panen dipasarkan dalam bentuk bunga kering. Caranya yaitu bunga telang segar dijemur atau diangin-anginkan selama 2 sampai 3 hari.

Manfaat lain bunga telang sebagai bahan pangan adalah sebagai pewarna alami pembuatan nasi uduk (nasi uduk biru). Selain itu masyarakat sudah mengenal teh bunga telang, yaitu dengan cara menyeduh bunga telang dalam air panas, kemudian disaring. Rasa teh telang ini cenderung asam atau tawar. Penyajiannya bisa ditambahakan daun mint, jeruk lemaon ataupun madu.



nasi biru dari bunga telang
nasi-biru-dari-bunga-telang
(Gambar: pinterest)

 
Mengkonsumsi teh telang di pagi hari bermanfaat meningkatkan imun, menambah mood boster dan badan terasa lebih segar. Untuk teh telang, saya sudah mencoba mengkonsumsi setiap hari dan merasakan manfaatnya yaitu badan terasa lebih segar dan fit.


minuman bunga telang
minuman-bunga-telang
(Gambar: pinterest)

 

MANFAAT BUNGA TELANG UNTUK KESEHATAN

Setelah kita bahas manfaat bunga telang untuk bahan pangan, mari kita bahas manfaat bunga telang untuk kesehatan (pustaka.setjen.pertanian.go.id). Simak ulasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan daya ingat atau sistem otak, yaitu dengan merebus 15 kelopak bunga telang dan 5 batang serai ke dalam 1 liter air, kemudian saring dan minum.

2. Menyembuhkan luka.

3. Melancarkan buang air kecil (BAK), yaitu rebus 0,3 gr kembang telang dengan 4 gelas air, sisakan 2 gelas, minum 2 kali sehari sebanyak 1 gelas.

4. Mengatasi gangguan kecemasan dan meringankan depresi.

5. Menghitamkan dan menghaluskan rambut, yaitu bunga telang sebagai pengganti shampoo.

6. Sebagai obat bronchitis, dengan merebus akar kembang telang dengan 4 gelas air hingga tinggal 2 gelas, minum pagi dan malam (1 gelas) dalam kondisi dingin.

7. Menyehatkan jantung.

8. Sebagai antioksidan (meningkatkan daya tahan tubuh).

9. Sebagai pembersih dan obat mata. Kembang telang (5) dicampur dengan air 50 ml kemudian disaring (tunggu dingin), teteskan pada mata.

10. Mengatasi gejala diabetes.

11. Mengurangi peradangan.

12. Membersihkan racun dari tubuh. Bisa dilakukan dengan cara menyeduh 2-3 kuntum kembang telang dengan air panas, diamkan 10 menit lalu tambahkan madu atau perasan jeruk lemon dan minum.

13. Sebagai obat penyakit kulit (bisul) dan jerawat. Caranya dengan menghaluskan bunga, daun, akar lalu balurkan ke jerawat. Sedangkan untuk bisul adalah dengan cara menumbuk kembang telang bersama gula jawa lalu balurkan pada kulit yang sakit.

14. Melancarkan haid, yaitu dengan merebus akar kembang telang putih, lalu diminum airnya setelah disaring.

BAHAYA BUNGA TELANG

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan bila mengkonsumsi bunga telang secara berlebihan. Gejala yang sering ditimbulkan yaitu mual, diare, berpotensi menimbulkan batu ginjal karena adanya kandungan asam oksalat yang tinggi, menimbulkan alergi bagi yang tidak cocok mengkonsumsinya, bersifat antigizi (antinutritive) yang disebabkan kandungan asam oksalat mengikat berbagai gizi di dalam tubuh sehingga menyebabkan malnutrisi (detik.com). 

Berikut ini adalah video cara membuat nasi uduk bunga telang:





Demikianlah ulasan saya tentang bunga telang sebagai bahan pangan dan kesehatan. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Referensi:

https://pustaka.setjen.pertanian.go.id/info-literasi/bunga-telang-kaya-manfaat-berkhasiat-obat

https://www.detik.com/bali/berita/d-6398432/manfaat-dan-5-bahaya-bunga-telang-yang-perlu-diwaspadai

https://ejurnalunsam.id/index.php/jempa/article/view/6509

https://pustaka.setjen.pertanian.go.id/info-literasi/bunga-telang-kaya-manfaat-berkhasiat-obat

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220109091004-277-744297/4-cara-mudah-menanam-bunga-telang

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Telang_ternate

https://pertanian.jogjakota.go.id/detail/index/13491#:~:text=Selain%20dibuat%20sirup%2C%20bunga%20telang,berwarna%20biru%20ke%20adonan%20wajik

https://amp.kompas.com/homey/read/2021/09/03/110400276/panduan-dan-cara-menanam-bunga-telang

Youtube JamupediaTV Cara membuat nasi uduk dari bunga telang.

4 komentar

  1. Bunga telang banyak sekali manfaatnya ya. Saya juga merasakan sekali manfaatnya bagi tubuh. Proses menanam bunga telang pun tidak ribet seperti menanam bunga yang lain.

    BalasHapus
  2. Banyak cara ya untuk memanfaatkan bunga telang. Dibuat minuman bisa, dibuat nasi uduk biru pun pun bisa, apalagi kalau dijadikan obat ya, mantul banget :)

    BalasHapus
  3. Sebagai penggemar warna ungu, mata saya berbinar melihat makanan dan minuman yang memiliki warna itu dari bahan alami. Cantik bunganya, cantik pula warna olahan makanan dan minumannya.

    BalasHapus