wahyusuwarsi.com

KETOMBE TUNTAS DENGAN SHAMPO COCONUT FRESH SR 12




Kondisi cuaca yang tidak menentu, turut berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit kita, baik kulit tubuh maupun kulit kepala. Cuaca tidak dapat diprediksi, kadang-kadang cerah namun tiba-tiba mendung dan hujan deras.

Baru-baru ini saya merasakan kalau ada yang tidak beres dengan kulit kepala saya. Rasa gatal datang setiap saat yang menyebabkan saya tidak tahan untuk selalu menggaruk kepala, bahkan kadang kulit kepala terkelupas (lecet). Sebenarnya saya malu bila dikira rambut saya kutuan. Tetapi ternyata penyebabnya bukan karena kutu, tapi karena ketombe. Setiap kali gatal dan menggaruk, ternyata kulit kepala ikut terkelupas (seperti kulit ari, namun agak tebal). Setelah saya membaca beberapa referensi, ternyata penyebab gatal dan mengelupasnya kulit kepala saya adalah ketombe. Kondisi ini bisa dipicu karena rambut yang lembab dan menumpuknya kotoran pada kulit kepala. Padahal saya selalu rajin keramas dan menjaga kebersihan rambut. Artikel di bawah ini akan mengulas tentang ketombe, cara pencegahan dan mengatasinya.


Coconut fresh SR12
coconut-fresh-shampoo-SR12
(Gambar: ig sr12official_id)

 

KETOMBE DAN JENIS-JENISNYA

Dilansir dari halodoc.com ketombe adalah kondisi kulit kepala yang ditandai dengan munculnya serpihan kulit, yang disertai rasa gatal.

Ada beberapa jenis ketombe menurut klikdokter.com dan kerastase.co.id. yaitu

1. Ketombe kering.

Disebabkan karena kulit kepala yang kering sehingga menimbulkan serpihan halus dan kecil berwarna putih atau abu-abu pada rambut maupun baju.

Menurut Jurnal Int J. Trichology, orang berambut keriting cenderung memiliki kulit kepala berminyak tetapi batang rambut kering dan mudah patah. Hal ini disebabkan karena minyak tidak terdistribusi dengan baik ke bagian rambut bawah. Karena itu kelenjar minyak di kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak (sebum), sehingga menumpuk dan menimbulkan ketombe.

2. Ketombe karena kulit kepala berminyak.

Disebabkan karena penumpukan minyak yang berlebihan di kulit kepala. Bentuknya serpihan yang lebih besar dan berwarna lebih gelap.

3. Ketombe karena penumpukan produk perawatan rambut.

Terjadi karena pemakaian produk perawatan rambut yang tidak tepat dan berlebihan, tetapi kurang bersih perawatannya (misalnya malas keramas). Produk perawatan rambut misalnya hairspray, serum, gel rambut, pomade.

4. Ketombe berkerak.

Ketombe ini muncul dalam bentuk kerak atau menebal pada kulit kepala.

5. Ketombe karena jamur.

Jamur akan muncul bila kulit kepala terinfeksi Malassezia globasa. Ditandai dengan munculnya serpihan kuning dan putih. Sebenarnya ketombe ini tidak menular, tetapi jamur ini bisa berpindah dari satu orang ke yang lainnya. Penularan bisa melalui sisir ataupun handuk yang dipakai bersama. Jamur Malassezia menghasilkan asam oleat yang menyebabkan ketombe (Journal of Investigative Dermtology Symposium Proceedings).

6. Ketombe gatal.

Ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kulit kepala hingga muncul ketombe. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya alergi pada produk perawatan rambut tertentu, atau adanya bahan kimi dari produk tersebut yang menempel di kulit kepala (contoh produk untuk mengecat rambut).



gangguan ketombe
gangguan-ketombe-pada-seseorang
(Gambar: pinterest)


PENYEBAB KETOMBE

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ketombe pada kulit kepala (halodoc.com), yaitu:

1. Pemakaian produk perawatan rambut yang berlebihan, misalnya terlalu sering meminyaki rambut, memakai pomade atau hairspray yang menyebabkan penumpukan pada kulit kepala.

2. Jarang mencuci rambut, sehingga menyebabkan minyak dan kulit ari menumpuk di kulit kepala.

3. Adanya jamur Malassezia sp pada kulit kepala.

4. Kulit kepala terlalu kering sehingga menimbulkan serpihan kecil-kecil dari kulit kepala.

5. Terlalu sensitive terhadap produk perawatan rambut tertentu sehingga kulit meradang.

6. Dermatitis seboroik, dengan tanda-tanda kulit merah dan berminyak, dilapisi serpihan kulit kepala berwarna putih kekuningan.

7. Pertambahan usia, bisa memicu munculnya ketombe terutama pada orang dewasa hingga paruh baya.

8. Adanya penyakit tertentu, yaitu parkinson, penyakit saraf, dan HIV.

9. Mempunyai riwayat penyakit kulit, misalnya eksim, rosacea, psoriasis dan jerawat.

GEJALA KETOMBE

Setelah mengetahui penyebab ketombe, kini kita bahas apa sajakah gejala-gejala ketombe?

Adanya ketombe bisa ditandai dengan rasa gatal di kulit kepala, disertai adanya serpihan berwarna putih kekuningan atau putih keabuan yang berminyak, akan tetapi tidak melekat erat di kulit kepala. Kemudian juga adanya sisik berminyak atau kering pada kulit kepala. Pada kasus yang parah bahkan terdapat benjolan bersisik kekuningan hingga kemerahan, yang terdapat di sepanjang garis rambut.

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN KETOMBE

Agar kulit kepala kita sehat dan terhindar dari ketombe, maka diperlukan pengetahuan hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

1. Membersihkan rambut secara rutin sehingga mengurangi minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala, selain itu juga menjaga agar rambut dan kulit kepala tetap bersih, keramas minimal seminggu 2 kali.

2. Pilihlah shampo yang cocok untuk jenis rambut kita. Sebaiknya pilih shampoo dengan PH asam sesuai dengan PH kulit kepala.

3. Bila berketombe, gunakan shampoo anti ketombe. Gunakan juga kondisioner.

4. Membatasi penggunaan produk perawatan rambut yang berlebihan (hairspray, gel, krim, pomade). Bila dibutuhkan, gunakan produk perawatan rambut dan kulit kepala yang lembut.

5. Hindari keramas dengan air panas, sebaiknya keramaslah dengan air hangat atau dingin.

6. Kelola stress, karena stress menyebabkan sistem imun menurun sehingga memperburuk kondisi kulit.

7. Mencukupi kebutuhan nutrisi terutama untuk asam lemak omega-3, zinc, vitamin B dan probiotik.

SHAMPO COCONUT FRESH SR 12 MENGATASI KETOMBEKU

Setelah mengetahui permasalahan saya soal ketombe, adik saya merekomendasikan produk dari SR 12 untuk mengatasi masalah tersebut. Saya diberi rekomendasi untuk mencoba produk dari SR 12 yang berbahan herbal yaitu Shampo Coconut Fresh.

Seperti kita ketahui SR 12 adalah produk kecantikan yang menggunakan bahan-bahan herbal sebagai bahan utama produk-produknya. Banyak produk-produk dari SR 12 yaitu skin care, body care, hair care, madu, susu Go Milku, lemon, VCO. Produk-produk ini sudah bersertifikat halal dan sudah mendapat izin BPOM.

SR 12 skin care didirikan oleh PT SR 12 Herbal Kosmetik yaitu oleh Apt Tony Firmansyah S. Farm dan Asrianty Salam S. Farm.

Disini saya akan mengulas produk SR 12 yang bisa mengatasi masalah ketombe saya yaitu Shampo Coconut Fresh.



KENALAN DENGAN SHAMPO COCONUT FRESH SR 12

Shampo Coconut Fresh SR 12 ini dikemas dalam 2 kemasan yaitu bentuk tube (isi 100 ml) dan bentuk tube (isi 200 ml). Di kemasan tertera nomor dari BPOM yaitu POM NO NA 18211000053, barcode dan tanggal ekspired. Harga shampoo ini sangat terjangkau, kemasan 100 ml harga saat ini adalah Rp 37.000 belum termasuk ongkos kirim, harga bisa berubah. Bisa dibeli lewat reseller, atau lewat saya sebagai marketer SR12 (bisa lewat WA).



Coconut Fresh Shampoo SR12
coconut-fresh-shampoo-SR12
(Gambar: ig sr12official_id)


Shampo ini mengandung Coconut (Cocos nucifera) Oil, Palm Kernel/Coco Glucoside, dan Tocopherol, yang digunakan untuk membersihkan, menyegarkan kulit kepala dan melembutkan rambut, sehingga kulit kepala menjadi bersih dan segar. Fungsi lain shampoo ini adalah membantu mengatasi kerontokan, melembabkan rambut, membuat rambut hitam berkilau, menutrisi rambut dan kulit kepala, anti bakteri/antifungi/anti gatal dan menyegarkan rambut.

Apa saja komposisi dari Shampo Coconut Fresh SR 12? Komposisi nya adalah aqua, Sodium laureth sulfate, Laureth-7 citrate, Cocamidopropyl betaine, Cocamide DEA, Parfum, Triethanolamine, Polyquatermium-10, PEG-40, Hydrogenated castor oil, Penoxyethanol, Palm Kernel (Coco Glucoside), Glyceryl oleate, Coconut (Cocos nucifera) oil, Menthol, Citric acid, Sodium benzoate, Sodium acetate, Sodium chloride, Isopropanol, Tocopherol, Hydrogenated palm glyceride citrate.

Cara pemakaiannya sangat mudah yaitu, basahi rambut lalu tuangkan shampoo pada telapak tangan. Kemudian usapkan secara merata pada kulit kepala dan rambut hingga berbusa. Pijat lembut pada kulit kepala dan rambut, lalu bilaslah dengan air hingga bersih. Ulangi jika diperlukan.

Shampo Coconut Fresh SR 12 memang tak diragukan lagi mutunya. Terbukti hanya 2 kali pemakaian, ketombe saya langsung sembuh (hilang) dan sampai sekarang saya selalu rutin memakai Shampo Coconut Fresh SR 12 untuk perawatan dan pemelihaan rambut juga kulit kepala saya. Bahkan tak ketinggalan, suami dan anak-anak juga memakai produk ini. Produk ini tidak berbahaya karena berbahan herbal yaitu dari minyak kelapa (coconut oil).

Bagi pembaca yang mempunyai masalah dengan rambut dan kulit kepala yang berketombe, sila membeli Shampo Coconut Fresh SR 12 untuk mencegah dan mengobatinya (bisa japri saya lewat WA). Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.


Referensi:

https://www.halodoc.com/kesehatan/ketombe

https://www.kerastase.co.id/kerastase-articles-page/jenis-ketombe-dan-cara-mengatasinya/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/4-jenis-ketombe-yang-harus-anda-tahu

https://koran-jakarta.com/berawal-dari-bisnis-rumahan-kini-sr12-berhasil-ciptakan-miliarder-muda?page=all#:~:text=JAKARTA%20%2D%20SR12%20merupakan%20produk%20kecantikan,juga%20menciptakan%20para%20miliarder%20muda

Ig sr12official_id


 

 

8 komentar

  1. Ah emang urusan ketombe ini suka bikin pusing, gonta ganti sampo nggak mempan juga. Syukur deh kalau akhirnya ada sampo yg beneran bisa atasin ketombe.

    BalasHapus
  2. Wah aku baru tahu nih mba ttg shampo yg berbahan dasar VCO ini. Sampo kelapa..gitu gampang nya ya mba.. Trmksh sharing infonya mba..

    BalasHapus
  3. Pas banget lagi sebel sama ketombe yaAllah monanges gimana cara ngilanginnya 😭 harus dicari penyebabnya dulu sih ya. Makasih sharing rekomendasinya mba, dicatet dulu

    BalasHapus
  4. Aku tuh berminyak banget rambutnya mbak jadi rawan banget ketombean. Beberapa kali ganti sampo eh malah rontok jadinya. Pengen nyobain sih kayanya kandungannya bagus ya

    BalasHapus
  5. Rambutku tuh yang berminyak banget mbak jadi rawan banget ketombean. Beberapa kali ganti sampo eh malah jadi rontok. Pengen nyobain produk ini sih kayanya kandungannya bagus ya mbak

    BalasHapus
  6. Pas banget aku ada masalah ketombe juga, pake shampoo yang biasanya malah jadi lepek. Dari reviewnya mba wahyu suwarsi jadi pengen coba coconut fresh SR12 nih.

    BalasHapus