wahyusuwarsi.com

ASUS VIVOBOOK Go 14 (E 1404F) LAPTOP MURAH KEKINIAN UNTUK PELAJAR

 

Seperti kita ketahui, bahwa produk-produk ASUS memang tidak diragukan lagi. Saat ini pada umumnya pasaran laptop sedang mengalami penurunan. Namun tidak demikian dengan ASUS yang mengalami kenaikan sebesar 41 % market share.

Selain itu ASUS juga telah memperoleh beberapa penghargaan antara lain yaitu:

  • No 1 Quality and Service
  • No 1 Service Coverage (130 service center di Indonesia dan 112 coverage countries)
  • No 1 Protection ( 2 years International warranty dan 100% free of charge)
Saat ini ASUS mengeluarkan produk laptop terbaru lagi. ASUS memang selalu tahu laptop yang sesuai kebutuhan pengguna. Kali ini ASUS memproduksi Laptop Vivobook Go 14 (E1404F) yang ditujukan untuk segmen pelajar, mahasiswa dan para professional muda.


ASUS Vivobook Go 14
ASUS-Vivobook-Go14
(Gambar: https://channel.asus.com)



 

DESAIN TANGGUH DAN KUAT

Laptop dengan harga mulai Rp 6.299.000 ini memiliki desain yang ringkas dan ringan. Bodynya tangguh dan padat dengan material Polycarbonate. Selain itu laptop ini sudah memenuhi standar kualifikasi uji ketahanan militer Amerika Serikat atau US Military Grade MIL-STD 810 H, dan telah mendapatkan sertifikatnya.

Vivobook Go 14 ini telah berhasil melalui 26 prosedur pengujian ketat yang meliputi berbagai variable tekanan, temperature, kelembaban dan resistensi terhadap benturan. Jadi tak perlu khawatir dengan adanya kendala dari luar, karena laptop ini memang benar-benar tangguh dan kuat serta tahan dalam berbagai kondisi.

Ada 3 pilihan warna laptop ini yaitu Green Grey, Cool Silver dan Mixed Black. Warna-warna yang sangat elegant dan eksklusif, cocok untuk segmen pelajar, mahasiswa, professional muda maupun content creator.


pilihan warna asus vivobook g14
pilihan-warna-ASUS-Vivobook-Go14
(Gambar: https://channel.asus.com)
 

Untuk pengguna yang ingin menyelesaikan tugas-tugas harian sambil bepergian kemanapun, laptop ini bisa dibawa tanpa merepotkan karena bentuknya yang ramping dan ringan. Dengan ukuran panjang 32,4 cm, lebar 21,3 cm dan tebal 17,9 mm atau 1,79 cm serta berat yang hanya 1,3 kg. Jadi laptop ini sangat portable untuk dibawa kemanapun pengguna bepergian.

PROCESSOR DAN KAPASITAS PENYIMPANAN

Ditenagai processor generasi terbaru yaitu Processor AMD Ryzen™ 7000U-series terbaru. Sehingga mempunyai kecepatan tinggi dan efisiensi energy yang baik. Mengisi energy dengan cepat (fast charging, dalam 49 menit telah terisi daya 60%).

Memory LPDDR5, kapasitas16 GB yang mempunyai kecepatan lebih tinggi daripada generasi sebelumnya. Laptop ini lebih hemat energy sehingga baterai lebih tahan lama (lebih irit sampai dengan 12 jam).

Penyimpanan yang dilengkapi dengan NVMe™ PCIe® SSD dengan kapasitas 512 GB menyebabkan waktu boot lebih singkat, pengaksesan data dan file lebih cepat, serta lebih responsive. Hal ini sangat memudahkan pengguna dan hemat waktu.

Sedangkan adanya kapasitas memory yang besar, sangat memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa menurunkan kinerjanya. Misalnya untuk membuka sosial media, dan bersamaan aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan pengguna maupun tugas-tugasnya.

OPERATING SYSTEM

Fasilitas operating system pada laptop ini adalah Windows 11 Home, yang sangat membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan harian. Selain itu dilengkapi Office Pre-installed, yang sudah termasuk Office Home dan Student 2021. Aplikasi office lengkap yaitu Word, Excel dan Power Point. Hal ini memudahkan kebutuhan pengguna untuk menyelesaikan tugas hariannya.

DISPLAY

Layar berukuran 14 inch dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. Laptop ini telah dilengkapi layar Full HD dengan tingkat kecerahan 250 nits. Layar full HD menyebabkan tampilan visual lebih detail dan imersif. Dibandingkan dengan laptop lain yang biasanya hanya menawarkan layar full HD, namun gambar tidak tajam dan tidak jernih, laptop Vivobook Go 14 ini jelas lebih unggul.

Desain layar laptop ini dibuat dengan Nano Edge Bezel sehingga bezel layar tampil sangat tipis. Untuk mengurangi pantulan bayangan, permukaan layar dilengkapi dengan Anti Glare. Ada lagi fitur lain yang melengkapi layar, yaitu adanya fitur low blue light. Fitur ini telah disertifikasi oleh TUV Rheinland. Tujuannya adalah untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang berdampak negatif pada mata.

Oya, ada lagi keunggulan laptop ini, yaitu layarnya menggunakan engsel/hinge yang bisa dibuka hingga 180 derajat. Ini sangat memudahkan bila pengguna sedang belajar kelompok, berdiskusi ataupun sharing materi dengan teman satu grup tersebut. Terutama untuk pelajar dan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kelompok.


Layar bisa dibuka hingga 180 derajat
layar-bisa-dibuka-180-derajat
(Gambar: https://channel.asus.com)

 

KONEKTIVITAS

Dilengkapi berbagai port sehingga memudahkan koneksi dengan perangkat lain. Konektivitas yang tersedia adalah:

Kiri: 1 x SB 2.0

Kanan:
  • 1 x 3.5 mm Audio Combo Jack (untuk kebutuhan audio)
  • 1 x USB-C 3.2 Gen 1 (untuk transfer data cepat)
  • 1 x USB-A 3.2 Gen 1 (kompatible dengan berbagai perangkat)
  • 1 x HDMI ( untuk kebutuhan presetasi dan hiburan)
  • 1 x DC-IN

KEYBOARD DAN TOUCHPAD

  • Keyboard sudah dilengkapi dengan lampu Backlit putih.
  • Tombol enter dengan motif warning stripe.
  • Touchpad terletak di tengah body (di bawah tengah) sejajar dengan tombol spacebar dan Alt-kanan.
  • Dilengkapi dengan fitur Keyboard ASUS Ergo Sense untuk kenyamanan pengguna saat dipakai.
Selain itu pada keyboard dilengkapi lapisan anti bakteri, sehingga lebih awet.


keyboard dan touchpad
keyboard-dan-touchpad
(Gambar: koleksi pribadi)


PENGAMANAN

  • Sistem pengaman biometric yaitu Fitur Finger Print Sensor, yang terletak di area touchscreen. Fitur ini tersedia untuk kemanan data dan login ke Windows 11.
  • Webcam Shield Fisik, agar tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Hal ini juga memudahkan pengguna apabila sedang online meeting, namun tidak mengaktifkan kamera (cukup dengan menggeser swicth).

WARRANTY

Untuk laptop Vivobook Go 14 ini ASUS menyediakan fasilitas ASUS Perfect Warranty di tahun pertama, Garansi Global 2 tahun. ASUS akan menanggung 80 % kerusakan yang diakibatkan oleh pengguna, misalnya laptop ketumpahan air dan lain-lain. Jadi pengguna hanya membayar sebesar 20 % saja untuk biaya perbaikan kerusakannya.


MAIN SPEC VIVOBOOK Go 14 (E1404F)


CPU:

AMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor (4-core/8-thread. 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor (4-core/8 thread. 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)

Operating System:

Windows 11 Home

MEMORY:

16GB LPDDR5

8GB LPDDR5

Storage:

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display:

14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare

Graphics:

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output:

1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x USB 3.2 Gen1 Type-C, 1x HDMI

1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, backlit keyboard

Connectivity:

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card

Camera:

720p HD camera

Audio:

AI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone

Security:

Webcam privacy shield, Fingerprint sensor with Windows Hello support

Battery:

42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension:

32.45 x 21.39 x 1.79 ~1.79 cm

Weight:

1.38 kg

Colors:

Green Grey, Cool Silver, Mixed Black

Price:

Rp 6.299.000 (Ryzen™ 3/8GB RAM/256GB SSD)

Rp 6.599.000 (Ryzen™ 3/8GB RAM/512GB SSD)

Rp 9.599.000 (Ryzen™ 5/16GB RAM 512GB SSD)

Warranty:

2 Tahun Garansi Global termasuk 1 Tahun ASUS Perfect Warranty


spec asus vivobook go 14
spec-ASUS-Vivobook-Go14
(Gambar: koleksi pribadi)


PENUTUP

 Nah, itulah ulasan saya tentang ASUS Vivobook Go 14(E 1404F). Gimana temans, tertarik kan? Dijamin tidak rugi beli laptop ini, karena sesuai kebutuhan pengguna untuk menyeleaikan tugas-tugas komputasi harian. Produk ASUS memang selalu memuaskan dan tidak pernah mengecewakan. Semoga bermanfaat.

 

1 komentar

  1. Banyak fitur unggulan ASUS Vivobook GO 14 ini ya, Mbak. Jadi pengen beli yang warna abu-abu.

    BalasHapus