wahyusuwarsi.com

BLOGSPEDIA COACHING TEMPAT BLOGGER PEMULA BELAJAR


Sebagai newbie di dunia kepenulisan tentunya saya juga ingin belajar dan menimba ilmu tentang literasi. Belajar ilmu kepenulisan bagi saya harus bertahap, karena latar pendidikan saya bukan dari sastra tetapi dari ilmu pertanian. Bertahap maksud saya adalah mempelajari satu per satu tentang literasi. Saat pertama baru terjun di dunia menulis, hal pertama yang saya pelajari adalah tentang bagaimana cara menulis yang baik, teori-teori meulis tentang 5 W dan 1 H dan masih banyak lagi yang harus saya pelajari termasuk ilmu tentang ngeblog. Semua itu tidak bisa bila dilakukan dalam waktu yang singkat, karena materinya juga tidak sedikit.

Saat ini saya sedang belajar ilmu tentang ngeblog di Blogspedia Coaching, yang foundernya adalah mbak Marita Ningtyas. Blogspedia Coaching hingga saat ini telah memasuki batch ke-4.



membaca materi
membaca-materi-di-blogspedia-coaching
(Gambar: koleksi pribadi)




KENALAN DENGAN BLOGSPEDIA

Blogspedia adalah blog kepunyaan mbak Maritaningtyas yang biasa disebut dengan mom blogger cupu. Beliau adalah founder dan mentor di blogspedia. Blog ini berisi semua ilmu tentang ngeblog, seluk beluk tentang dunia blogging. Blogspedia, maknanya adalah blogs ensiklopedia. Mbak Marita berharap dengan adanya Blogspedia dapat menjawab pertanyaan, permasalahan terutama dari blogger-blogger pemula. Karena itulah ada istilah Blogspedia tongkrongan blogger cupu, mungkin maksudnya adalah taglinenya.

Awalnya blog ini bernama “Yuk Ngeblog!”yang dibentuk pada akhir tahun 2018. Namun kemudian berubah nama menjadi Blogspedia pada tahun 2020 karena ide dari mbak Musthofia.

Pembaca dan blogger-blogger pemula yang belajar di Blogspedia Coaching punya nama panggilan yang unik, yaitu Cupuers. Maksudnya adalah yang menjadi anggota Blogspedia benar-benar pendatang baru di dunia blog dan belum punya TLD (Top Level Domain), jadi masih benar-benar culun.



blogspedia
logo-blogspedia
(Gambar: Blogspedia.my.id)



KEGIATAN DAN JASA BLOGSPEDIA

Blogspedia Group yang dibentuk tahun 2020 adalah merupakan bussines branding, yang menaungi beberapa kegiatan dan jasa Blogspedia.

Layanan jasa di Blogspedia adalah:

  • Jasa pembuatan toko online
  • Jasa install template blog
  • Jasa penulisan artikel
  • Blogspedia Coaching

Bagi temans yang ingin punya toko online rasa marketplace tapi dana terbatas, dan memudahkan pencarian di Google (SEO friendly) bisa memakai jasa Blogspedia dengan memilih platform blogspot ataupun wordpress.

Begitupun bagi temans yang punya blog dan ingin agar tampilan blognya lebih keren, namun nggak mau ribet utak-atik kode HTML, Blogspedia menyediakan jasa memasang dan mengatur template costume ke blog. Selain itu juga bisa memasang TLD (Top Level Domain).

Jasa penulisan artikel ini diperuntukkan bagi orang yang punya blog, tetapi tidak punya waktu dan kemampuan yang baik untuk menulis dan update blognya. Disinilah Blogspedia bersedia membantu dan menyediakan jasa penulisan artikel atau content writer.

Sedangkan yang terakhir adalah Blogspedia Coaching, yaitu salah satu layanan jasa Blogspedia untuk kelas ngeblog gratis. Di kelas ini kita bisa belajar ngeblog dari nol. Diajarkan pula bagaimana cara menjadi blogger pemula hingga terus bertumbuh menjadi blogger yang sesungguhnya.

Di kelas Blogspedia Coaching ini coach Marita Ningtyas benar-benar mengajarkan semua ilmu blogging dengan bahasa yang sederhana, detail dan mudah dipahami. Hal ini sangat menguntungkan bagi saya yang sudah lansia ini, untuk bisa memahami semua materi yang diajarkan dengan pelan-pelan dan bersungguh-sungguh.

PENGALAMAN MENGIKUTI KELAS BLOGSPEDIA COACHING

Sebenarnya sudah lama saya ingin ikut kelas Blogspedia Coaching, namun sayangnya kelas tersebut hanya diadakan setahun sekali saja. Kebetulan saya ada dalam satu grup dengan mbak Marita Ningtyas di sebuah grup komunitas blogger di Semarang. Kalau nggak salah, waktu itu ada suatu challenge dengan giveaway golden tiket kelas Blogspedia Coaching, Alhamdulillah saya adalah salah satu yang beruntung mendapatkan golden tiket tersebut. Tentu saja sangat beruntung, karena saya bisa belajar ngeblog di kelas ngeblog gratis, belajar cara menjadi blogger pemula dan banyak lagi yang dipelajari.

Walaupun untuk dapat memakai golden tiket tersebut harus menunggu dibukanya kelas Blogspedia Coaching, jadi harus menunggu kira-kira 6 bulanan. Ya, saya dengan sabar menunggu hingga kelas dibuka. Padahal dalam hati juga keburu pengin dapat ilmu tentang ngeblog di kelasnya mbak Marita Ningtyas.

Tanggal 10 Juli 2023 kelas Blogspedia Coacing dimulai. Ternyata banyak juga peserta yang ikut, kira-kira ada 32 orang. Dari 32 peserta tersebut dibagi menjadi beberapa kelas, yang masing-masing punya seorang wali kelas sebagai penanggung jawabnya.

Di kelas Blogspedia Coaching ini, terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda. Teman sekelas saya ada yang berprofesi sebagai dosen, dokter, pegawai, penulis, mahasiswa, guru, relawan lingkungan dan ibu rumah tangga seperti saya. Senang sekali saya bertemu teman-teman yang rata-rata umurnya masih muda, jauh di bawah saya. Tetapi di kelas ini, antara satu dan lainnya saling mendukung dan membanu bila ada tugas-tugas yang belum bisa terselesaikan. Juga para coach dan wali kelas yang ada, siap membantu kapanpun dibutuhkan.

Materi awal yang diberikan adalah tentang Big Why ngeblog yaitu alasan terkuat saya untuk ngeblog. Selain itu juga diberikan ilmu tentang adab. Orang yang berilmu itu harus mempunyai adab, apabila seseorang yang berilmu namun tidak beradab, akan sia-sialah ilmunya. Hal inipun berlaku untuk dunia ngeblog,kita harus berilmu dan beradab.

Tugas selanjutanya adalah tentang platform, menentukan niche blog dan istilah-istilah blogging. Bagi blogger pemula seperti saya, semuanya serba asing dan membingungkan. Namun seiring berjalannya waktu, lama kelamaan saya jadi terbiasa mengikuti materi-materi yang diberikan dan semakin penasaran saja.

Kemudian ada juga materi-materi yang membahas tentang SEO, bagaimana menulis artikel yang sesuai dengan SEO sehingga bisa menempati page one, materi tentang keyword, sebelumnya diajarkan bagaimana membuat blog di platform blogspot dan mengedit blog kita dengan canva.

Materi diberikan setiap hari Senin dan Kamis dilanjutkan diskusi pada malam hari pukul 19.30. Setiap artikel ditulis minimal 800 kata dan harus sesuai dengan SEO (SEO friendly). Kemudian deadline penulisan artikel dari masing-masing materi adalah hari Rabu dan Sabtu pada jam Cinderella (23.59). Pemberian materi dan pengiriman tugas lewat Google Classroom, sedangkan diskusi kelas lewat Whatsapp.

Jika tidak dapat mengumpulkan tugas tepat waktu, maka resikonya adalah di kick dari kelas kecuali ada halangan misalnya sakit atau kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan. Saya pernah mengalami terlambat mengirimkan tugas.Waktu itu saya hendak pergi ke luar kota, malam hari tugas sudah saya kirim dan saya merasa sudah beres dan “turn in.” Tetapi ketika keesokan harinya saya iseng-iseng membuka Google Classrom, ternyata tugas saya belum terkirim. Langsung saja saat itu saya turn in dan menghubungi coach wali kelas saya yaitu mbak Niimas. Alhamdulillah saya tidak di kick dari kelas, tapi nilai (grade) tugas saya hanya 65.

Diantara sekian materi yang diberikan, menurut saya materi yang paling berat adalah materi memasang TLD (Top Level Domain) dan materi memasang template dari pihak ketiga. Benar-benar menguras tenaga, pikiran dan kesabaran. Saya sudah hampir menyerah dan putus asa, tetapi para coach tetap memberi semangat untuk tidak menyerah. Saya memilih memasang template Fiksioner dari Igniel. Karena bantuan coach Marita Ningtyas, akhirnya blog saya jadi cantik dengan tampilan template yang baru. Dengan sabar beliau membimbing saya tutorial melalui Whatsapp. Terima kasih coach atas kesabarannya mengajari lansia ini … hehehe.


banner-blog-saya
(Gambar: www.wahyusuwarsi.com)


MANFAAT MENGIKUTI KELAS BLOGSPEDIA COACHING

Setelah mengikuti kelas Blogspedia Coaching, banyak manfaat yang saya rasakan, yaitu:

1. Menambah ilmu tentang ngeblog

2. Lebih bisa mengatur waktu

3. Melatih disiplin diri

4. Menulis lebih lancar dengan jumlah kata yang telah ditentukan

5. Menambah teman sesama blogger

6. Konsisten ngeblog, minimal 2 x seminggu

7. Melatih otak agar selalu berpikir dan menambah wawasan agar tidak pikun

8. Lebih rajin menulis dan membaca

AJAKAN BERGABUNG DI BLOGSPEDIA COACHING 

Tak terasa sudah 3 bulan ini kelas berjalan dengan lancar. Sudah banyak ilmu yang saya dapat. Sebentar lagi kami blogger-blogger baru lulusan Blogspedia Coaching akan memulai berkarya dan bertumbuh untuk menjadi blogger profesional. Insya Allah.

Bagi temans blogger pemula yang ingin belajar ngeblog dan mendapat ilmu tentang blogging, sila daftar di mbak Marita Ningtyas untuk Blogspedia Coaching batch berikutnya tahun depan.

Semoga bermanfaat.

 

 Referensi:

https://www.bogspedia.my.id/tentang-blogspedia/

https://www.blogspedia.my.id/jasa/

https://www.maritaningtyas.com/2021/07/jasa-content-writing-semarang.html


9 komentar

  1. Beneran Premium ya bu ❤️❤️❤️ masyaallah

    BalasHapus
  2. jadi keinget bu yayuk yang saat itu panik ubah template, saya yang menyimak di wag ikutan panik juga.karena template waktu itu juga sedang amburadul. masyaa allah ya coach sabar membantu dan menenangkan

    BalasHapus
  3. MasyaAllah menambah teman sesama blogger (newbie) dan kebanyakan emak2 ini suatu pengalaman berarti banget. Jadi belajar manajemen waktunya juga lho.

    BalasHapus
  4. Setuju bu, blogspedia coaching ini membantu mengatur waktu banget masya allah😊

    BalasHapus
  5. Dari awal kagum banget sama bu Wahyu. Semangat belajarnya luar biasa, inilah bukti belajar itu tidak memandang usia.
    Btw ditunggu postingan travelling dan kulinernya ya bu. Suka banget neng Ai bacanya, detail infonya.

    BalasHapus
  6. Senang sekali bisa mengenal ibu. Jadi semangat ngerjain tugas karna termotivasi dari ibu ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga banyak belajar dari panjenengan2 yang muda2.

      Hapus