wahyusuwarsi.com

PENTINGNYA DOMAIN BAGI SEORANG BLOGGER

 

Temans, pasti sudah tahu tentang domain? Bagi seorang blogger, domain bagaikan pujaan hati yang harus dimiliki. Layaknya seseorang yang mengibaratkan domain bagaikan seorang yang dirindukan. Mengapa domain sangat berarti bagi seorang blogger? 

Ya, dengan adanya nama domain memudahkan pengguna internet melakukan akses ke server. Tidak menutup kemungkinan untuk masuk dan mampir ke blog kita. Kalau sudah punya domain kan terkesan lebih mantul dan keren, dibandingkan blogger yang masih menggunakan platform gratisan. Betul nggak temans?






KENALAN DENGAN DOMAIN

Menurut Wikipedia, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server computer seperti web server atau email server di jaringan computer ataupun internet.
 

Dari blogspedia.co.id ada beberapa keuntungan yang diperoleh seorang blogger, setelah menggunakan top level domain, yaitu:

  •  Memperkuat branding. Situs dengan embel-embel .com pasti lebih kuat brand nya dibanding situs dengan embel-embel blogspot. Semakin ear catching nama domain yang kita pilih, semakin mudah diingat oleh pembaca.
  •  Tidak menutup kemungkinan bisa bekerja sama dengan beberapa klien, bagi blogger yang sudah profesionsl. Karena saat ini banyak klien yang meminta blog yang sudah Top Level Domain, dan bukan yang masih blogspot ataupun wordpress.

Coach Maritaningtyas mengatakan, bahwa kegunaan domain adalah untuk mempermudah pengunjung mengakses website yang akan dibuka melalui web broser, hanya dengan mengetikkan alamatnya tanpa harus menghafal IP address website.

Blog kita itu seperti rumah. Sedangkan tempat rumah kita berdiri disebut hosting. Untuk pemilik blogspot diberikan lahan secara gratis. Domain itu ibarat alamat rumah kita. Domain terdiri dari dua elemen utama yaitu:

  • Elemen pertama adalah nama situs.
  •  Elemen kedua adalah ekstensinya.

Contohnya adalah: facebook.com. Facebook adalah nama situsnya, sedangkan .com adalah ekstensinya.

Lantas apa bedanya URL dan Domain temans?

URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat web lengkap yang bisa mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu di situs. Sedangkan nama domain adalah bagian dari URL.

Ini contoh URL dari web coach Marita:

https://www.maritaningtyas.com/2023/08/blogger-merdeka.html

contoh domain adalah maritaningtyas.com


BAGAIMANA MEMILIH TOP LEVEL DOMAIN (TLD)?

Dengan memasang Top Level Domain, ada kemungkinan bahwa artikel kita berada di halaman depan (one page) di mesin pencarian.

Dilansir dari Blogspedia Coaching, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasang domain adalah:

1. Nama domain jangan terlalu panjang. Salah satu parameter SEO On Page, panjang maksimal url artikel adalah 75 karakter dimulai dari H di ‘https’.

2. Jangan mengandung angka dan strip. Domain yang memiliki angka dan strip mudah naik spam score-nya.

3. Pilih nama yang unik dan mudah diingat. Domain blog merupakan alamat yang akan diketikkan visitor berulang-ulang. Sehingga bila nama domain tersebut unik, para visitor akan makin mudah mengingatnya.

4. Domain is your branding. Pilihlah nama domain dengan hati-hati dan masak-masak. Boleh memakai nama asli, nama pena ataupun nama blog.

PENGALAMAN MEMASANG DOMAIN

Kalau ditanya bagaimana perasaan saya setelah domain terpasang? Tentu saja merasa lega dan senang, dan semoga semakin menambah semangat saya untuk menulis di blog. Sehingga blognya ngga jadi sarang laba-laba ya, temans. Alasan lain ke depannya, juga karena ingin menjadikan blogger sebagai sarana mendapatkan tambahan penghasilan.

Ada banyak jasa penyedia domain misalnya Dewaweb, Rumahweb, IDCloudHost, Niagahoster dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing puya kelebihan dan kekurangan. Tinggal dipilih saja sesuai kebutuhan kita dan tentu saja yang ramah di kantong alias yang harganya terjangkau.

Saya membeli domain di niagahoster dengan ekstensi .com, yang menurut coach Marita cenderung aman. Menurut saya tutorial di niagahoster lebih mudah diikuti dibanding yang lainnya. Ya, walaupun pada saat proses pembelian dan pemasangan domain sempat hampir putus asa dan menyerah, bahkan rasanya kepengin nangis aja. Bayangkan saja temans, memerlukan waktu 2 hari untuk proses membeli dan memasang domain TLD di blogspot. Sampai-sampai belum sempat nyicil nulis tugas 7 Blogspedia Coaching.

Padahal saya sudah mengikuti tutorial dan langkah-langkah dari awal dengan hati-hati dan urut. Tapi kok ya masih saja ada yang kurang dan salah, namanya juga baru belajar. Bagaimanapun semua butuh proses, butuh kesabaran, butuh ketelitian dan kejelian dari mulai beli hingga memasang domain, kata coach Marita. Tapi untungnya saya punya coach dan teman-teman yang baik di kelas Blogspedia Coaching ini. Terima kasih coach Marita, mbak Nimas sebagai wali kelas, kak Hamimeha,mbak Lulu Sapta, mbak Windy  mbak Yudelnilastia dan teman-teman lain di kelas ini. Luar biasa semangatnya, saling membantu dan menyemangati satu sama lainnya. Bahkan berkali-kali saya sempat chat CS Niagahoster agar dipandu, setiap kali saya melakukan kesalahan dalam proses memasang domain. Alhamdulillah responnya positif dan segera diberi solusi untuk setiap permasalahan saya.

Berikut adalah tutorial cara memasang TLD


CARA MEMASANG DOMAIN DARI NIAGAHOSTER

Berikut adalah langkah-langkah memasang domain di blogspot (tutorial dari niagahoster).

1. Buka web niagahoster.co.id kemudian pilih nama domain. Bila nama sudah dipakai maka akan muncul tulisan “nama tidak tersedia” karena nama domain tidak mungkin sama.

Setelah domain tersedia kemudian kita diminta login.

Setelah berhasil login, baru bisa check out dan mendapatkan info pembayaran melalui email.

2. Pembayaran dapat dilakukan melalui m-Banking, ATM, OVO, Dana, Shoope, Alfamart, Indomart dan lainnya.

3. Login ke Blogspot menggunakan akun google.


login
login-dengan-akun-google
(image: niagahoster)



 

4. Dapatkan CNAME Blogspot. Pada dashboard blogger terdapat menu setting, kemudian klik Custom Domain (pada bagian publishing). Setelah muncul pop up kemudian masukkan nama domain yang sudah dibeli (dengan www), kemudian klik SAVE untuk menyimpan pengaturan.


CNAME
CNAME-dari-blogspot
(image: niagahoster)





5. Kita akan mendapat pesan berisi CNAME dan Destination.

6. Login ke hPanel Niagahoster. Pilih domain yang akan diubah lalu klik KELOLA.

7. Mengubah informasi CNAME.

Akses menu DNS/Nameserver pada sidebar sebelah kiri. Klik EDIT pada CNAME Record yang sudah ada. Ubah kolom TARGET dengan informasi yng diterima dari blogspot, kemudian klik UPDATE.

CNAME (1) yang ditambahkan adalah nama (www), target (ghs.google.com).



informasi CNAME
ubah-informasi-CNAME
(image: niagahoster)

 

8. Tambahkan CNAME Record baru dengan cara akses bagian KELOLA DNS RECORD, lalu tmbahkan CNAME (2) yaitu nama (sesuai yang muncul di pop up), target (googlehosted.com). Kemudian klik TAMBAH RECORD.

Untuk memasang domain ini dibutuhkan 2 CNAME.


CNAME record
menambah-CNAME-record
(image: niagahoster)

 

9. Tambahkan A Record Baru (opsional). Penambahan A record ini opsional,namun penambahan A record dapat mengarahkan pengunjung yang mengakses website kita, dengan menambah www pada URL maupun tidak. Tahap ini sebaiknya tidak boleh dilewatkan, karena bila terlewatkan maka pengunjung yang mengetikkan www pada saat mengakses situs, akan menjumpai halaman yang error.

Tambahkan A Record pada bagian Kelola DNS Record:

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

Penambahan A Record ini bisa hanya 1 atau 4 sesuai apa yang diminta di web tersebut. Awalnya saya hanya menambahkan 1 A record, tetapi ternyata pada domain saya ada notifikasi “not secure!” Ternyata setelah saya menambahkan A Record sejumlah 4, domain saya bisa diakses normal kembali dan tulisan not secure sudah hilang.


A record
menambahkan-A-record
(image: niagahoster)

 

10. Lakukan Verifikasi Perubahan di Blogger. Kembali ke halaman dashboard blogger, masukkan nama domain kemudian klik tombol SAVE. Bila penyimpanan berhasil maka nama domain kita akan ada di bagian Custom Domain.



verifikasi
verifikasi-perubahan-pada-blogger
(image: niagahoster)

 

11. Ubah Pengaturan www di Blogger. Temukan toggle REDIRECT DOMAIN pada bagian publishing (setting blogger) klik untuk mengaktifkan.



redirect
redirect-domain
(image: niagahoster)





Tutorial lengkapnya dari Niagahoster bisa dibaca di sini.

Begitulah pengalaman saya membeli dan memasang domain di blogspot. Semoga bermanfaat.



Sumber:

Wikipedia.com

Blogspedia Coaching

Niagahoster.co.id

 

 

6 komentar

  1. sama mbak, saya juga pakai niagahoster

    BalasHapus
  2. Duh tulisannya Mbak Luluk sama Bu Wahyu ini bikin saya iri. Beneran rinci jelasin buat custom domain nya juga.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah lengkap sekali bu, semangat ya pasang TLD. Akupun semangat sampai lupa rekam setiap langkahnya wkwk.

    BalasHapus
  4. Pujaan hati yang mantul...haha..bener juga sih Bu Yayuk....memang bikin sumringah aja ni domain TLD

    BalasHapus
  5. Ini dia tulisan yang bisa dijadikan tutorial. mantap..

    BalasHapus
  6. Tutorialnya detail sekali kak... keren. Saya juga pakai niagahoster kak :)

    BalasHapus