wahyusuwarsi.com

PENGALAMAN MEMBUAT DESIGN DENGAN CANVA

Temans, sebagai blogger tentunya kita sudah mengenal aplikasi yang memudahkan kita membuat desain grafis, untuk mempercantik blog kita. Salah satu aplikasi yang dimaksud adalah Canva.

Dulu saya sempat berpikir bahwa seorang blogger itu hanya dituntut untuk bisa menulis saja. Tetapi ternyata pemikiran saya itu salah besar. Setelah nengikuti kelas Blogspedia Coaching baru saya tau bahwa seorang blogger juga harus bisa menjadi seorang konten creator. Dengan kata lain harus bisa mendesain infografis untuk kebutuhan blognya. 

Selain untuk mempercantik tampilan blog, desain infografis ini juga berfungsi sebagai tambahan informasi yang ditampilkan dalam bentuk gambar yang menarik. Karena  ini akan menyebabkan pembaca betah berlama-lama ada di blog kita.



Infografis
Infografis-yang-ditampilkan-di-blog



MENGENAL CANVA 

Dari canva.com, yang menyebutkan bahwa canva adalah sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Desain-desain yang dapat dibuat dengan aplikasi ini antara lain poster, kartu ucapan, flyer, undangan, infografik, presentasi, membuat foto produk untuk yang berbisnis online dan membuat video pendek. Saat ini canva tersedia dalam beberapa versi yaitu versi web, iPhone dan Android. Dengan canva dapat mempermudah kita sebagai blogger dalam membuat desain-desain infografis.
 (hamimeha.com)

Selain itu dengan aplikasi canva ini dapat mempercantik tampilan sosial media kita, misalnya instagram feed, Instagram story, facebook dan beberapa yang lainnya.

Perlu temans ketahui bahwa untuk menggunakan canva ini dibutuhkan akses internet yang lancar. Canva tidak harus diinstall lewat playstore di HP, akan tetapi bisa diakses lewat browser baik di laptop maupun di HP.

Menurut coach Hamimeha dalam webnya Hamimeha.com, alasan beliau memilih canva adalah:

  •  User friendly karena fitur-fiturnya mudah untuk dipelajari.
  •  Memiliki ribuan template yang siap pakai.
  • Menyediakan berbagai macam elemen.
  • Fitur-fiturnya terus berinovasi menyesuaikan kebutuhan pengguna.
Saya mempunyai alasan mengapa lebih suka memakai canva dibanding aplikasi lain. Menurut saya, menggunakan canva lebih mudah dipelajari. Apalagi  untuk seusia saya memang harus telaten ngulik dan mencoba fitur-fiturnya. Beberapa aplikasi yang pernah saya pelajari berhubungan dengan desain gambar misalnya pixellab, photoroom menurut saya kok agak sulit dimengerti ya. Mungkin juga karena faktor U ya, temans. Maklum otw 60, tapi Insya Allah nggak mengurangi keinginan dan semangat saya untuk terus belajar. Rasa penasaran mengalahkan rasa malas saya untuk belajar dan ngulik canva. Meskipun harus pelan-pelan. Biar lambat asal selamat.

Berbeda dengan yang lain, di canva ini saya bisa dengan mudah menemukan banyak variasi template yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Ya tentu saja ada template yang gratisan dan berbayar. Tapi bila kita telaten mencari, template yang gratisan juga nggak kalah cantik dengan yang canva pro (berbayar). Namun sejauh ini saya belum berlangganan canva pro kok. Edisi emak-emak cari gratisan ... hehehe. Tapi suatu saat pasti kitapun butuh berlangganan canva pro, supaya desain kita lebih cantik terutama untuk blog.

Nah, selain banyak pilihan template, elemen-elemen yang ada di canva juga banyak jenis dan macamnya. Kita hanya menulis keyword yang diinginkan, nanti akan muncul gambar-gambar sesuai keyword yang kita tulis. 
Tak hanya itu, jenis huruf yang ada di canva juga bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan desain yang ingin kita buat. 

Akan tetapi suatu aplikasi pasti ada beberapa kekurangannya juga, selain beberapa kelebihan yang sudah disebutkan di atas.

Menurut coach Maritaningtyas dalam webnya marita’s palace.com, ada beberapa keunggulan dan kekurangan aplikasi canva ini.


KEUNGGULAN APLIKASI CANVA

1. Pilihan template yang beragam. Ada kurang lebih 50.000 template untuk membuat flyer, Instagram post, Instagram story, logo, youtube thumbnail, blog banner, facebook post dan masih banyak lagi yang lainnya. Template-template tersebut ada yang free dan pro (berbayar).

2. Semua desain yang pernah kita buat, tersimpan rapi di database akun kita. Bila sewaktu-waktu kita hendak mengeditnya, bisa dicari filenya dan diedit. Desain tersebut bisa disimpan dalam beberapa folder.

3. Bisa kolaborasi dengan teman. Bila kita buka sebuah desain akan tampak pilihan “share”, kemudian di klik, disana akan tampak pilihan “hanya melihat” atau “bisa mengeditnya.”

Bisa juga untuk membuat team di canva (ini berlaku untuk online shop dengan admin). Untuk melihat beberapa desain yang dibagikan untuk orang lain, cek fitur “share with you.”

4. Tampilan web semakin user friendly. Untuk canva bisa diakses lewat HP tanpa harus install di playstore, cukup diakses lewat browser saja. Hal ini juga dapat mengirit storage HP agar tidak cepat penuh.

5. Bisa membuat infografis dengan custom dimensions. Kita bisa memilih ukuran desain sesuai yang kita inginkan. Tapi untuk saat ini  sepertinya pilihan ukuran hanya bisa diakses lewat canva pro.

6. Tersedia tutorial via video. Tutorial ini bisa diakses dengan free untuk yang masih belum mengerti penggunaan canva.

7. Tersedia banyak pilihan plans. Banyak plans yang disediakan canva baik gratis ataupun berbayar (canva pro). Pilihlah plans yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh, ada plans untuk institusi pendidikan dan non profit.


KEKURANGAN APLIKASI CANVA

Dikutip dari Marita’s palace.com ada beberapa kekurangan canva yaitu:

1. Terlalu mainstream. Karena menggunakan template yang sudah ada, seringkali bila kita berkunjung ke blog lain maka banyak yang punya template infografis yang sama. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan blank template dan memadu padankan warna, font dan element. Sebaiknya gunakan maksimal 3 jenis font dalam satu desain, warna tidak boleh mengganggu mata pembaca agar pembaca tidak lelah saat membaca blog kita atau istilahmya ramah bagi mata pembaca.

2. Aplikasi android menghabiskan storage. Sebaiknya uninstall aplikasi canva dan bisa diakses lewat browser HP atau laptop. Kekurangan lain dari canva adalah foto yang sudah diunggah tidak tersimpan di database akun kita. Apabila akses canva pakai browser, maka foto yang sudah diunggah masih bisa diakses, sehingga saat akan digunakan langsung diletakkan di templatenya.

3. Banyak foto bagus yang terkunci. Untuk mengunggah foto-foto tersebut harus sudah “canva pro” atau berbayar. Foto-foto yang bisa diunggah secara gratis biasanya foto-foto yang biasa saja.

4. Harus terkoneksi dengan internet. Untuk mengakses canva, dibutuhkan internet yang lancar dan kuat. Karena hanya dengan internet yang lancar kita bisa mendesain, mengedit dan menggunakan canva.

MANFAAT CANVA UNTUK BLOGGER

Dari blogspedia, manfaat canva untuk blogger adalah:

  •  Membuat header image untuk blog
  •  Membuat infografis untuk blog
  •  Membuat banner blog

APAKAH INFOGRAFIS?

Seperti kita ketahui, dengan adanya canva kita sebagai blogger dipermudah untuk membuat infografis. Fitur-fitur yang telah disediakan bisa dengan mudah dipelajari dalam waktu yang tidak lama.

Apakah infografis itu? 
Berasal dari kata infographic yaitu istilah dalam Bahasa Inggris. Namun telah terjadi salah kaprah, infographic dianggap sama dengan infografik, padahal infographic tidak sama dengan infografik.

Infographic (infografis) sesuai dalam definisi Bahasa Inggris artinya adalah tehnik menyajikan informasi secara visual/grafis dengan tujuan memudahkan pembaca memahami isi informasi.

Menurut Hamimeha.com infografis merupakan gabungan 2 kata yaitu information dan graphic.

MANFAAT INFOGRAFIS

1. Meningkatkan performa/tampilan blog. Biasanya pembaca akan lebih betah berlama-lama di blog kita apabila disertai infografis yang mendukung. 
Menjadi sarana SEO saat ada yang share infografis kita, selain itu juga mudah dibagikan (shareable).

2. Meningkatkan brand awareness. Apabila di infografis itu dicantumkan suatu logo, maka bisa sebagai sarana untuk mempromosikan suatu brand yang logonya tercantum.

3. Sebagai ajang promosi yang efektif dan efisien. Dalam infografis, fokusnya adalah merangkum isi teks yang panjang menjadi lebih sederhana.

4. Untuk melengkapi dan menyempurnakan tulisan.

5. Agar menarik pembaca. Pembaca akan lebih tertarik dengan artikel yang diselingi dengan gambar atau infografis, dibandingkn dengan artikel yang hanya berisi tulisan saja.

Dalam membuat infografis perhatikan hal-hal sebagai berikut:

  •  Tentukan tujuan pembuatan infografis.
  •  Tentukan sasaran pembaca, hubungannya dengan pemilihan kata dan pernak-pernik yang kita pilih.
  •  Memilih komposisi warna sesuai dengan karakter blog. Pilih warna yang ramah di mata pembaca.
  • Gunakan maksimal 3 jenis font dalam satu desain.
  •  Pilih elemen dengan jenis yang sama.
  • Pertimbangkan ruang kosong dalam desain kita.
  • Kemasan informasi yang berhubungan dengan pemilihan kata dan kalimat.
  •  Menyeimbangkan tata letak dalam setiap elemen teks, gambar, diagram.


PENGALAMAN MENGGUNAKAN DESAIN CANVA

Saya mulai mengenal canva kira-kira baru satu tahun yang lalu yaitu tahun 2022. Saat itu saya mengikuti kelas canva online yang free. Dari kelas canva free inilah saya mulai belajar canva, belajar fitur-fiturnya dan mulai praktek membuat desain dengan canva. Wah, ternyata asyik juga bermain-main dengan canva.

Mulailah saya mengikuti kelas online canva yang berbayar. Tentu saja materinya lain dengan kelas yang gratisan. Di kelas berbayar ini diajari canva secara lebih detail. Tapi kok ya materinya masih ada yang kurang. Nah, di kelas blogspedia inilah saya baru tau ternyata ada beberapa fitur yang belum saya mengerti. Di kelas blogspedia ini kita belajar mendesain canva untuk infografis blog agar lebih menarik, bagi pembaca tentunya. Juga diajarkan mengenai penggunaan fitur-fitur di canva yang selama ini belum saya ketahui.

Awalnya saya menggunakan desain canva untuk membuat gambar pada tulisan yang saya posting di facebook. Pada waktu itu ada tantangan menulis selama 30 hari, yang diadakan oleh suatu komunitas menulis online. Untuk mempercantik tulisan saya, maka mulailah saya mengulik canva sesuai dengan tema cerita.



Desain canva
Desain-canva-pada-cerbung-di-facebook



Kemudian pada saat di Komunitas Blogger Gandjel Rel diadakan challenge One Week One Post, saya mencolba membuat infografis dengan mengulik canva. Ya, walaupun hasilnya masih sangat sederhana tapi lumayanlah untuk berlatih. Terutama untuk melancarkan menggunakan fitur-fitur yang tersedia di canva.




Desain canva
Desain-canva-artikel-kebaya-merah


 Baca: Hebohnya si  Kebaya Merah

Selain untutk infografis artikel, saya biasanya mengulik canva untuk membuat flyer atau undangan. Kalau yang ini saya menggunakan jalur ninja atau menggunakan template yang sudah tersedia, dan dipadu padankan sesuai kebutuhan.



Flyer
Contoh-flyer-menggunakan-desain-canva

 


flyer undangan
contoh-flyer-undangan-senam




Selain untuk gambar, canva juga bisa digunakan untuk mendesain video. Berikut ini contoh video yang saya desain menggunakan canva untuk instagram reels:











Fitur dan keyword apa yang biasa saya pakai untuk ngulik canva?

Saya biasanya memakai blank template untuk mendesain gambar. Tetapi kadangkala bila diperlukan, saya juga memakai template yang sudah tersedia dan dimodifikasi sesuai kebutuhan. 
Fitur-fitur ysng biasa saya pakai yaitu template, element, font, shape, frame, animasi dan upload.
Keyword yang biasa saya pakai adalah wanita hijab, garis, love, bunga, frame, splash kadang-kadang juga kartun supaya hasil desain bervariasi. 

Ukuran yang biasa saya gunakan untuk blog adalah ukuran square (instagram post). Untuk reels biasa saya gunakan ukuran persegi panjang (ukuran reels). Sedangkan untuk youtube thumbnail blog banner, invitation, tik tok, instagram story pun canva juga sudah menyediakan ukuran khusus. Jadi lumayan lengkap fasilitas ukuran yang ada di canva ini. 

Setelah mengikuti kelas membuat infografis bersama coach hamimeha.com saya jadi semakin tau fitur-fitur yang ada di canva dan cara menggunakan aplikasi ini dengan lebih baik. Selain itu bisa lebih berkreasi dengan fitur dan fasilitas di canva. Terima kasih coach hamimema.com.

PENUTUP


Begitulah sedikit pengalaman saya menggunakan canva. Pengalaman yang masih sangat  baru dan masih harus banyak belajar. Jadi dalam belajar canva, yang sebaiknya kita lakukan adalah:

  1. Pelajari dengan sungguh-sungguh dan tuntas tentang canva. Baik cara menggunakannya, fitur-fiturnya, maupun fasilitas yang ada di dalamnya.
  2. Pergunakan sesuai kebutuhan kita. Misalnya untuk blog, untuk instagram reels, instagram story, instagram feed, facebook, tiktok, flyer, undangan, blog banner, youtube thumbnail dan lainnya.
  3. Konsisten berlatih dan berlatih menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam canva hingga lancar menggunakan aplikasi canva.
  4. Jangan pernah merasa ragu terhadap desain-desain yang kita buat. Jangan membandingkan desain yang kita buat dengan desain orang lain, tetapi pelajarilah desain-desain dari orang-orang yang memang sudah ahli dengan canva. Amati, modifikasi dan tiru sesuai kebutuhan kita. Padu padankan dengan warna, teks, dan elemen-elemen yang kita butuhkan.
  5. Semangat belajar dan belajar menggunakan aplikasi canva. Semoga bermanfaat.


Sumber: 

https://www.hamimeha.com/2021/10/belajar-desain-dengan-canva-mudah.html

https://www.hamimeha.com/2021/10/tips-membuat-infografis-mudah.html

https://www.maritaningtyas.com/2020/06/cara-membuat-infografis-blog-di-canva.html


 



8 komentar

  1. Terima kasih kakak.. menarik sekali kegigihannya buatbelajar.calon2 blogger yang terus berkembang ini..semangat ya

    BalasHapus
  2. Canva andalan memang, aku malah belum pernah coba pixelab,photoroom.sekalinya kenal canva,kok enggan berpaling

    BalasHapus
  3. MasyaAllah keren nih Bu penjelasannya. Bahkan ada bahasan infografis dan juga sesuai brief tentang fitur yang dipakai sudah masuk. Lampiran fotonya juga udah cukup banyak ini.

    BalasHapus
  4. masalah sinyal emang kegalauan yang hakiki ya bu, kadang suka gemes ga bs kerja aatu unduh hasilnya

    BalasHapus
  5. Canva emang kren, cara menggunakan nya juga lebih mudah, apa lagi newbi seperti saya sangat membantu design gambar lewat canva.

    BalasHapus