wahyusuwarsi.com

SEMANGAT KARTINI MASA KINI


Tentunya kita sudah tahu....kalau tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini,  pahlawan nasional yang memperjuangkan hak dan emansipasi wanita.

Apa sih arti emansipasi itu?

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti emansipasi adalah Persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan.

Di masa sekarang ini banyak wanita-wanita Indonesia sudah mempunyai pikiran untuk maju, termotivasi dan terinsprasi oleh perjuangan Kartini, sejajar dengan para pria  tanpa ada perbedaan gender.

Beberapa inspirasi semangat Kartini yang menjadi teladan wanita Indonesia adalah kesetaraan gender, pantang menyerah, perempuan mandiri, tidak mengeluh, memiliki ketrampilan, prinsip aku mau dan sederhana.

(Sumber : Direktorat Sekolah Dasar ditpsd.Kemdikbud.go.id)

Saat ini wanita Indonesia sudah banyak yang menduduki jabatan penting, baik itu di pemerintahan ataupun di tempat lain. Bahkan banyak wanita yang mempunyai karier yang lebih tinggi daripada pria, hal ini karena wanita sudah mendapat hak pendidikan yang tinggi sejajar dengan pria.
Wanita modern sudah bebas berkarya, bebas mengutarakan pendapat, bebas berekspresi, bebas menyalurkan bakat dan mempunyai hubungan sosial yang bermanfaat untuk lingkungannya, hal ini mematahkan pendapat bahwa wanita ujung-ujungnya hanya berada di dapur dan sebagai ibu rumah tangga saja.

Tetapi tidak dipungkiri bahwa peran ibu rumah tangga juga tidak kalah penting  yaitu dalam melahirkan dan mendidik generasi penerus menjadi pribadi  yang berakhlak baik, bertaqwa kepada Allah, mandiri dan mempunyai keinginan untuk maju..... dengan berpedoman pada semangat Kartini.

Maju terus wanita Indonesia dengan semangat Kartini.
Semangat meraih pendidikan tinggi.
Semangat berkarya.
Semangat berekspresi.
Semangat berkarier.
Semangat untuk mengeluarkan pendapat.
Semangat untuk mewujudkan mimpi.
Semangat untuk maju dan mandiri.
Semangat untuk mendidik generasi penerus menjadi generasi yang berakhlak baik dan bertaqwa kepada Allah.

21 April 2022




Posting Komentar