wahyusuwarsi.com

MASJID CHENG HOO PURBALINGGA

 


Kalau kita lewat di daerah Bobotsari  Purbalingga kita akan melewati bangunan yang menyerupai kelenteng atau bahkan mirip pagoda dengan warna dominan merah menyala seperti kelenteng pada umumnya.

Tapi jangan salah....bangunan itu adalah Masjid Cheng Hoo atau Masjid Muhammad Cheng Hoo, yang sampai saat ini masih digunakan untuk beribadah bagi umat muslim di daerah setempat, ataupun musafir yang datang dari berbagai kota atau kebetulan lewat dan mampir ke sini.

Masjid Cheng Hoo tepatnya terletak di Desa Selaganggeng Kecamatan Mrebet Purbalingga  sekitar 17 km  dari alun-alun Purbalingga atau pusat kota. Letaknya di jalan raya utama antara Purbalingga menuju Pemalang.

Masjid ini didirikan oleh seorang muslim keturunan Tionghoa, yaitu didirikan atas inisiatif Hery Susetyo seorang mualaf dari Bobotsari, beliau berasal dari organisasi PITI  (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia). Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2005 tetapi karena kendala kurangnya dana maka baru bisa selesai dibangun dan digunakan pada tahun 2011.

Arsitektur bangunan masjid merupakan desain dari Tiongkok, Jawa dan Arab. Dibangun dengan desain tersebut karena merupakan lambang dari toleransi di Purbalingga......yaitu bangunan masjid yang menyerupai (mirip) dengan bangunan kelenteng yang didominasi warna merah.

Kubah masjid Cheng Hoo berbentuk pagoda segi 8 (delapan) yang bertingkat-tingkat. Di depan masjid banyak hiasan lampion khas Tiongkok yang berwarna merah. Pada pintu masuk masjid juga terdapat huruf kanji (saya nggak bisa baca dan nggak tau artinya 😊😊). Sedangkan pada sebelah kiri bangunan masjid terdapat bedug berwarna merah...sayang sekali saya tidak sempat memotret bedug tersebut.

Saya sempat sholat dzuhur di masjid Cheng Hoo ini. Masya Allah....saat masuk ke dalam masjid saya sempat terkagum-kagum dengan desain dan interior di dalam masjid. Pada atap langit-langit berbentuk segi 8 (delapan) terdapat lafaz ALLAH dengan tulisan didominasi warna merah dan kuning....indahnya....Masya Allah.

Kebetulan saya mampir ke masjid Cheng Hoo saat lebaran hari kedua, jadi saat itu memang masjid sedang ramai orang beribadah dan juga berwisata. Memang saat ini masjid Cheng Hoo menjadi tempat tujuan wisata religi di kota Purbalingga yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Di bangunan sebelah kanan masjid terdapat food court dan juga banyak pedagang yang menjual aneka souvenir dan oleh-oleh khas daerah Purbalingga.

Monggo untuk teman-teman yang lewat atau sedang liburan di Purbalingga sila mampir ke masjid Cheng Hoo.





Langit-langit segi 8 berlafaz ALLAH


Semarang, 11 Mei 2022

2 komentar