wahyusuwarsi.com

WISATA RELIGI MASJID AGUNG JATENG

 


Wisata religi yuk....
Satu lagi wisata religi di Semarang yaitu Masjid Agung Jawa Tengah  setelah Kelenteng Sam Poo  Kong (cerita hari ke 16), Vihara Budhagaya dan Gereja Blenduk di Kota Lama.

Merupakan masjid terbesar di Jawa Tengah yang terletak di Jl. Gajah Semarang yang berdiri di atas lahan seluas 10.000 hektare. Merupakan perpaduan arsitektur Jawa dan Arab dengan arsitek Ir. H. Ahmad Fanani, diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 Nopember 2006.

Dari pintu masuk terlihat bedug raksasa yang panjangnya 310 cm dan diameter 220 cm, bedug ini adalah replika Bedug Pendowo Purworejo. Di sayap kiri setelah pintu masuk banyak dijumpai toko-toko yang menjual aneka sovenir, mereka itu pedagang UMKM.....sempat juga saya beli beberapa sovenir untuk oleh-oleh.
Masuk ke  ruang utama tempat salat ada Al Qur'an raksasa berukuran 145 x 95 cm ², ditulis tangan oleh Drs Ichyatudin. Sayang sekali saya tidak sempat memotretnya karena saat itu waktu sholat telah tiba. Senang sekali bisa sholat dzuhur di Masjid Agung Jawa Tengah yang mempunyai kapasitas 15.000 orang.

Oya, ada yang menarik di serambi Masjid Agung ini yaitu dilengkapi 6 payung raksasa otomatis seperti di Masjid Nabawi (slide 3). Payung elektrik ini hanya dibuka setiap Salat Jum'at, Idul Fitri dan Idul Adha, tetapi kondisi angin tidak boleh lebih dari 200 knot. Saat saya kesana kebetulan payung pas dibuka (sempat saya potret juga). Masya Allah.....indah sekali.

Ciri khas lain dari Masjid Agung ini adalah adanya 4 menara ditiap sudut masjid dengan tinggi 62 meter(slide 2), dan ada lagi 1 menara terpisah yaitu Menara Al Husna Tower dengan tinggi 99 meter.
Di menara Al Husna terdapat studio Radio Dais (Dakwah Islam) dan pemancar TVku, Museum Kebudayaan Islam, kafe muslim dan di lantai 19 terdapat teropong, dengan teropong ini pengunjung bisa melihat kota Semarang dan teropong ini juga digunakan untuk melihat Rukyat Al-Hilal. Pengunjung dapat naik ke menara ini, namun dibuka hanya hari-hari tertentu saja.  Untuk pengunjung yang ingin menginap juga disediakan wisma penginapan dengan berbagai kelas....ada 23 kamar.

Nah teman-teman muslim yang singgah di Semarang jangan lupa untuk menyempatkan sholat di Masjid Agung Jawa Tengah dan tentu saja berwisata religi kesana....tak lupa juga foto-foto.

Sumber:
https ://id.m.wikipedia.org/Masjid Agung Jawa Tengah.

22 April 2022














Posting Komentar