wahyusuwarsi.com

REFRESHING UNTUK IBU RUMAH TANGGA





Menjadi ibu rumah tangga adalah kodrat bagi setiap wanita yang telah menikah. Di sini yang saya maksud bukan wanita karier (kantoran) tetapi wanita yang murni mengurus keluarga dan rumah tangga (Ibu Rumah Tangga), yang tentu saja mempunyai lebih banyak waktu di rumah daripada di luar rumah.

Tugas seorang Ibu Rumah Tangga tidak ringan karena harus bisa menyelesaikan semua urusan dalam rumah tangga, terutama untuk urusan yang menyangkut kebutuhan anak- anak dan suami, juga mengatur keuangan dalam rumah tangga. Bangun tidur paling awal sebelum penghuni rumah bangun dan tidur paling akhir setelah mereka masuk ke kamar masing-masing.

Sebagai Ibu Rumah Tangga sayapun mempunyai tugas-tugas rutin yang kadang-kadang membuat jenuh dan cukup menguras tenaga, apalagi saya tidak dibantu oleh seorang ART (Asisten Rumah Tangga). Dari mulai menyiapkan pakaian untuk suami dan anak-anak, memasak, mengurus dan memberihkan rumah semua saya kerjakan sendiri. Kadang-kadang juga ada urusan-urusan yang mendadak yang harus bisa dihandle sendiri ketika suami sedang dinas.

Untuk mengurangi kejenuhan itu maka dibutuhkan refreshing bagi seorang Ibu Rumah Tangga. Dalam bahasa Inggris refreshing artinya adalah menyegarkan.

Refreshing adalah suatu kegiatan yang betujuan  menyegarkan kondisi tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh padatnya aktivitas yang menguras banyak tenaga tubuh maupun tenaga pikiran, sehingga kondisi tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dengan cara menghibur diri.

Refreshing bisa dilakukan sendiri ataupun dengan teman-teman.  Banyak cara melakukan refreshing untuk menghilangkan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari, misalnya mulai dengan hobby bercocok tanam, menyulam dan merajut, membuat handicraft atau kerajinan tangan. 

Bisa juga dengan pergi berwisata bersama teman-teman ke daerah pegunungan, ke laut  atau sekedar ngopi dan makan bareng teman. 

Bila refreshing dilakukan ke daerah pegunungan atau ke laut, kita bisa  merenungkan dan menikmati keindahan alam ciptaan-Nya. Tadabur alam, yang terpenting adalah ganti suasana sehingga pikiran bisa fresh kembali.

Lakukan saja refreshing bila memang dibutuhkan (pikiran sudah terlalu jenuh), tidak harus setiap minggu. Namun kalau memungkinkan, bisa juga dilakukan secara rutin. Tujuannya kan juga untuk relaksasi pikiran. Asalkan dilakukan tidak berlebihan dan sesuai kemampuan.

Ada beberapa manfaat refreshing, yaitu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan santai, menghilangkan ketegangan, untuk  ketenangan jiwa, memperpanjang umur, menjauhkan dari penyakit kronis, memberikan ide atau inspirasi baru, berpikir lebih positif, melepaskan suatu masalah agar bisa mencari solusi, dan masih banyak lagi manfaat refreshing.

So, mari kita refreshing.

Sumber : https://www.kanalinformasi.com/

Pengertian Refreshing Sebenarnya


Refreshing ke daerah pegunungan


Posting Komentar