wahyusuwarsi.com

SAM POO KONG


Sudah punya destinasi wisata saat libur lebaran nanti?
Buat teman-teman yang mudik atau liburan ke kota  Semarang, ada destinasi yang menarik nih.....mampirlah ke Kelenteng Sam Poo Kong, dikenal dengan nama Gedung Batu Temple, letaknya di daerah Bongsari Semarang Barat.

Merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama dari seorang Laksamana Tionghoa yang beragama Islam yang bernama Zheng He atau Cheng Ho. Kelenteng ini dibangun oleh masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa untuk mengenang Laksamana Cheng Ho.

(Sumber : dari Google)

Untuk masuk ke Kelenteng Sam Poo Kong  dikenakan tiket masuk yang cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 per orang. Di sana juga ada persewaan baju tradisional cina, bila ada yang ingin foto ala putri-putri dari negeri Cina.

Kalau pengin foto-foto selfie atau foto bersama keluarga dengan hasil yang maksimal, sebaiknya teman-teman datang pada pagi hari (blue hour) atau sore hari (golden hour) karena kalau siang terlalu panas. Foto-foto bersama keluarga pasti juga bagus hasilnya, dengan background ala negeri Cina.

Di komplek Kelenteng Sam Poo Kong ada beberapa bangunan yang masing-masing punya keunikan sendiri-sendiri, ada 7 (tujuh) bangunan di komplek kelenteng ini yaitu :

  1. Bangunan Kelenteng Utama (Sam Poo Kong)
  2. Kelenteng Kyai Juru Mudi
  3. Kelenteng Dewa Bumi
  4. Kelenteng Kyai Jangkar
  5. Kelenteng Kyai Nyai Tumpeng
  6. Kyai Tjundrih Bumi
  7. Gua Pemujaan Sam Poo Kong

Disana juga ada patung Laksamana Cheng Ho dalam ukuran yang besar....kita juga bisa foto disini.

Ada juga 2 patung kecil yang melambangkan kedatangan Laksamana Zheng He ke Semarang. Patung I mewakili kedatangan  pertama Laksamana Zheng He tahun 1406 (terbuat dari kayu cendana). Patung II mewakili kedatangan tahun 1416 (terbuat dari porselen).

(Sumber : dari Google)

Monggo teman-teman yang pengin wisata ke Kelenteng Sam Poo Kong, mumpung liburan 🙏🙏🙏🙏




Patung Laksamana Cheng Hoo






Posting Komentar