wahyusuwarsi.com

PNS BUKAN SEGALANYA



Saat ini banyak orang beranggapan bahwa menjadi PNS adalah simbol kesuksesan bagi seseorang. Bagi sebagian orang dan masyarakat, bekerja menjadi PNS lebih bergengsi dibandingkan bekerja pada perusahaan swasta. 

PNS menjanjikan masa depan yang cerah karena di saat hari tua nanti, PNS mendapat pensiun dan tunjangan hari tua, sedangkan pegawai swasta tidak mendapatkan pensiun.

Belum lama ini pemerintah membuka pendaftaran untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK, yang hasilnya sudah diumumkan dan mereka yamg diterima sudah diangkat menjadi pegawai di lingkungan pemerintahan.

Apakah perbedaan ASN, PNS dan PPPK ?

ASN (Aparatur Sipil Negara) terdiri dari PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Jadi ASN belum berarti PNS, tetapi PNS sudah pasti merupakan ASN.

(Sumber : nasional.tempo.co)

ASN dan PNS merupakan istilah pada status kepegawaian yang berbeda.

PNS merupakan pegawai tetap dan menempati posisi di pemerintahan yang sifatnya permanen. 

Sedangkan PPPK mempunyai batas waktu bekerja sesuai dengan perjanjian yang ditentukan berdasarkan kontrak dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Banyak fasilitas yang didapat seorang PNS antara lain ada pangkat dan jabatan, pengembangan karier, promosi, mutasi, jaminan pensiun, jaminan hari tua dan ada gaji ke 13.

(Sumber : nasional.tempo.co)

Dengan melihat banyaknya fasilitas dari PNS dan masa depan yang terjamin, saat ini tidak heran banyak orang yang bercita-cita untuk menjadi PNS dibandingkan dengan pegawai swasta. 

Ada seorang kerabat saya yang anaknya gagal mengikuti test CPNS, bahkan sampai 2 kali masih belum lolos menjadi PNS (mungkin belum rejeki dan belum jalannya). Tetapi karena kegigihan dan kerja kerasnya, anak kerabat saya tersebut tidak patah semangat, bahkan sekarang sudah berhasil menyelesaikan studi menjadi seorang pengacara dan sekarang sudah menjadi seorang Pengacara yang memiliki banyak klien dan merangkap menjadi seorang Dosen di Fakultas Hukum salah satu Universitas swasta di Kota kretek.

Ada lagi contoh dari seorang teman dekat saya yang anaknya tidak lolos tes CPNS (gagal). Tetapi dengan ketekunan dan kesabarannya berusaha melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan swasta. Dan Alhamdulillah karena kegigihannya dapat diterima di sebuah perusahaan besar di Indonesia dan hingga saat ini sudah menduduki jabatan penting di perusahaan tersebut, tentu saja dengan fasilitas yang sangat terjamin dan memuaskan.

Sebagai orang tua, saya pun menyarankan anak saya untuk melamar menjadi PNS pada saat baru lulus kuliah. Barangkali Allah Subhanahu Wa Ta'ala  memberi kesempatan untuk menjadi PNS. Tetapi anak saya lebih memilih bekerja di bank swasta ternama di kota Semarang, hingga saat ini sudah berjalan 6 bulan sejak kelulusannya ... Alhamdulillah.

Jadi keberhasilan dan kesuksesan seseorang tidak ditentukan karena dia menjadi PNS atau pegawai swasta sekalipun. Kesuksesan seseorang dalam berkarier atau dalam pekerjaannya banyak ditentukan karena kerja keras, ketekunan, kegigihan dan tentu saja kejujuran orang tersebut dan satu hal yang paling penting adalah ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan ridho dari orang tua.

Semoga tulisan ini dapat menjadi semangat dan inspirasi bagi pembaca yang baru lulus kuliah dan sedang berusaha mencari pekerjaan  demi masa depan. Bahwa apapun pekerjaan dan profesi kita kalau dijalani dengan ketekunan, kegigihan dan kerja keras tentu akan mendatangkan kesuksesan, dan jangan lupa mintalah restu kepada orang tua serta berdoa kepada Alloh meminta ridhoNya. Inshaa Allah akan diijabah oleh Nya. Aamiin.


Posting Komentar