wahyusuwarsi.com

DENGAN ASUS AI IMPIANKU, NGEBLOG JADI LEBIH MUDAH DAN NYAMAN


Vivobook S14 OLED


Saat ini hampir semua orang dan semua bidang membutuhkan laptop untuk mempermudah kinerjanya. Baik itu karyawan kantor, mahasiswa, siswa SD hingga SMA, bahkan siswa TK pun membutuhkan laptop untuk sekolah daring saat covid. Hal ini tidak hanya terjadi pada saat pandemic atau covid melanda negeri ini saja, namun saat ini pun banyak tugas-tugas kantor, kuliah maupun tugas pelajaran yang membutuhkan perangkat laptop.

Nah, bagaimana dengan saya sebagai ibu rumah tangga, butuh laptop ngga? Jawabannya, tentu saja saya juga membutuhkan laptop. Bukannya saya iri atau tak mau kalah dengan pegawai dan pelajar lho. Saya membutuhkan laptop untuk ngeblog dan menulis. Tiga tahun belakangan ini saya memang intens ngeblog dan nulis, tepatnya sejak covid melanda. Saat itu memang semua kegiatan harus dilakukan di rumah karena adanya kebijakan PPKM dari Pemerintah, yang mengharuskan semua dilakukan secara daring. Dari situ kemudian saya berusaha mencari kegiatan baru yang bisa menambah wawasan.

Memulai dengan mengikuti kelas menulis online yang disana diajarkan cara membuat blog, cara menulis artikel, cara menulis fiksi dan nonfiksi. Namun sebenarnya “big why”saya ngeblog adalah agar saya tidak pikun. Menjelang usia 60 tahun, dimana anak-anak sudah mulai punya acara sendiri-sendiri, saya mulai merasa ditinggalkan. Saya mencari cara agar tidak nglangut (melamun), memaksimalkan kerja otak dan tidak pikun, yaitu dengan mulai belajar ngeblog. Ini terjadi pada akhir tahun 2021.

Kembali kepada kebutuhan laptop ya. Keluarga kecil kami yaitu suami, saya dan 2 anak saya masing-masing punya laptop untuk menunjang aktivitas dan kinerja masing-masing. Suami saya menggunakan laptop tentu saja untuk menunjang pekerjaan kantornya. Si sulung sibuk dengan kuliah S2 dan tugas-tugas kuliahnya, juga pekerjaannya di sebuah bank swasta, laptop menjadi andalan utama untuk menunjang kinerjanya. Sedangkan si bungsu saat ini sedang kuliah di sebuah universitas negeri, dan butuh laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahnya.

Saat ini sayapun menggunakan laptop merk ASUS yang diturunkan dari si bungsu, setelah si bungsu dibelikan laptop baru oleh ayahnya 2 tahun lalu saat awal kuliah. Ya memang, laptop bekas ini masih bisa dipakai sih, namun akhir-akhir ini sering ngelag dan hang. Karena selain ngeblog, beberapa bulan ini saya juga sedang belajar editing video dan edit foto untuk ngonten di sosial media.

“Yah, saat ini kan selain ngeblog, Ibu juga bikin konten di sosial media. Karena sebagai blogger ngga hanya dituntut bisa nulis aja, tapi harus bisa membuat video reels, harus edit video, edit foto dan lainnya.” Saya mulai membuka pembicaraan dengan suami.

“Ya, terus kenapa Bu?”

“Kayaknya Ibu pengin beli laptop yang mumpuni, yang harganya terjangkau deh Yah. Laptop bekasnya adik udah sering ngelag dan ngehang kalau Ibu pakai.”

“Gimana Yah, boleh ngga? Ini Ibu ada tabungan sih buat beli laptop tapi masih kurang, nanti Ayah yang nambahin kurangnya ya.”

“Ya gimana baiknya ajalah, kalau Ibu memang butuh laptop baru. Kan itu juga untuk menujang kinerja sebagai blogger. Tapi ngomong-ngomong dari mana Ibu dapat duit buat nabung?”

“Ada deeeh. Kan selama ini Ibu ngumpul-ngumpulin dari honor nulis dan job ngeblog. Ada laptop AI dari ASUS yang harganya terjangkau tapi cukup mumpuni nih, Yah. ASUS Vivobook S 14 OLED (S 5406). Sini aku spill spec nya, Yah.”

LAPTOP ASUS AI

Saat ini ASUS telah merelease beberapa produk laptop berbasis AI yang lebih mempermudah kinerja pengguna dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. AI atau Artificial Inteligen merupakan kecerdasan buatan, yang banyak diaplikasikan pada handphone maupun laptop.

Definisi ASUS AI adalah standar laptop AI terbaik dari ASUS. ASUS AI tidak hanya mempermudah masyarakat Indonesia saat memilih laptop AI, tetapi juga memastikan laptop yang dipilih memenuhi standar aplikasi berbasis AI. Seluruh laptop yang hadir dengan logo ASUS AI dipastikan telah memenuhi semua persyaratan sebagai laptop AI.


Logo ASUS AI
logo-ASUS-AI
(gambar: yahyakurniawan.net)



Beberapa keunggulan laptop ASUS AI adalah:
  • Dibekali processor generasi terbaru dengan NPU (Neural Processing Unit). NPU merupakan chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi lebih efisien.
  • Dilengkapi aplikasi dan fitur berbasis AI yaitu Copilot, Windows Studio Effect dan AI Noise Cancelling. Windows 11 dan Copilot keduanya menghadirkan pengalaman penggunaan AI secara maksimal. Sedangkan AI Noise Cancelling meruapakan teknologi baru untuk menghilangkan kebisingan suara latar yang tidak diinginkan, untuk komunikasi suara yang lebih jernih, yang digunakan untuk bekerja ataupun bermain game.
  • Disiapkan untuk mendukung aplikasi dan fitur AI masa depan.

ASUS VIVOBOOK S 14 OLED

ASUS Vivobook S 14 OLED tampil dengan desain baru, lebih tipis, lebih ringan dan tangguh. Laptop ini ditenagai hardware generasi terbaru untuk pengalaman AI terbaik.


ASUS Vivobook S 14 OLED
ASUS-Vivobook-S-14-OLED
(Gambar: yahyakurniawan.net)


Dalam press release ASUS AI. Bapak Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director menyampaikan:

“Vivobook S 14 OLED merupakan simbol inovasi terkini ASUS dalam menggabungkan kecanggihan teknologi ke dalam desain yang ringkas serta elegan. Laptop ini bukan sekadar sebuah alat, tetapi juga merupakan bagian dari gaya hidup modern.”

“Vivobook S 14 OLED juga merupakan perangkat laptop ASUS AI yang cerdas yang dipastikan dapat membantu penggunanya untuk lebih produktif dalam aktifitas sehari-hari. Laptop ini juga merupakan bukti komitmen kami untuk dalam menghadirkan inovasi teknologi AI terdepan di Indonesia.”

Vivobook S14 OLED merupakan bagian dari jajaran laptop ASUS AI, standar laptop AI terbaik dari ASUS. Seluruh laptop yang masuk ke dalam jajaran laptop ASUS AI dipastikan tampil sebagai laptop AI dengan dukungan hardware serta aplikasi berbasis AI yang komprehensif. ASUS AI juga mempermudah masyarakat Indonesia dalam memilih laptop AI dan memastikan laptop pilihannya merupakan laptop AI yang sesungguhnya.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, Vivobook S 14 OLED merupakan laptop berfitur AI dengan dukungan Copilot. Asisten cerdas berbasis AI ini akan membantu Anda mendapatkan jawaban dan inspirasi dari seluruh penjuru internet, mendukung kreativitas dan kolaborasi, serta membantu Anda fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas.

Tidak hanya dilengkapi Windows 11 asli, di laptop juga hadir dengan Genuine Microsoft Office Home and Student 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan menemukan cara kerja terbaik Anda.

Nah, itu tadi penjelasan tentang laptop ASUS Vivobook S 14 OLED, canggih kan laptopnya? Apalagi laptop ini merupakan laptop ASUS AI. Menurut informasi yang saya baca, laptop yang masuk kategori ASUS AI harus memenuhi beberapa syarat yaitu dibekali processor yang sudah memiliki NPU (Neutral Processing Unit), dibekali Windows 11 dan kompatibel dengan fitur Copilot. Kini saatnya kita ulas tentang laptop idaman saya, yaitu ASUS AI Vivobook S 14 OLED (S 5406)

ASUS AI VIVOBOOK S 14 OLED (S 5406) LAPTOP IDAMAN UNTUK NGEBLOG

Semakin tahu spec laptop ini, makin kepingin memilikinya. Nah, kita bahas satu persatu kelebihan ASUS AI Vivobook S 14 OLED (S 5406) ini ya.

Ditenagai oleh processor Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155 H I.4 GHz untuk performa yang luar biasa. Selain itu didalamnya juga sudah dibekali dengan Intel® AI Boost NPU yang merupakan chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien. Laptop ini juga dibekali dengan Chips Graphics Intel® Arc™ Graphics, sehingga perangkat ini tampil sebagai laptop ASUS AI. Tak lupa juga tombol Copilot khusus untuk eksplorasi AI lebih cepat dan mudah. Kita dapat mengakses berbagai fitur dengan sekali tekan, misalnya mengedit gambar yang dipercepat, pengorganisasian file yang lebih intuitif, dan memudahkan pengguna dalam pekerjaan maupun hiburan. Wah, lengkap sekali ya. Selain itu apa lagi ya spec laptop ini? Sila baca lanjutan ulasannya di bawah ini.

Didukung operating system Windows 11 Home dan memory 16 GB LPDDR 5X sehingga mempercepat proses pekerjaan., ngeblog pun lebih cepat selesai apalagi bila sedang ada deadline job. Bagaimana dengan masalah storage (penyimpanan)? Dengan storage 1 TB M. 2NVMe™ PCle® 4.0. SSD, penyimpanan file menjadi lebih besar kapasitasnya. Jadi ngga perlu takut ngelag ataupun hang saat kita sedang mengetik atau mengerjakan tugas-tugas.

Setiap kali bepergian, saya tak lupa selalu membawa laptop lama saya untuk ngeblog ataupun menulis. Tetapi lama kelamaan seiring dengan bertambahnya usia, membawa-bawa laptop ini rasanya kok berat. Kadang-kadang saya gendong (masukkan) ke dalam tas ransel punggung. Nah, beda sekali dengn laptop ASUS AI Vivobook S 14 OLED (S 5406) yang merupakan laptop yang tipis dan ringan, dengan body berbahan metal. Ingin tahu berapa dimensinya? Beratnya tuh hanya 1,3 kg dan tebalnya1,39 cm, benar-benar tipis dan ringan, sangat portable dan praktis dibawa kemanapun. Jadi saya bisa ngeblog dimanapun tanpa harus gendong-gendong ransel lagi nih, cukup dimasukkan ke dalam tas … bereslah.


Bentuknya tipis dan ringan
bentuknya-tipis-dan-ringan
(Gambar: yahyakurniawan.net)


Input/output (port) memadai dan lengkap banget yaitu terdiri dari 2X USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2X Thunderbolt™ 4 support display/power delivery, 1X HDMI 2.1 TMDS, 1X 3,5 mm combo audio jack, Micro SD Card reader. Mempunyai banyak konektivitas (colokan) sehingga mudah dan cepat terhubung dengan Wi-Fi 6E, Dual band dan Bluetooth® 5.3, jadi tak perlu khawatir bila sewaktu-waktu mobile data kita tidak bisa berfungsi (misalnya paketan data habis…hehehe).


Input/output (port)
port-memadai-dan-lengkap
(Gambar: yahyakurniawan.net)


Biasanya laptop lama saya harus selalu tertancap di colokan listrik, karena baterai sudah tidak memadai sehingga tidak dapat bertahan lama. Lain halnya dengan ASUS AI Vivobook S 14 OLED (S 5406) ini yang mempunyai daya tahan baterai hingga 16 jam pemakaian sehingga tidak menghambat produktivitas saat ngeblog. Baterai 75 WHrs, fast charging, 60 % dalam 49 menit.

Keyboard dirancang secara ergonomis dengan RGB backlight yang cerah (RGB Ergo Sense Keyboard) dan touchpad berukuran besar with ASUS Smart Gesture Control. sehingga pengguna nyaman mengetik dalam berbagai kondisi cahaya. Bila listrik padam pun, pengguna masih bisa mengetik dengan nyaman.


Ergosense keyboard
keyboard-ergosense-RGB-backlight
(Gambar: yahyakurniawan.net)


Ngeblog sambil mendengarkan musik, bisa banget. Karena laptop ini dilengkapi sistem audio berteknologi Dolby Atmos Sound dengan speaker tersertifikasi dari Harman/Kardon.

Untuk layar sebesar 14 inchi yang dilengkapi dengan ASUS Lumina OLED, WUXGA (resolusi 1920x1200) yang menawarkan tampilan dan visual yang tajam serta warna yang kaya. Aspec ratio 16:10, layar HDR dengan sertifikasi yaitu flicker free certified dan low blue light hardware certified. Seperti diketahui bahwa layar ASUS Lumina OLED merupakan standar layar premium terbaik. Ini sangat membantu saya dalam penglihatan, yang sudah memakai kacamata karena usia. Tampilan di layar jadi kelihatan lebih tajam dan jernih.

Pada umumnya laptop yang dipakai terlalu lama menyebabkan suhunya tinggi atau panas. Akan tetapi laptop yang satu ini dilengkapi dengan ASUS Ice Cool Technology, yaitu system pendingin yang dilengkapi 2 heat pipes dan 97 ice blades, dual fans dan dual vents, yang menjamin laptop tetap bekerja pada suhu sejuk bahkan ketika mempunyai beban kerja yang berat sekalipun. Jadi komponen internal terlindung dari risiko overheating.

Oya, laptop ini juga dilengkapi AI Noise Canceling Audio Technology, yang meminimalisir suara-suara dari luar yang tidak diinginkan oleh pengguna. Misalnya saat itu pengguna sedang video call, sedang meeting bahkan sedang main game.


Dilengkapi AI Noise Canceling Audio Technology
dilengkapi-AI-Noise-Canceling-Audio-Technology
(Gambar: yahyakurniawan.net)


Ada 2 pilihan warna laptop ini yaitu Neutral Black dan Mist Blue. Bingung juga nih mau pilih yang mana, karena keduanya memberi kesan mewah dan professional. Tapi sepertinya saya ingin memilih yang Neutral Black saja seperti warna favorit saya.


Pilihan warna mewah dan profesional
pilihan-warna-mewah-dan-profesional
(Gambar: yahyakurniawan.net)


Kelebihan yang terakhir adalah semua laptop ASUS AI sudah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan US Military Grade (MIL-STD-810 H) sehingga lebih tangguh. Uji Military Grade itu meliputi shock test, vibration test, altitude test, high temperature test, low temperature test yang semuanya itu adalah test dari berbagai kondisi ekstrem (guncangan mekanis hingga perubahan suhu mendadak).

Nah, ini yang ngga kalah penting buat yang ingin beli laptop ini, berapa harganya? Laptop ini bisa didapatkan dengan harga mulai Rp 18.299.000. Dan jangan lupa juga ada 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS Perfect Warranty.

Jadi gimana nih, tertarik dengan produk ASUS AI ini? Hayuk buruan beli.



Referensi:

Vivobook S 14 OLED (S5406): https://www.asus.com/id/laptops/for-home/vivobook/asus-vivobook-s-14-oled-s5406/

https://yahyakurniawan.net/gadget/lebih-mudah-dan-nyaman-pakai-laptop-asus-ai/

Posting Komentar