wahyusuwarsi.com

KOL.ID TOOL TERBAIK MENGECEK RATE DI INSTAGRAM


KOL.ID


Perkembangan teknologi yang makin pesat mendorong pertumbuhan media sosial yang makin hari makin bertumbuh. Sosial media yang dari hari ke hari makin sering digunakan oleh masyarakt adalah Instagram, Tiktok dan Youtube. Hal ini juga mendorong lahirnya para KOL, Influencer atau selebgram yang bermunculan dengan ciri khas dan kreativitas masing-masing.

Seperti kita ketahui, dalam dunia sosial media ada istilah KOL (Key Opinion Leader) dan Influencer. Influencer ini pun ada beberapa jenis yaitu influencer Instagram atau lebih dikenal dengan Selebgram (selebriti Instagram), influencer Tiktok dan influencer Youtube.

KOL (KEY OPINION LEADER)

KOL (Key Opinion Leader) adalah seseorang yang mempunyai skill, pengetahuan dan kemampuan dalam bidang tertentu, yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat karena biasanya pendapatnya banyak didengar dan lebih dipercaya oleh masyarakat. Seorang KOL lebih dipercaya oleh masyarakat, karena seorang KOL adalah pakar profesional yang ahli di bidang tertentu, sehingga mempunyai pengetahuan dan pengalaman di bidangnya. Contohnya adalah seorang dokter spesialis, seorang penulis terkenal atau seorang psikolog dan masih banyak contoh yang lain.

KOL lebih banyak menghabiskan waktu untuk pekerjaan utamanya, sehingga tawaran untuk menjadi KOL adalah merupakan pekerjaan sampingan. KOL tidak mencari audien nya sendiri, karena otomatis masyarakat akan lebih percaya dan menjadi pengikutnya sehubungan dengan keahlian dan pengetahuan yang dimilikinya.

INFLUENCER

Influencer adalah seseorang dalam sosial media yang mempunyai banyak pengikut (followers), dan dapat mempengaruhi perilaku pengikutnya atas apa yang mereka sampaikan. Seorang influencer dianggap sebagai sumber informasi yang valid dan terpercaya oleh pengikutnya.

Dalam bahasa Inggris influencer artinya adalah orang yang dapat menggerakkan atau mempengaruhi orang lain dalam jumlah besar untuk melakukan tindakan tertentu. Konten-konten yang dibagikan oleh influencer dalam sosial medianya, adalah berisi pengalaman dalam kehidupan sehari-hari maupun topik (tema) yang dikuasainya, untuk kemudian dibagikan kepada pengikutnya. Seorang influencer lebih membangun persona di sosial media dengan konten-konten yang mereka bagikan.

Bagi seorang influencer, aktivitas sosial media adalah pekerjaan utamanya, yang mana mereka menghabiskan waktunya untuk membuat konten dan mengunggahnya ke sosial media, menulis artikel di blog atau platform, membuat video dan mengunggahnya ke youtube.

Ada beberapa jenis influencer dalam sosial media yaitu influencer Instagram, influencer Tiktok dan influencer Youtube.

INFLUENCER INSTAGRAM

Influencer Instagram disebut juga Selebgram atau Selebritas Instagram, yaitu seseorang terkenal yang menggunakan sosial media untuk mengunggah semua kegiatannya, disini juga termasuk mengulas (mereview) sebuah produk.

INFLUENCER TIKTOK

Influencer Tiktok disebut juga Creators, yang mana memiliki fans dan followers yang selalu mengikuti setiap konten-konten terbaru yang muncul di beranda sosial media mereka.

INFLUENCER YOUTUBE

Influencer Youtube biasa disebut Youtuber, yaitu orang yang bisa mempengaruhi pengikutnya (followers) melalui tontonan yang ditayangkan di platform Youtube.

Berdasarkan jumlah followersnya KOL maupun insfluencer dibedakan menjadi 5 kategori:

1. Nano influencers, yang mempunyai jumlah followers 1.000 sd 10.000.
2. Micro influencers, yang mempunyai jumlah followers10.000 sd 50.000.
3. Mid-tier influencers, yang mempunyai jumlah followers 50.000 sd 500.000.
4. Macro influencers, yang mempunyai jumlah followers 500.000 sd 1.000.000.
5. Mega influencers, yang mempunyai jumlah followers lebih dari 1.000.000.

Pada umumnya masyarakat lebih mempercayai brand yang diiklankan oleh seorang nano micro influencers dibandingkan brand yang diiklankan oleh seorang artis maupun influencer terkenal. Hal ini disebabkan karena seorang artis dan influencer terkenal mempunyai jadwal yang padat sehingga tidak sempat berinteraksi dengan followers. Sedangkan nano micro influencers selalu menjalin hubungan dengan followers lewat sosial media, sehingga masyarakat merasa lebih dekat dan percaya pada brand yang diiklankannya.

PENTINGNYA RATE CARD BAGI SEORANG KOL DAN INFLUENCER

Seorang KOL maupun influencer wajib dan harus memiliki rate card. Biasanya sebuah brand akan menanyakan rate card pada influencer yang akan diajak bekerjasama. Dari rate card itulah brand mengetahui performa influencer yang akan diajak bekerjasama untuk mempromosikan produknya.

Rate card adalah informasi harga yang biasa digunakan oleh influencer untuk memberikan informasi kepada brand-brand.

Tidak hanya berisi tarif harga saja, tetapi rate card juga berisi gambaran demografi, engagement rate, kebijakan dan pilihan paket yang akan dipost, atau bahkan hasil campaign influencer dengan brand sebelumnya. Jadi bisa juga dikatakan bahwa rate card merupakan portofolio bagi influencer yang bersangkutan.

KOL.ID TOOL TERBAIK MENGECEK RATE DI INSTAGRAM


cek-ER-instagram
Cek-Engagement-Rate-Instagram
(Gambar: KOL.ID)


Ada suatu tool yang bisa digunakan untuk mengecek rate card pada Instagram secara gratis. Dengan tool ini, brand dapat mengecek performa influencer yang akan diajak bekerjasama.

KOL.ID adalah platform marketing terpadu, solusi yang mencakup seluruh kebutuhan marketing influencer Instagram ,tiktok dan youtube dan terhubung dalam satu platform (KOL.ID).

Tool ini merupakan tool terbaik untuk mengecek ER (Engagement Rate) Instagram melalui username. Dengan KOL.ID bisa didapatkan metrik lengkap mulai dari engagement rate, follower, reels view, comment per post dan like perpost.

Engagement Rate didapatkan dari penjumlahan data likes, comments, share dibagi dengan jumlah followers dan dikali 100. Angka-angka ini merupakan angka dinamis yang akan berubah setiap hari, karena itu sebaiknya setiap hari harus membuka KOL.ID.


ER Formula
engagement-rate-formula
(Gambar: KOL.ID)


Dengan mengetahui perubahan angka Engagement Rate tiap hari, akan sangat membantu mengetahui bagaimana performa KOL atau influencer, sehingga bisa mengambil keputusan apakah sudah saatnya untuk diajak bekerjasama.

Dalam beberapa situasi dan kondisi, Engagement Rate bisa mempengaruhi performa seorang KOL maupun influencer. Bila Engagement Rate nya tinggi, jumlah follower tinggi maka akan berpengaruh pada Rate Card KOL maupun influencer yang bersangkutan.

Tool Engagement Rate dapat dipakai oleh siapa saja. Jadi tak hanya brand yang mengajak bekerja sama seorang KOL maupun influencer yang bisa memakai tool ini, namun bisa dipakai oleh KOL maupun influencer itu sendiri. Tujuannya adalah untuk mendapatkan data yang tidak disediakan oleh Instagram karena adanya limitasi. Dengan demikian KOL maupun influencer mempunyai second opinion data dan bisa meyakinkan calon client untuk mengajak bekerjasama.

Data yang dipakai KOL.ID adalah data yang didapat langsung dari platform Instagram dan disajikan dalam bentuk yang bisa diakses secara publik oleh siapapun.

Demikianlah ulasan tentang KOL.ID yang merupakan tool terbaik untuk mengecek rate di Instagram. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://kol.id/

Posting Komentar