wahyusuwarsi.com

MENUNGGU WAKTU BERBUKA PUASA (NGABUBURIT)

Ngabuburit yuk ...
Istilah ini sudah familiar di masyarakat, tak hanya untuk anak-anak muda bahkan orang tua pun sering mengucapkan istilah ini.

Istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, ngabuburit atau mengabuburit yaitu kegiatan menunggu adzan maghrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan (Wikipedia). Ngabuburit biasanulya dilakukan mulai pukul 15.30 hingga 17.30. Ada bermacam-macam aktivitas yang dilakukan saat ngabuburit, misalnya kegiatan keagamaan (mendengarkan kajian ataupun mengaji), hanya sekedar jalan-jalan, mencari takjil untuk berbuka puasa, atau berjualan makanan takjil.

Apa saja aktivitas ngabuburit saat ramadan? Yuk, baca ulasannya di bawah ini.

MENJUAL MAKANAN TAKJIL

Pada saat bulan ramadan banyak penjual takjil dadakan, yang tersebar di berbagai tempat. Mereka memanfaatkan momen ramadan untuk mencari rezeki, yaitu dengan menjual aneka makanan untuk berbuka puasa. Tak hanya makanan pembuka (takjil) saja yang dijual, bahkan banyak juga pedagang yang menjual lauk pauk untuk berbuka.

Di pusat kota bahkan sering dijumpai juga anak-anak muda (pelajar dan mahasiswa) yang memanfaatkan ngabuburit dengan mencari tambahan uang jajan, mereka menjual aneka takjil. Takjil dikemas dalam wadah dan dijajakan di daerah yang ramai (pusat kota). Pada umumnya mereka menjual es buah, puding, manisan dan kolak pisang.


Menjual makanan takjil
menjual-makann-takjil
(Gambar: infopublik)

MELAKUKAN KEGIATAN SOSIAL

Banyak juga masyarakat yang ngabuburit dengan melakukan kegiatan sosial. Mengajak anak yatim berbuka puasa dan memberi mereka santunan, adalah salah satu contoh kegiatan sosial sambil ngabuburit. Bisa dilakukan dengan mendatangi panti asuhan atau mengajak mereka ke suatu tempat makan. Hal ini merupakan kegiatan positif, yang mendatangkan berkah dan pahala di bulan suci ramadan.

MENGIKUTI PENGAJIAN

Ngabuburit juga bisa dilakukan dengan mengikuti kajian dari seorang ustadz, baik di masjid atau di tempat lain. Mengikuti kajian akan semakin meningkatkan keimanan kita, menambah ilmu agama, dan ketaqwaan kita. Dari kajian-kajian yang disampaikan ustadz, kita bisa mengambil hikmahnya dan menambah pahala pada bulan suci ini.


Buka bersama di masjid
buka-bersama-di-masjid
(Gambar: suarasurabaya.net)

MEMBACA Al-QUR'AN

Bulan suci ramadan akan semakin meningkatkan keimanan. Salah satunya adalah dengan membaca Al-Qur'an atau bertadarus. Di bulan suci ini orang berlomba-lomba mencari pahala, antara lain dengan khataman Qur'an. Hikmahnya adalah semakin lancar bacaan Qur'an dan semakin istiqomah bertadarus.

Membaca Al-Qur'an tidak hanya dilakukan di masjid, namun di rumah pun bisa bertadarus sambil menunggu waktu berbuka puasa.

BEROLAHRAGA RINGAN

Salah satu tips agar badan tidak lemas saat puasa adalah dengan berolahraga yang ringan, misalnya jogging, bersepeda, jalan santai atau senam ringan.

Kegiatan olah raga saat puasa bisa dilakukan setelah shalat subuh atau menjelang berbuka puasa sambil ngabuburit.

MEMBELI MAKANAN TAKJIL

Pada bulan ramadan banyak penjual makanan dadakan atau istilahnya pasar kaget. Disebut demikiam karena mereka berdagang hanya pada saat-saat tertentu saja, contohnya saat bulan ramadan.

Pasar kaget ini ada dimana-mana dan menjual berbagai jenis makanan takjil. Para pedagang makanan tersebut mulai menggelar lapak pukul 15.00 hingga selepas maghrib mereka menutup lapak. Makanan yang dijual adalah bermacam-macam takjil, bahkan lauk pun ada.

Sambil menunggu waktu berbuka, biasanya masyarakat berbelanja makanan takjil di pasar-pasar kaget tersebut. Jenisnya banyak dan harganya juga sangat terjangkau. Tidak ada salahnya kita berbagi rezeki sambil mencari makanan takjil yang dibutuhkan.

JALAN-JALAN SORE

Ngabuburit sambil jalan-jalan sore banyak dilakukan anak-anak muda. Biasanya mereka lebih suka jalan di mall, dan berbuka di resto yang terdekat. Jalan-jalan di mall bukan berarti mereka menghamburkan uang buat belanja. Mereka jalan di mall hanya untuk melihat-lihat saja, dan menunggu waktu berbuka.

Biasanya setelah tiba waktu buka, mereka akan shalat dulu di musholla mall, kemudian dilanjut buka bersama di resto terdekat.

NGABUBURIT DI RUMAH SAJA

Tidak semua orang suka ngabuburit di luar rumah. Banyak juga orang-orang yang lebih suka ngabuburit di rumah. Banyak aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Aktivitas ngabuburit yang bisa dikerjakan di rumah antara lain berkebun, membaca buku, memasak, menonton film lewat tv kabel bersama keluarga atau membersihkan rumah.

Itu tadi berbagai macam aktivitas ngabuburit yang bisa dipilih. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar