wahyusuwarsi.com

BERBAGI BERKAH DI BULAN RAMADAN

Ramadan adalah bulan suci, bulan penuh ampunan, dan bulan berkah yang ditunggu-tunggu umat muslim. Di bulan suci ini diwajibkan bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Selain itu juga memperbanyak ibadah lain, meningkatkan keimanan dan berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk meraih ridohonya Allah SWT.

Sedekah yang paling baik adalah pada bulan Ramadan. Rasullulah saw pernah ditanya, “ Sedekah apakah yang paling mulia?” Beliau menjawab: “Yaitu sedekah di bulan Ramadan” (HR Tirmidzi).

Di bulan ramadan orang berlomba-lomba mencari pahala dengan berbuat kebaikan. Biasanya banyak kegiatan sosial (bakti sosial/bakos) yang diselenggarakan selama bulan ramadan. Kegiatan sosial tersebut digawangi oleh sebuah organisasi ataupun berbagai komunitas di masyarakat. Begitupun dengan alumni SMA saya yang sering melaksanakan bakti sosial saat bulan ramadan maupun hari besar yang lain. Di artikel ini saya ingin menuliskan kegiatan bakti sosial yang pernah diselenggarakan oleh alumni SMA saya. Kebetulan saya adalah alumni salah satu SMA Negeri favorit di Semarang yaitu SMA Negeri 3, yang alumninya disebut ALSTE. Sedangkan bakti sosial ini digawangi oleh Alste Indonesia sub bidang pengajian (Alste Pengajian).

BAKTI SOSIAL ALUMNI SMA 3 (ALSTE)

Setiap tahun alumni saya selalu rutin menyelenggarakan bakti sosial. Kegiatan itu tak hanya dilaksanakan di bulan ramadan saja, bahkan di beberapa event, pastilah tak ketinggalan ada kegiatan bakti sosialnya. Tentunya saasarannya tak hanya di satu tempat, namun berpindah-pindah tempat daerah minus yang benar-benar membutuhkan.
Beberapa kegiatan sosial yang pernah dilakukan akan saya ulas pada artikel di bawah ini.

BAKTI SOSIAL DI TAMBAKLOROK

Daerah Tambaklorok termasuk kecamatan Semarang Utara yang merupakan daerah minus. Masyarakat di daerah ini mencari penghasilan sebagai nelayan. Daerahnya sangat memprihatinkan, karena mereka selalu tergenang air rob (pasang naik). Bila hujan terus menerus, daerah ini tak luput dari banjir yang semakin tinggi, hingga menggenangi dan masuk rumah penduduk. Dari pertimbangan itulah, alumni saya (ALSTE) mengadakan bakti sosial di daerah Tambaklorok pada ramadan tahun 2023 lalu.

Dana bakti sosial digalang dari para alumni yang peduli sesama dan mau berbagi. Alhamdulilah dana yang terkumpul sesuai bahkan lebih dari target yang diharapkan. Rencananya dana tersebut akan dibelikan sembako berupa beras, minyak, gula, teh, kecap dan beberapa item tambahan lainnya. Nantinya paket sembako seharga Rp 125.000 tersebut akan dijual dengan harga murah yaitu Rp 20.000 per paket. Tak hanya uang yang kami galang dari alumni, namun juga pakaian pantas pakai yang telah dikemas rapi, yang nantinya akan dijual Rp 5.000 per potong. Jadi tujuan bakti sosial ini adalah berupa penjualan sembako murah dan pakaian pantas pakai juga.


Bazar pakaian pantas pakai
bazar-baju-pantas-pakai
(Gambar: koleksi pribadi)


 
Penjualan sembako murah
penjualan-sembako-murah
(Gambar: koleksi pribadi)


Bakti sosial ini dilaksanakan di salah satu bangunan yang dijadikan mushola di Tambaklorok. Disanalah kami menggelar lapak. Banyaknya masyarakat yang datang, menunjukkan bahwa mereka memang benar-benar membutuhkan sembako. Agar pelaksanaan tertib, sebelumnya pengurus alumni membagikan kartu (girik) untuk pembelian sembako dan pakaian pantas pakai.

Antara haru dan lega menyelimuti perasaan kami para pengurus alumni. Haru karena ternyata niat baik kami mendapat sambutan yang tak terduga, dengan banyaknya masyarakat yang mendatangi lapak kami. Lega karena kegiatan ini berjalan dengan lancar. Dana hasil penjualan sembako dan pakaian pantas pakai, akan didonasikan lagi ke panti asuhan yang membutuhkan.

BUKA BERSAMA DAN PEMBERIAN SANTUNAN ANAK YATIM DAN DHUAFA

Masih dalam rangka ramadan, selain kegiatan penjualan sembako murah, para alumni juga mengadakan kegiatan buka bersama anak yatim dan dhuafa. Dalam kesempatan itu juga diberikan santunan kepada anak yatim berupa uang dan bingkisan.

Acara ini bertempat di SMA 3 Semarang tempat alumni bersekolah, tepatnya di masjid Ahlul Jannah, yaitu masjid di SMA 3 Semarang.

Acara dimulai pukul 16.00 WIB, dimulai dengan tausiyah selama satu jam oleh ustadz. Sambil menunggu adzan maghrib, dibagikan uang santunan, bingkisan dan nasi kotak pada masing-masing anak yatim. Kemudian dilanjutkan shalat maghrib berjamaah dan berbuka bersama. Alhamdulillah acara berjalan lancar dan diberi kemudahan.


Pemberian santunan anak yatim
pemberian-santunan-anak-yatim
(Gambar: koleksi pribadi)
 

PEMBERIAN SANTUNAN DAN BINGKISAN UNTUK KARYAWAN

Santunan yang diberikan pada karyawan meliputi satpam, cleaning service dan marbot masjid SMA 3 Semarang. Santunan diberikan berupa sembako, sarung, dan tali asih. Penyerahan dilaksanakan bersamaan dengan acara buka bersama anak yatim.

Oleh alumni, kegiatan bakti sosial ini rutin dilakukan setiap tahun terutama pada saat ramadan. Bahkan hari besar di luar ramadan pun beberapa kali dilasanakan bakti sosial, dalam bentuk yang lain misalnya penanaman mangrove di daerah Mangkang, anjangsana ke panti asuhan, nonton film bersama anak yatim dan dhuafa, rihlah (jalan-jalan) naik bus tingkat bersama anak yatim dan belanja baju lebaran bersama yatim dan dhuafa.


Pemberian bingkisan untuk karyawan
bingkisan-untuk-karyawan-SMA3
(Gambar: koleksi pribadi)
 

PENUTUP

Nah, itu tadi artikel saya berbagi cerita seputar kegiatan bakti sosial alumni. Bukan bermaksud pamer ataupun riya’ namun lebih kepada mengetuk hati serta menginspirasi teman-teman dan donator untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar