wahyusuwarsi.com

MENU SAHUR YANG PRAKTIS DAN SEHAT


Bulan ramadan sudah berjalan beberapa hari. Selama sebulan akan terjadi perubahan jam makan dan jam tidur kita. Malam hari sesudah berbuka puasa, kita melaksanakan shalat tarawih, kemudian dilanjutkan tadarus Al Qur’an. Di sepertiga malam setelah melaksanakan shalat malam, dilanjut makan sahur.

Sebagai ibu rumah tangga saya merasa bertanggung jawab dalam hal menyediakan hidangan berbuka maupun sahur untuk keluarga. Dari mulai menyusun menu, berbelanja, memasak hingga menghidangkannya di meja makan untuk dapat dinikmati suami dan anak-anak. Beberapa kali makan sahur pernah juga saya terlambat bangun atau kesiangan. Biasanya saya mulai memasak atau berjibaku di dapur mulai pukul 02.00 dini hari. Waktu imsyak di Semarang adalah pukul 04.15, jadi masih ada jeda waktu 2 jam lebih untuk menyiapkan semuanya.

Awalnya panik juga ya, bila kita terlambat bangun untuk sahur. Tetapi hal ini bisa disiasati dengan menyiapkan menu sahur yang praktis dan sehat tentunya. Menyiapkan menu sahur yang praktis, juga sangat menghemat waktu. Saya biasa menyiapkan food prep untuk bahan-bahannya sehingga lebih praktis. Tentang food preparation, ada di artikel saya sebelumnya (baca di sini ya).

Makan sahur itu sangat penting dan harus, karena dengan sahur akan menambah energi di siang hari saat puasa. Bila tidak sahur, menyebabkan kadar gula darah menurun, yang bisa mengakibatkan tubuh merasa lemas dan mengantuk selama puasa, terutama di siang hari.

Nah, kira-kira menu praktis apa saja yang biasa saya siapkan untuk makan sahur dan bila kesiangan bangun? Sila lanjut baca artikelnya di bawah ini ya.

MENU PRAKTIS UNTUK SAHUR

1. TELUR DADAR

Telur dadar adalah menu yang paling praktis dan fleksibel untuk segala kondisi, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Agar telur dadar kelihatan sedikit istimewa, biasanya saya campurkan sedikit daun bawang dan daging ayam cincang (bila ada).

Bahan yang dibutuhkan adalah bawang putih, bawang merah, cabe (sesuai selera), daun bawang (onclang), daging ayam cincang (bila ada) dan telur 3 - 4 butir.

Cara membuatnya adalah bawang putih, bawang merah dan cabe diuleg (ambil dari bumbu putih dan bumbu merah yang telah dibuat/food prep), masukkan daun bawang yang telah diiris tipis, masukkan daging ayam cincang (bila ada), tambahkan sedikit garam halus, kemudian kocok semua bahan. Siapkan sedikit minyak, tunggu hingga panas, tuangkan kocokan telur dan isinya ke wajan lalu digoreng.

Telur dadar bisa disajikan dengan tempe goreng atau sambal kencur, sambal terasi atau sambal tomat.
Menu sederhana yang praktis kan?


Olahan telur dadar
telur-dadar
(Gambar: pinterest.com)


2. OSENG TEMPE DAN TAHU

Biasanya saya mendaur ulang tahu dan tempe goreng yang tersisa (tidak habis dimakan), saya olah menjadi oseng.
Bahan yang dibutuhkan adalah bawang putih, bawang merah, cabe, garam, kecap, tahu dan tempe.

Cara membuatnya adalah bawang putih, bawang merah dan cabe diiris-iris. Tahu dan tempe dipotong kecil-kecil berbentuk kotak, goreng dan sisihkan.

Siapkan minyak, setelah panas masukkan bawang putih, tunggu hingga harum dan kecoklatan kemudian masukkan bawang merah, terakhir masukkan cabe sambil dioseng-oseng. Selanjutnya masukkan tempe dan tahu, tuangkan kecap (sesuai selera), tambahkan garam dan sedikit penyedap rasa (optional). Tunggu hingga semuanya matang, oseng siap disajikan.


Oseng tahu dan tempe
gambar-oseng-tahu-tempe
(Gambar: pinterest.com)

 

3. CA SAWI SENDOK, TAHU, UDANG

Bahan yang dibutuhkan adalah lada (merica), bawang putih, garam, gula pasir (sedikit), saus tiram, kecap asin, tepung maizena dilarutkan dalam air, sawi sendok (dipotong-potong), tahu putih (dipotong kotak kecil), udang.

Cara memasaknya adalah bawang putih digeprek, lalu ditumis. Setelah berbau harum, masukkan udang, tahu, masukkan sedikit air, diamkan sebentar kemudian masukkan sawi putih, jangan lupa tambahkan garam dan sedikit penyedap rasa (optional), saus tiram, kecap asin, terakhir masukkan larutan tepung maizena. Tunggu hingga matang dan siap disajikan.

4. CA BROKOLI

Bahan yang dibutuhkan adalah brokoli dipotong-potong, wortel dipotong, bakso ikan diiris, bawang putih dan cabai diuleg, saus tiram, garam, penyedap rasa, minyak, air.

Cara memasaknya adalah bumbu uleg ditumis hingga harum, kemudian wortel dimasukkan dan diaduk-aduk, setelah itu masukkan bakso ikan dan brokoli, tambahkan sedikit air. Masak hingga brokoli setengah matang, koreksi rasa dan sajikan.


Ca brokoli
ca-brokoli
(Gambar: pinterest.com)

 

5. AYAM TERIYAKI

Bahan yang dibutuhkan adalah filet ayam dipotong-potong, saus teriyaki, saus tiram, kecap manis, minyak wijen, merica (lada), cabai besar diiris serong, bawang merah iris, bawang putih iris, cabai rawit iris.

Cara memasaknya adalah bumbu iris ditumis sampai harum, masukkan ayam dan beri sedikit air, masak ayam sampai matang. Masukkan saus teriyaki, saus tiram,minyak wijen, kecap dan lada. Tambahkan air sedikit, kemudian masukkan irisan cabai besar, masak sampai air menyusut, cek rasa kemudian sajikan.

6. PERKEDEL CORNED BEEF

Bahan yang dibutuhkan adalah corneed beef 1 kaleng, telur, bawang putih dihaluskan, merica halus, garam, minyak.

Cara memasaknya adalah campurkan semua bahan, kemudian ambil dengan sendok, lalu goreng satu persatu.

7. SARDEN

Bahan yang dibutuhkan adalah bawang putih iris, bawang merah iris, cabe iris, tomat (optional), sarden kalengan, minyak.

Cara memasaknya adalah tumis ketiga bumbu iris sampai harum, setelah itu masukkan sarden, tambahkan tomat. Tunggu sampai matang lalu sajikan.

PENUTUP

Nah, itu tadi contoh beberapa menu sahur yang praktis. Semoga bisa dipraktekkan dan semoga bermanfaat bagi para ibu yang membaca artikel ini.

Posting Komentar