wahyusuwarsi.com

CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH SAAT RAMADAN


Berbuka bersama keluarga


Ramadan sudah berjalan beberapa hari, masih panjang perjalanan untuk meraih kemenangan. Artinya ramadan masih berjalan beberapa minggu lagi untuk menuju hari kemenangan.

Sebagai umat muslim, sungguh sayang bila melewatkan bulan suci penuh berkah ini. Berlomba-lomba meningkatkan ibadah dan keimanan. Tentunya juga melaksanakan puasa ramadan selama 30 hari.

Agar bisa menjalankan ibadah puasa full hingga 30 hari ke depan, kesehatan tubuh menjadi perhatian utama. Bila tubuh fit, bugar dan sehat maka puasa berjalan lancar, ibadah pun lancar dan produktivitas kerja juga lancar.

Berpuasa menahan haus dan lapar selama 12 jam, tentunya tubuh tidak terhidrasi dengan baik dan kebutuhan vitamin harian tidak begitu terpenuhi. Sebagai umat muslim, di bulan ramadan ini mempunyai kewajiban meningkatkan ibadah (shalat sunnah, sholat tarawih, sholat tahajud, berdzikir, tadarus dan amalan-amalan yang lain). Demikian juga melaksanakan sahur pada pertengahan malam, sehingga pola tidur berubah.

Perubahan jadwal makan, tidur dan istirahat menyebabkan menurunnya energi dan berpotensi menurunkan kualitas kerja. Kondisi-kondisi ini menyebabkan kesehatan seseorang terganggu, bila tak pandai menyiasatinya dan menjaganya.

MENJAGA KESEHATAN SAAT PUASA RAMADAN

Di bawah ini adalah tips menjaga kesehatan tubuh saat puasa ramadan.

Di artikel sebelumnya sudah pernah saya ulas tentang tips agar tubuh tidak lemas dan tidak mengantuk selama ramadan. Nah, di artikel ini kurang lebih tips nya sama dengan artikel sebelumnya, hanya ada beberapa tambahan yang harus dijalankan untuk menjaga kesehatan saat puasa ramadan.

Sila baca tips-tips untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa ramadan, di bawah ini.

1. Memantapkan niat, tekat dan ikhlas menjalankan ibadah puasa, sehingga tetap semangat menjalankan tugas (pekerjaan kantor) atau aktivitas lainnya.

2. Mengatur jadwal kerja sepadat mungkin dan fokus menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan sesuai jadwal yang disusun. Mengatur jadwal kerja bisa melupakan rasa haus dan lapar sehingga tetap semangat menjalankan tugas.

3. Memanfaatkan waktu istirahat sejenak untuk mengembalikan energi.

4. Jangan memaksakan diri melakukan pekerjaan terus menerus. Berilah jeda sejenak untuk istirahat, untuk kemudian lanjut lagi mengerjakan tugas.

5. Perhatikan pola makan saat sahur. Sebaiknya jangan lewatkan makan sahur, karena dengan makan sahur akan menambah energi di siang hari. Saat sahur perbanyak makanan yang mengandung air agar tidak dehidrasi, minum air putih, makan dengan gizi seimbang (yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral), makanlah makanan yang mengandung serat (sayur dan buah), hindari makanan dengan kadar minyak tinggi, kurangi makanan bersantan.

6. Penuhi kebutuhan cairan tubuh selama puasa. Sebaiknya konsumsi 8 gelas air per hari. Bisa dilakukan dengan metode 2 - 4 - 2 atau 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas sepanjang malam, 2 gelas saat sahur atau metode 3 - 3 - 2. Sebaiknya perbanyak air putih dan buah yang mengandung banyak air. Hindari kopi, teh dan soda. Kopi menyebabkan gangguan tidur, soda akan menumpuk lemak.

7. Perhatikan pola makan saat berbuka puasa. Awali berbuka dengan yang manis alami tanpa gula untuk mengganti kadar gula yang menurun selama puasa. Gula memamg diperlukan bagi tubuh, namun sebaiknya tidak boleh berlebihan. Hindari makan berlebihan, karena akan menyebabkan perut sesak dan cepat mengantuk.

8. Menjaga pola makan malam, jangan berlebihan. Makan malam berlebihan menyebabkan obesitas.

9. Bagi perokok, sebaiknya berhentilah merokok. Saat berpuasa terjadi detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh) termasuk nikotin).

10. Mengatur pola tidur. Saat makan sahur bangunlah lebih awal. Sedangkan malam hari setelah sholat tarawih sebaiknya segera tidur lebih awal (jangan tidur terlalu larut malam), untuk mengembalikan stamina tubuh.

11. Lakukan aktivitas fisik dengan berolahraga ringan kurang lebih selama 30 menit. Hal ini untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Olahraga yang disarankan saat puasa adalah, sepeda, jogging, jalan santai, senam ringan. Lakukan setelah subuh dan menjelang maghrib agar tidak terlalu panas. Hindari melakukan aktivitas di luar, saat siang hari.

PENUTUP

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Insya Allah puasa berjalan lancar karena tubuh selalu fit, bugar dan sehat. Adanya tubuh yang sehat, puasa akan lancar, ibadah lancar sehingga aktivitas dan produktivitas kerja tidak terganggu.
Semoga bermanfaat.




12 komentar

  1. Sayang banget, ya, kalau tetap kerap merokok di bulan Ramadan. Tubuh sedang detoksifikasi, eh, malah dimasukin racun lagi. Bandel, deh.

    BalasHapus
  2. Kalau saya malah sebaliknya, Bu. Setiap Ramadan itu tidur larut dan bangun sahur agak mepet. Nggak heran bawaannya badan jadi kurang fit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu-ibu kan selalu tidur paling akhir, bangun lebih awal.

      Hapus
  3. Ramadhan tahun ini baru aja lahiran, jadi mau puasa takut kalau produksi asi berkurang. Masih masa penyesuaian pola tidur juga masih gak berantakan 🥲

    BalasHapus
  4. Selalu berusaha agar Ramadan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, tidak hanya untuk ibadah tapi juga urusan menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, meskipun masih tertatih tapi tahun ini sudah mulai mengurangi berbuka dengan makanan-makanan yang kurang sehat.

    BalasHapus
  5. Memang baiknya sudah dibiasakan sejak jauh sebelum Ramadan ya. Agar nggak kaget dengan kebiasaan tidur yang baru.

    BalasHapus
  6. Menjaga cairan tubuh ini paling penting. Istirahat juga tapi harus tetap produktif ya mba. Insya allah puasa kita lancar aman sehat sampai full.

    BalasHapus
  7. masih pe er banget bu kalau puasa tuh bawaannya ngantuk. Sudah nyiapin to do list sebanyak mungkin, tetep aja kok mata makin berat ya. Masih belum bisa meninggalkan kebiasaan ngeteh kaayaknya. Teh selalu setia menemani saat buka dan sahur haha

    BalasHapus
  8. Aku rasa, tipsnya ini tidak sulit untuk dijalankan ya mbak. Asal disiplin dan niat buat konsisten, dapat sehatnya di bulan puasa ramadhan

    BalasHapus
  9. Biar tetap sehat di ramadhan, olahraga memang sangat oenting bagi kita. Apalagi kita bisa olahraga di sore hari yang bisa langsung kembali di isi asupan energi baru di waktu berbuka.

    BalasHapus
  10. olahraga ini yang masih kurang banget, malah berhenti ga olahraga, duh salah ya, karena rasanya waktunya semakin kurang nih, coba atur waktu lagi nih
    terima kasih remindernya ya

    BalasHapus
  11. Wah makasii tipsnya yaa mba
    Aku juga menjalankan beberapa tips tersebut saat bulan puasa kemarin.

    BalasHapus