wahyusuwarsi.com

TAKJIL RAMADAN FAVORIT KELUARGA

 

Bulan ramadan adalah bulan berkah dan bulan suci yang ditunggu-tunggu umat muslim. Banyak hal yang harus diperhatikan di bulan suci ini, selain meningkatkan ibadah tentunya juga dalam hal penyajian menu untuk keluarga. Demikian juga saya sebagai ibu rumah tangga juga harus punya kiat-kiat menyajikan menu berbuka puasa dan menu makan sahur untuk keluarga, agar tidak bosan dan hemat.

Biasanya para ibu akan memasak lebih banyak di bulan puasa, padahal seharusnya di bulan puasa kita bisa lebih berhemat. Mengapa demikian? Ya, tentu saja setiap berbuka puasa biasanya disediakan menu takjil berupa makanan pembuka, sebelum makan besar (nasi beserta lauk pauknya). Menu takjil ini bervariasi setiap harinya.

Menurut KBBI takjil artinya mempercepat (dalam berbuka puasa). Kata takjil ini adalah serapan dari bahasa Arab yaitu kata ‘ajila yang berarti menyegerakan atau tidak menunda-nunda saat buka puasa. Jadi takjil sendiri adalah makanan atau minuman kecil yang dihidangkan atau dikonsumsi saat berbuka puasa, untuk memulihkan energi setelah berpuasa sehari.

Bagi masyarakat Indonesia, wajib ada takjil sebelum menikmati hidangan utama. Bahkan di komplek perumahan dan kelompok PKK, biasanya secara bergilir menyediakan takjil untuk jamaah yang berbuka puasa di masjid. Tradisi ini menunjukkan adanya kerukunan dan kebersamaan di antara umat Islam. Tak jarang warga perumahan yang non muslim pun turut berperan serta menyediakan menu takjil untuk masjid setempat.

Di keluarga saya pun ada takjil ramadan favorit suami dan anak-anak. Jenis takjil dalam keluarga saya pun bervariasi (tidak hanya sejenis). Makanan tersebut biasanya saya beli di penjual khusus makanan takjil, namun tak jarang juga saya masak sendiri untuk makanan takjil yang resepnya mudah dipraktekkan.

Di bawah ini saya akan menulis artikel tentang makanan takjil yang jadi favorit keluarga saya.

KOLAK PISANG


Kolak pisang
takjil-kolak-pisang-kolang-kaling
(Gambar: Pinterest)

 
Salah satu takjil favorit keluarga saya adalah kolak pisang dan kolang kaling. Kolak sudah banyak dikenal masyarakat di Indonesia. Jenisnya pun bermacam-macam, kolak pisang kolang kaling, kolak pisang ketela rambat dan beberapa jenis lainnya, namun bahan utama yang paling sering digunakan adalah pisang.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolak adalah pisang kepok (potong serong), kolang kaling, gula merah, gula pasir, santan, daun pandan dan air.

Cara membuatnya adalah rebus gula merah, gula pasir dan air sampai gula larut lalu saring dan sisihkan. Kemudian campurkan larutan gula, pisang, kolang kaling, daun pandan, santan dan tambahkan air, masak dengan api sedang sambil diaduk agar santan tidak menggumpal. Masak hingga mendidih, koreksi rasa, bila kurang manis tambahkan gula pasir. Setelah matang, sajikan saat berbuka puasa.

BUBUR SUMSUM


Bubur sumsum
takjil-bubur-sumsum
(Gambar: Pinterest)


Bubur sumsum adalah makanan tradisional yang ada di seluruh nusantara. Biasanya disajikan dengan saus gula merah atau biasa disebut juruh dalam bahasa Jawa. Bubur sumsum berwarna putih lembut, tebuat dari tepung beras. Dalam beberapa acara penting, seringkali ada menu bubur sumsum sebagai hidangan pendamping. Acara-acara tersebut misalnya acara pernikahan, acara berbuka bersama, ulang tahun maupun arisan.

Bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras, santan, gula merah, daun pandan dan sedikit garam. Adapun cara membuatnya adalah campurkan tepung beras, santan, garam lalu diaduk hingga rata dan halus (tidak ada bagian yang menggumpal). Setelah itu masak dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga mengental.

Untuk juruh (saus gula merah) caranya adalah masak gula merah, daun pandan dan air. Masak sampai matang. Cara menghidangkannya, bubur sumsum disiram dengan saus gula merah. Bubur sumsum bisa dinikmati sebagai hidangan takjil pembuka puasa.

ES BUAH


Es buah
takjil-es-buah
(Gambar: Pinterest)


Es buah yang menjadi favorit keluarga adalah es buah yang sederhana dan sangat mudah membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan yaitu nata de coco, cincau hitam atau cincau hijau (potong kotak-kotak), agar-agar bila ada (potong kotak kecil), aneka buah yang dipotong kecil-kecil, sirup frambozen (merah), susu kental manis (bila suka).

Cara membuatnya sangat mudah yaitu campurkan semua buah, tuangkan dalam mangkok, tambahkan sirup, tambahkan susu dan juga es batu atau es yang diserut.Mudah bukan?

ES KELAPA MUDA


Es kelapa muda
takjil-es-kelapa-muda
(Gambar: Pinterest)


Es kelapa muda sangat mudah didapatkan, karena saat ramadan pasti banyak penjual es kelapa muda. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri.

Bahan yang dibutuhkan adalah kelapa muda, sirop atau gula jawa yang dicairkan. Sedangkan cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan mencampur kelapa muda yang telah diambil dagingnya dengan sirup atau gula jawa cair. Cara membuat air gula jawa adalah masukkan gula merah dan air kemudian masak di atas kompor hingga mendidih, lalu dinginkan.

Nah, itu tadi 4 menu takjil favorit di keluarga saya, semoga menginspirasi dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

5 komentar

  1. Nah, iya kan arti takjil ini adalah menyegerakan. Tetapi masyarakat banyak yang belum paham, jadi seperti kata benda atau makanan hihihihi :D Favoritku adalah es buah dan bubur sumsum. Kalau kolak pisang biasa ya karena terlalu sering wakakakaka.... Tapi kalau udah ada di depan mata sih, mari sikaaattttt!

    BalasHapus
  2. Enak banget sih takjilnya, segar semua..aku baru cicip yang es kelapa muda kalau yang lain belum pernah beli di ramadan ini... ternyata takjil artinya menyegerakan yaa..

    BalasHapus
  3. Es buah sama es kelapa muda enak banget diminum abis twraweh. Es kelapa muda tuh kesukaan almarhum papa mbak ramadan ni aku sampe ga sanggup beli kelapa muda. Auto swdih si

    BalasHapus
  4. enak semuaa apalagi liatnya pas lagi puasa gini hehe. aku suka bubur sumsum, es buah jugaa itu seger banget! tambah gorengan juga makin mantep iniii

    BalasHapus
  5. menu takjil favorit keluarga saya juga sih ini, Mba. Kami juga memilih buat sendiri hidangan untuk takjil jika dalam kondisi luang.

    BalasHapus