wahyusuwarsi.com

ANJANGSANA KE PANTI WERDHA HARAPAN IBU

MENGENAL PANTI WERDHA ATAU PANTI JOMPO

Hidup bahagia bersama anak cucu di hari tua, adalah impian setiap oran tua (lansia). Namun tidak demikian halnya bagi penghuni panti werdha atau panti jompo. Mereka hidup di panti bersama teman-teman sesama lansia, atas kemauan sendiri atau memang dititipkan oleh keluarganya. Bila datang rasa sepi, sedih, atau sakit, mereka menanggungnya sendiri. Merasa sepi di tengah keramaian, seringkali menghinggapi hati para lansia ini yang merindukan anak dan sanak keluarganya.

Apa saja fasilitas (pelayanan) yang diberikan dalam panti?
Beberapa pelayanan yang diberikan oleh panti adalah:
1. Tempat tinggal yang layak.
2. Makan, pakaian, pemeliharaan kesehatan.
3. Mengisi waktu luang.
4. Bimbingan mental, sosial, ketrampilan dan agama.
5. Pengurusan pemakaman.

Ada beberapa alasan para lansia lebih memilih tinggal di panti jompo, yaitu:
1. Mereka merasa lebih nyaman bersama teman sebayanya.
2. Di panti jompo ada yang merawat dan menjamin kesehatannya.
3. Jika tinggal bersama keluarga, tingkat emosional akan semakin meningkat.


Anjangsana ke Panti Werdha Harapan Ibu
anjangsana-ke-Panti-Werdha-Harapan-Ibu
(Gambar: koleksi pribadi)


ANJANGSANA KE PANTI WERDHA HARAPAN IBU SEMARANG

Panti Werdha Harapan Ibu terletak di Jl Raya Beringin, Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.
Panti werdha ini letaknya di pinggir jalan dan strategis, namun suasananya cukup nyaman dan tenang. Tanah seluas kira-kira 3.740 m² itu ditanami pohon-pohon yang rindang. Bangunan panti ada di sekeliling nya, sehingga nampak teduh dan nyaman.

Panti Werdha Harapan Ibu berada di bawah naungan Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang yang merupakan pelaksana teknis dari Dinas Sosial Pemerintah Kota Semarang.

Pada tanggal 7 Maret 2023, kami dari kelompok PKK RW X Graha Sapta Asri Semarang melaksanakan anjangsana ke panti ini. Dengan membawa donasi dari anggota PKK berupa sembako, kebutuhan dapur, buah, snak dan uang tunai untuk kebutuhan panti.

Kami disambut oleh ketua yayasan, kepala panti dan beberapa pengurus, untuk dipersilahkan duduk di acara penyambutan. Sepertinya sebelum kedatangan kami, juga ada beberapa tamu yang berkunjung dan menyerahkan donasi. Terlihat masih ada beberapa sembako dan bahan pangan di ruang aula. Memang banyak anggota masyarakat maupun organisasi yang berkunjung ke panti ini.

Setelah Ibu kepala panti,  ketua yayasan, dan wakil PKK RW X (Ibu Margono) memberikan sedikit sambutan, kemudian acara dilanjut salam (yel-yel) dari para lansia. Lansia yang turut hadir di aula adalah yang masih sehat. Mereka juga unjuk kebolehan menyanyi di hadapan kami. Wah, ternyata suaranya masih bagus dan lantang.


Para lansia di panti
lansia-di-panti-werdha-Harapan-Ibu
(Gambar: koleksi pribadi)

 
Penyerahan bantuan diserahkan secara simbolis dari ketua PKK RW X (Ibu Suseno) kepada kepala panti. Selanjutnya kami dipersilakan masuk ke ruangan (kamar) para lansia untuk membagikan snak dan buah. Jumlah penghuni panti ada 23 lansia, 2 pengasuh dan beberapa pengurus.


Penyerahan bantuan simbolis
penyerahan-bantuan-secara-simbolis
(Gambar: koleksi pribadi)


Penyerahan snak
penyerahan-donasi-dan-snak
(Gambar: koleksi pribadi)


Saat kami masuk, ada 1 orang lansia yang sedang kurang sehat, beberapa lansia sedang tidur, dan beberapa duduk di tepian bed. Mereka kelihatan ceria dan senang bila ada yang berkunjung. Mungkin teringat anak cucunya ya. Kami pun sempat ngobrol sejenak dan menyapa para lansia ini.

Terharu sekali melihatnya dan bersyukur masih bisa berbagi dan diberikan nikmat sehat. Saatnya berpamitan untuk pulang. Mereka menyanyikan lagu Sayonara dan Gelang si Paku Gelang. Hanya doa yang bisa kami panjatkan agar lansia penghuni panti selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Aamiin.




Posting Komentar