wahyusuwarsi.com

RENUNGAN AKHIR TAHUN



Minggu ini adalah minggu pertama di bulan Desember. Itu artinya pergantian tahun hanya kurang 3 minggu dari sekarang. Waktu rasanya cepat sekali berlalu dan berjalan. Kalau melihat ke belakang di tahun 2023, rasanya masih banyak harapan-harapan yang belum tercapai. Di dalam pikiran saya sempat terlintas kalimat, apa yang sudah saya berikan di tahun 2023? Harapan apa yang sudah tercapai di tahun 2023? Tentu saja masih ada beberapa harapan yang belum tercapai di tahun ini. Namun sebagai manusia, saya juga mempunyai harapan dan tujuan dalam beberapa hal untuk tahun depan.

Bisa dikatakan sebagai resolusi atau tujuan saya di tahun depan. Arti resolusi adalah kepercayaan diri dan tekad dalam mencapai tujuan, harapan, cita-cita atau bisa juga planning yang akan dicapai dalam setahun ke depan.

Setiap akhir tahun saya selalu melakukan introspeksi dan evaluasi apa saja resolusi yang belum tercapai, kemudian membuat daftar dan menuliskannya dalam sebuah buku. Dalam buku itu juga saya tuliskan tujuan dan harapan apa yang harus dicapai di tahun depan, bagaimana cara agar resolusi itu bisa tercapai. Menuliskannya bisa dengan melanjutkan resolusi (yang belum tercapai di tahun ini), dan menambahkan resolusi baru di tahun depan.

PENCAPAIAN TAHUN 2023

Alhamdulillah beberapa harapan di tahun 2023 yang sudah bisa terpenuhi.

Tahun 2021 anak bungsu kami berhasil diterima di UNDIP melalui SBMPTN. Saat itu kami berjanji akan mengajaknya liburan ke Bali sebagai apresiasi pada si bungsu. Ya, maklumlah anak bungsu saya belum pernah ke Bali. Kakaknya sudah pernah ke Bali sewaktu SMA dalam rangka Karya Wisata Nah, saat si bungsu SMA, pihak sekolah tidak mengadakan kegiatan Karya Wisata karena adanya pandemi Covid. Janji kami baru bisa terpenuhi bulan Juli 2023, menyesuaikan jadwal kegiatan masisng-masing. Menyesuaikan jadwal cuti suami dan kakak (si sulung) sebagai karyawan sebuah bank swasta.



Liburan ke Bali
Foto-saat-liburan-ke-Bali-dengan-keluarga
(Gambar: koleksi pribadi)



Tahun 2023 juga merupakan tahun pertama lebaran kami tanpa bapak (eyang kakung), setelah bulan Oktober 2022 eyang berpulang. Biasanya setiap lebaran, adik-adik saya beserta keluarga masing-masing berkumpul di rumah saya untuk bertemu bapak dan sungkem. Karena sudah 3 tahun bapak tinggal bersama keluarga saya.

Tahun ini kami bersepakat untuk berkumpul di Solo setelah shalat Ied pada lebaran hari pertama. Kami berangkat dari kota masing-masing dan berkumpul di Solo untuk merayakan Idul Fitri. Hati ini rasanya campur aduk, ya senang, ya sedih dan haru. Senang karena kami 4 bersaudara bisa berkumpul merayakan lebaran bareng. Sedih dan haru karena tahun ini sudah tidak ada bapak di antara kami.



Liburan Idul Fitri
Liburan-lebaran-bersama-keluarga-besar
(Gambar: koleksi pribadi)



Di bidang kepenulisan dan blogging, ada beberapa harapan yang menurut saya telah tercapai. Menjadi kontributor beberapa buku antologi yang sudah cetak, adalah impian saya yang sudah terlaksana. Antologi itu berisi kisah-kisah inspiratif. 

Sedangkan di dunia blogging, saya diberi kesempatan untuk bergabung dengan kelas Blogspedia Coaching 4 yang digawangi mbak Marita. Di kelas ini saya dipacu untuk terus menulis secara rutin sehingga blog tidak sawangen (jadi sarang laba-laba). Dari kelas ini saya juga mendapat banyak ilmu tentang blogging dan belajar tentang SEO, Google Analytics, Google Search Console, Google News dan materi-materi yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan. Ya, intinya saya belajar teknologi tentang blog dan google. Terima kasih mbak Marita dan para coach yang telah membimbing saya selama 3 bulan hingga kelas berakhir. Alhamdulillah dapat tambahan ilmu yang sangat bermanfaat.



Buku antologi
Beberapa-buku-antologi-yang-sudah-cetak
(Gambar: koleksi pribadi)



Begitu pun dengan teman-teman komunitas blogger Gandjel Rel, saya sudah sempat melaksanakan meet up beberapa kali dan mendapat tambahan ilmu tentang blogging. Di Gandjel Rel teman-teman tidak pelit berbagi ilmu tentang kepenulisan dan blogging. Bersyukur sekali saya bisa bergabung dengan komunitas ini, karena ajakan salah satu membernya yaitu mbak Tanti. Saya mengenal mbak Tanti di komunitas fotografi yang saya ikuti beberapa tahun lalu. Terima kasih mbak Tanti karena sudah ajak saya bergabung di Gandjel Rel, terima kasih juga untuk para founder Gandjel Rel (mbak Uniek, mbak Dedew, mbak Wuri, mbak Rahmi) dan juga semua teman-teman di Gandjel Rel yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. 



Bareng komunitas Gandjel Rel
Bersama-komunitas-blogger-Gandjel-Rel
(Gambar: koleksi pribadi)




RESOLUSI TAHUN 2024

Tahun 2024 saya mempunyai beberapa tujuan yang ingin tercapai. Semua harus dimulai dari diri sendiri dan harus mempunyai tekad kuat, agar tujuan tersebut bisa tercapai.

Dalam hal ibadah, saya merasa tahun 2023 masih kurang maksimal menjalankan ibadah. Terutama tujuan saya agar khatam membaca Al Qur’an belum terlaksana. Harapannya sih, semoga tahun 2024 bisa khatam Al Qur’an. Insya Allah … Aamiin.

Dalam hal blogging, saya juga belum bisa menulis secara konsisten. Awalnya memang niat menulis blog paling tidak seminggu 2 artikel yang diposting. Akan tetapi keinginan hanyalah tinggal keinginan, target menulis blog secara rutin belum tercapai. Di tahun 2024 saya harus bertekad untuk bisa menulis blog sesuai niat awal yaitu minimal seminggu 2 artikel, syukur-syukur bisa lebih.

Selain itu saya juga berkeinginan untuk ikut beberapa kelas online dalam bidang menulis, kelas canva atau kelas-kelas lain untuk kemajuan blog dan sosial media saya. Karena sebagai blogger kita tidak hanya dituntut untuk bisa menulis, tetapi harus bisa membuat infografis yang menarik untuk artikel kita.

Selanjutnya untuk kesehatan. Saya harus lebih rajin berolah raga, menerapkan pola makan dan hidup sehat. Tujuannya agar badan selalu fit dan bugar, sehingga tetap bisa menjalankan aktivitas maupun hobby di usia saya yang sudah lansia ini.

Nah, temans itulah beberapa pencapaian saya di tahun 2023 dan beberapa resolusi di tahun 2024. Semoga saya bisa menjalankan dan mencapai tujuan di tahun 2024. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’Ala selalu memberikan kita kesehatan dan perlindungan. Aamiin Yaa Robbal Alaamiin.

 

Posting Komentar