wahyusuwarsi.com

CARA MENDAFTAR GOOGLE NEWS UNTUK BLOGGER

 

Setelah mempelajari cara memasang Google Analytics pada blog kemudian juga mempelajari cara memasang Google Search Console pada blog, kini saatnya kita belajar cara memasang Google News pada blog, karena ketiga tools ini berkaitan erat dan saling mendukung dalam dunia internet.




 

Dari blog.brandztory.com, dengan banyaknya informasi hoax yang tersebar di seluruh masyarakat Indonesia, maka kebutuhan akses informasi yang kredibel kian meningkat. Sebagai solusi memudahkan masyarakat mengakses informasi yang kredibel dalam satu platform, maka Google membuat layanan Google News.

Dengan adanya Google News merupakan cara baru bagi perusahaan maupun blogger untuk mempromosikan websitenya.

Dikatakan juga, bahwa jumlah kunjungan Google Newa pada bulan Nopember 2021 mencapai 494,1 jta pengunjung dari seluruh dunia. Hal ini mengalami kenaikan 0,28% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Ini menandakan bahwa kebutuhan masyarakat akan berita yang kredibel benar-benar meningkat.

Di bawah ini akan saya ulas pengertian mengenai Google News, manfaat Google News dan cara mendaftar Google News untuk blog.

PENGERTIAN GOOGLE NEWS

Dari revou.co Google News adalah platform berita yang dihasilkan oleh computer untuk mengagregasi berita dari berbagai sumber media di seluruh dunia. Platform ini dirancang untuk menawarkan berita yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pengguna (pembaca).

Sedangkan menurut blog.brandztory.com, pengertian Google News adalah liputan berita terbaru yang komprehensif dan dikumpulkan dari berbagai sumber di seuruh dunia. Google News dapat diakses melalui website maupun smartphone. Hasil pencarian berdasarkan keyword maupun lokasi pengguna.

MANFAAT GOOGLE NEWS

Beberapa manfaat mendaftarkan artikel di Google News adalah:

1. Agar artikel lebih cepat terindex dan dikenali google. Hal ini akan meningkatkan jumlah pengunjung organik, karena artikel yang telah terindex mempunyai kesempatan lebih besar untuk tampil di halaman depan (first page) google search. Artikel secara otomatis akan terindex dan tanpa melakukan pegaturan SEO karena adanya Google News.

2. Dengan memasang Google News juga merupakan salah satu cara iklan tanpa membutuhkan biaya. Karena dengan Google News bisa mendatangkan organic traffic (pengunjung organik dari google search).

3. Membantu menjangkau pembaca baru dan menarik pembaca berita supaya antusias ke situs kita.

4. Sebagai optimasi SEO. Berita yang tampil di Google News akan mendapat ranking atas di mesin pencari, sehingga hal ini menjadi peluang optimasi SEO.

5. Dapat mengakses informasi terkini dari berbagai sumber di seluruh dunia. Informasi itu dengan berbagai topik mulai dari teknologi, politik dan sebagainya.

6. Sebagai personalisasi konten, karena Google News mempunyai keunggulan untuk menyesuaikan tampilan berita berdasarkan minat dan kebiasaan pembaca.

7. Google News dapat menyeleksi ketat sumber berita terpercaya yang bisa tampil.

8. Dalam dunia digital marketing, sebagai analisa kompetitor. Google News digunakan untuk memantau aktifitas kompetitor dengan keyword yang tepat.

CARA MENDAFTAR GOOGLE NEWS

1. Pastikan email yang didaftarkan sama dengan email yang didaftarkan di Google Search Console.

2. Buat akun dengan membuka link berikut https://publishcenter.google.com/

3. Masuk laman Get Started With Publisher Center (untuk yang belum punya akun). Akan muncul pop up ADD A PUBLICATION.


 
add publication
add-a-publication
(gambar: koleksi pribadi)



4. Isi URLblog (misalnya https://www.wahyusuwarsi.com) pada kotak paling atas, kemudian pada kotak kedua tulis Nama (nama blog, misalnya Catatan Kecil Wahyu). Isi lokasi/home country (Indonesia), Primary language (Indonesia), tanda centang pada kotak persetujuan > klik ADD PUBLICATION.

5. Sebelumnya siapkan logo square (512x512 px atau 1000x1000 px) dan light rectangular logo (ratio 10:1) (misalnya 2000 x 200 px), tinggi tidak boleh lebih dari 200 px. Upload gambar di Publication setting > Visual Styles > upload image.

6. Masuk ke laman EXPLORE PRODUCT.

Pilih Google News > klik OPEN


explore product
explore-product
(Gambar: koleksi pribadi)
 

7. Masuk ke Google New Setting, pada bagian ini ada 3 tab yaitu General, Content and Setting, Review and Publish.

8. Masuk Google New Setting > General > Basic Information > Publication Catagory (isi dengan niche blog) > SAVE > NEXT.


publication catagory
publication-catagory
(Gambar: koleksi pribadi)

 

9. CONTENT SETTING > Section > muncul pop up ADD FEED.

10. Section title diisi nama blog (Catatan Kecil Wahyu).\

RSS diisi https://namadomain.com/feeds/posts/default?alt=rss

View accept diisi anyone > klik APPLY.



edit feed
isi-RSS
(Gambar: koleksi pribadi)



 
11. ACCESS GROUP > Create Access Group > isi group name > isi user (email) > add > save > next.

12. Pada bagian Content Setting > Section > lihat articles. Bila judul-judul artikel belum muncul klik REFRESH terus menerus hingga akan muncul judul-judul artikel. Semakin banyak judul artikel, makin lama proses refreshnya. Proses refresh bisa berjalan 1 hari sampai dengan beberapa hari atau bahkan seminggu.

 
13. REVIEW AND PUBLISH. Disini diperlihatkan apa saja yang perlu diperbaiki. Bila masih ada review > klik saja. Nantinya akan diperlihatkan hal-hal yang perlu diperbaiki.



bagianmasih ada review
bagian-yang-masih-harus-direview
(Gambar: koleksi pribadi)



 
14. Pada bagian Terms of Service > klik review > muncul pop up (isi nama, email, organize title, organization) > centang > SUBMIT.

15. Masuk kembali ke bagian Review and Publish. Bila sudah tidak ada review > klik PUBLISH.

 
publish
klik-publish-bila-proses-telah-selesai
(Gambar: koleksi pribadi)



16. Proses sudah selesai.

17. Chek di bagian Publish Center, bila masih INREVIEW itu artinya google masih melakukan peninjauan. Akan tetapi bila sudah LIVE itu artinya Publication sudah siap membagikan artikel-artikel yang sudah terindex di blog.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para blogger baik yang masih pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging.


Referensi:

Video tutorial Blogspedia Coaching batch 4

https://revou.co/kosakata/google-news#:~:text=itu%20Google%20News%3F-,Google%20News%20adalah%20platform%20berita%20yang%20dihasilkan%20oleh%20komputer%20untuk,minat%20dan%20kebutuhan%20informasi%20audiens.

https://blog.brandztory.com/manfaat-google-news-cara-baru-branding-perusahaan/

https://www.blogspedia.my.id/cara-mendaftar-google-news-untuk-blogspot/
 

 

6 komentar

  1. Alhamdulillah publish juga bu walau masih in review

    BalasHapus
  2. Setelah dipraktikkan tinggal menunggu hasil review Google ya, Bun. Semoga nanti lolos jadi status "Live"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Google News brandingnya platform berita yang kredibel ya Bu, jadi tambah ketar-ketir

      Hapus
  3. Semangat terus berkarya ya Buu.. artikelnya bermanfaat sekali :)

    BalasHapus