wahyusuwarsi.com

CARA PASANG GOOGLE ANALYTICS TERBARU (GA 4) UNTUK PEMULA

 

Dengan makin berkembangnya teknologi, maka semakin berkembang juga aplikasi atau tools yang memudahkan dan membantu bagi pengguna. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu dan melancarkan pekerjaaan serta tugas-tugas pengguna dimanapun itu, misalnya di kantor, di kampus atau bahkan di rumah.



UNIVERSAL ANALYTICS DAN GOOGLE ANALYTICS 4

Saat ini telah dirilis tools baru yaitu Google Analytics 4 menggantikan Universal Analytics sejak 1 Juli 2023. Pada GA versi lama, kode tracking property adalah UA. Sedangkan pada GA versi baru, kode trackingnya diawali huruf G. Satu akun GA bisa membawahi banyak property.

Menurut Wikipedia, Google Analytics adalah layanan gratis dari google yang menampilkan statistic pengunjung sebuah situs web.


Pada blog, Google Analytics gunanya adalah untuk melihat jumlah pengunjung atau page view pada blog. Memang sebenarnya bisa melihat page view dari dashboard blog, akan tetapi Google Analytics dianggap lebih valid daripada jumlah view yang muncul di dashboard.

GA 4 digunakan oleh para praktisi digital marketing untuk pekerjaan sehari-hari, memahami perilaku konsumen lebih mendalam, membuat path analysis, membuat predictive model untuk conversation rate optimization, melacak engaged decission (anotherorion.net).

Materi Blogspedia Coaching 4, berdasarkan press rilis resmi dari Google, GA 4 dianggap sebagai alat dukungan pemasaran yang wajib diinstal oleh para pebisnis, khususnya yang memiliki situs dan aplikasi. Fitur-fitur GA 4 lebih banyak berhubungan dengan pemasaran.

Dari anotherorion.net, ada perbedaan atara GA 4 dan UA. Jika UA kita hanya memasang kode dan semua bisa jalan, selain itu UA juga menyajikan laporan yang sangat lengkap. Pada GA 4 hanya menyajikan laporan yang sesuai dengan kebutuhan kita, GA 4 juga berbasis event tracking.

Nah, pada materi bonus Blogspedia Coacing 4 ini diajarkan bagaimana cara pasang Google Analytics terbaru yaitu GA 4.

CARA MEMASANG GOOGLE ANALYTICS (GA 4)

Cara memasang Google Analytics GA 4 ini ada 5 tahap yaitu:
  • Account Creation
  • Property Creation
  • Business Creation
  • Bussines Objection
  • Data Collection
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke analytics.google.com

2. Pada layar akan tampak tampilan Welcome to Google Analytics. Klik pada kotak biru (di bawah) yang tertulis “start measuring” (mulai mengukur). Bagi yang belum punya akun, masuklah dengan akun Gmail.


tampilan awal GA
tampilan-welcome-to-google-analytics
(Gambar: Blogspedia Coaching 4)

 

3. Buat akun GA dengan nama kita atau nama blog kita. Pilih informasi terkait GA via email, lalu klik Next.

4. Buat nama property pada menu Create a property ( 1 akun GA bisa membawahi banyak property), klik next. Tampak tulisan “show advance options” (abaikan saja, karena nanti per 1 Juli 2024 tidak akan dipakai lagi untuk UA).
 

buat akun
buat-akun-dengan-nama-blog
(Gambar: Blogspedia Coaching 4)



5. Bussines Detail, diisi sesuai niche blog. Kemudian Bussines Size diisi Small, lalu klik Next.

6. Pada tahap Bussines Objective, pilih Generate Leads dan Raise Brand Awareness (pada blogger untuk melihat pageviews). Kemudian klik create.

7. Selanjutnya adalah tampilan Google Analytics Terms Service Agreement. Pilih Negara Indonesia lalu klik I Accept.

8. Pada Data Collection pilih web lalu masukkan web kita. Isi stream name (bebas), lalu klik create stream.

9. Measurement ID adalah ID pemasangan GTM (Google Tag Manager). Copy kan ID ini ke notepad.


10. Buka halaman Installation Instructions. Disini ada 2 macam pemasangan GTM (Google Tag Manager) yaitu “Install with a website builder or CTL” dan “Install manually” (untuk blogspot pilih yang ini).

11. Sebelumnya masuk ke blogspot pada menu Thema, lalu klik customize, klik edit html kemudian pasang (paste) after <head>. Jangan lupa backup dulu kode html sebelumnya (download). Sebagai catatan sebelumnya kode html harus diparsing lebih dulu agar tidak error bila di save.

12. Copy kode html kemudian masuk ke Parsing Tool (https://www.deevacollection.com/p/parsing-tools.html). Lalu kode html diparsing (parse code) kemudian copy, pasang di after <head> kemudian paste.

Catatan: untuk mencari <head>, klik ctrl F letakkan kursor pada area html lalu search <head> kemudian ENTER, Pasang (paste) kode html yang telah diparsing tadi, lalu klik SAVE.

13. Kembali ke HOME/halaman (masih di GTM) “Get Tagging Instruction.” Data-data tersebut akan terlihat setelah 1 x 24 jam.

14. Selanjutnya adalah cara memasang kode html dengan GTM (Google Tag Manager). Kembali ke proses awal. Masuk ke Tag Manager.google (www.tagmanager.google.com/#/html). Kemudian create account.

15. Tulis account name, tulis negara (Indonesia), isi container name (isi dengan website kita), target platform (pilih web) lalu create.

16. Google Tag Manager of Agreement, centang Accept, klik YES pada kanan atas.

17. Memasang kode GTM ke template blogspot kita ada 2 yaitu <head> dan <body>. Caranya sama dengan yang di atas yaitu diparsing dulu kemudian di copy ke html blogspot kemudian SAVE.

18. Tahap lanjutan, masih di GTM, Create New Tag (buat tag baru) kemudian add new tag.

19. Buat judul (tag configuration), choose Tag Type, masuk ke GA lalu ke Google Tag. ID diambil dari GA kita yang sudah kita simpan (di notepad tadi), lalu SAVE.

20. Pilih Add Triger, klik All Page, lalu SAVE.

21. Cek apakah GA sudah konek dengan blog. Caranya, masuk ke bagian atas (Preview). Kemudian masuk ke Google Tag assistant, masukkan alamat blog kita lalu pilih Connect. Tag Assistant Connected pada tampilan blog biarkan aktif.


 
22. Masuk ke halaman GA, masuk ke menu admin (bagian bawah ada tanda setting), klik data display, klik debug view.

23. Waiting for debug event adalah untuk mengecek apakah debug view berjalan atau tidak. Caranya adalah masuk ke Tag Assistant, lalu klik salah satu icon di atas (misal home). Kalau sudah berjalan artinya GA sudah terhubung (konek) dengan blog kita. Klik finish, Tag Assistant di close.


GA 4 connect dengan blog
GA 4-sudah-connect-dengan-blog
(Gambar: tutorial coach Sugianto)

 
24. Masuk ke GTM lagi, kemudian SUBMIT (pojok kanan atas), isi version name, PUBLISH.

CARA MEMBACA JUMLAH PAGEVIEW PADA GA4

Berikut ini adalah cara membaca jumlah pageview pada Google Analytics 4, bila ingin melihat laporan untuk semua artikel:

1. Masuk ke GA

2. Pilih reports

3. Raise Brand Awareness

4. Page and Screen (page path and screen class)


laporan semua artikel
laporan-semua-artikel-pada-blog
(Gambar: Tutorial coach Sugianto)

 
Bila ingin melihat laporan untuk 1 artikel, caranya adalah:

1. Pilih periode waktu (disini ada pilihan periode 1 bulan, 1 minggu danlain-lain), kemudian klik APPLY.

2. Klik tanda pensil untuk membuat Customized Report.

3. Kemudian Add Filter

4. Select dimension, pilih yang Page path and screen class.

5. Match Type, pilih Exactly matches.

6. Value, pilih artikel yang dicari laporannya.

7. Kemudian Apply.

8. Save As New Report.

9. Beri nama pada artikel yang disimpan. Report name (diisi link artikel yang ingin dilihat atau dicari). Untuk deskripsi boleh diisi atau tidak.

10. SAVE, kemudian Back untuk download laporan.

11. Masuk menu SHARE, lalu UNDUH dalam bentuk Pdf.


laporan satu artikel
laporan-pada-artikel-yang-dicari
(Gambar: Tutorial coach Sugianto)

 

Nah, demikianlah artikel saya tentang cara memasang Google Analytics GA 4, yang saat ini sedang dipelajari di Blogspedia Coaching 4 sebagai materi bonus. Semoga bermanfaat untuk pembaca.


Referensi:

 https://www.anotherorion.net/2022/05/cara-memasang-ga4-di-blogspot.html
 https://www.deevacollection.com/2023/08/cara-memasang-google-analytics-ga-4.html
 https://www.blogspedia.my.id/google-analytics/

 

 

1 komentar

  1. Waah...lengkap banget bu. Sampai cara baca jumlah PV ada juga.. Bisa saya praktekkan nih.

    BalasHapus