wahyusuwarsi.com

IBU RUMAH TANGGA TAPI TETAP NGEBLOG


Tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional. Di hari itu, banyak komunitas blogger merayakannya dengan berbagai cara, utamanya adalah lomba menulis blog dengan tema yang berbeda-beda di tiap komunitas. Tidak ketinggalan di komunitas Gandjel Rel pun juga mengadakan lomba menulis blog dalam rangka Hari Blogger Nasional.

Sebagai ibu rumah tangga yang adalah blogger pemula, saya juga ingin berpartisipasi meramaikan lomba ini. Ya, walaupun mungkin belum menang tapi setidaknya ikut menulis sambil berlatih mengikuti lomba blog.

 



BERKENALAN DENGAN NGEBLOG

Berawal dari mengikuti sebuah kelas menulis online pada tahun 2021, tepatnya bulan Desember. Saat itu sedang pandemi dan menjamur kelas menulis online. Saya mendaftar di salah satu kelas menulis online yang saat itu membahas tentang Cara Belajar Membuat Blog Dari Dasar. Dari sinilah awal mula saya mulai belajar menulis dan membuat blog gratisan di blogspot.

Tetapi di sela-sela belajar ngeblog saya juga semat mengikuti beberapa challenge menulis yang diadakan beberapa komunitas online. Bahkan saya sempat membuat buku antologi fiksi dan kisah inspiratif yang saat ini sudah berjumlah 12 buku, dan beberapa sedang dalam proses cetak.


antologi cernak
antologi-cerita-anak
(Gambar: koleksi pribadi)


antologi songfic
antologi-songfic
(Gambar: koleksi pribadi)



Kemudian seorang teman komunitas fotografi yaitu mbak Tanti, mengajak saya untuk bergabung di sebuah komunitas blogger Semarang. Namanya Gandjel Rel, yang punya tagline Ngeblog Ben Rak Ngganjel. Di Gandjel Rel ini saya banyak belajar tentang dunia blogging. Foundernya dan teman-teman disini juga tidak pelit berbagi ilmu. Mbak Unik, Mbak Rahmi, Mbak Dedew, Mbak Wuri, Mbak Nia dan yang lainnya mereka adalah orang-orang yang sudah malang melintang di dunia blog dan mereka adalah blogger-blogger yang handal dan tulisannya sangat keren.

Gandjel Rel sering mengadakan meet up dan sharing tentang dunia literasi. Dari sinilah saya bisa mendapat tambahan ilmu dan pengetahuan tentang kepenulisan terutama blogging. Karena saat meet up biasanya ada salah satu member Gandjel Rel yang berbagi pengalaman menulis mereka.

Bahkan tak jarang Gandjel Rel juga mendapat undangan nobar film di cinema, work shop , atau peresmian sebuah perumahan dan masih banyak lagi event yang lain.

Nobar
nobar-film-catatan-si-boy
(Gambar: koleksi pribadi)


Di sela-sela kesibukan saya dengan tugas domestik rumah tangga, kadang saya masih menyempatkan diri untuk ngeblog namun tidak konsisten. Kadang ngeblog, kadang kalau sedang repot malah tidak sempat update blog. Mudah-mudahan blognya nggak jadi sarang laba-laba ya. Justru yang susah adalah bagaimana caranya agar saya bisa konsisten nulis di blog, paling tidak seminggu sekali. Nah, di Gandjel Rel ini kebetulan juga diadakan challenge menulis One Week One Post. Lumayanlah karena adanya challenge ini, mau tidak mau harus update blog seminggu sekali.
 

BERGABUNG DENGAN BLOGSPEDIA COACHING 4

Bulan Juli 2023 lalu saya mulai bergabung dengan kelas Blogspedia Coaching yang digawangi oleh mbak Marita Ningtyas, beliau salah satu teman di Gandjel Rel juga. Di kelas ini saya benar-benar digembleng dengan tugas-tugas yang benar-benar menguras tenaga dan pikiran. Terutama saat tugas memasang domain dan memasang template dari pihak ketiga. Rasanya sudah hampir nangis saja. Lha gimana nggak nangis, template belum terpasang sementara deadline ngumpulin tugas hanya diberi waktu 2 hari saja. Kalau ingat hal itu rasanya ya malu, ya geli hehehe.

Tetapi setelah 3 bulan kelas ini berakhir, rasanya puas melihat tampilan blog saya yang lebih manis dan cantik dari blog awal. Kebayang nggak sih, saya yang biasa dasteran dan pegang ulegan atau wajan, harus belajar teknologi seperti coding-coding dan kode html. Tapi bagi saya, hal ini jadi pengalaman baru yang menarik dan menyenangkan tentunya.

Saat graduation peserta Blogspedia Coaching batch 4 ini saya dinyatakan lulus beserta 30 peserta yang lain dan mendapat predikat “Peserta Terpantang Menyerah.” Mungkin karena di kelas ini saya adalah peserta yang paling tua ya (lansia otw 60). Seperti juga di Ganjel Rel, di kelas Blogspedia Coaching saya juga menemukan teman-teman yang saling bantu satu sama lain, dan enak diajak berdiskusi. Mereka juga telaten mengajari dan menjawab pertanyaan seputar materi yang belum saya pahami.

BIG WHY NGEBLOG

Bila ditanya Big Why Ngeblog atau alasan terkuat saya untuk ngeblog, saya akan jawab bahwa awalnya saya belajar ngeblog dan menulis adalah supaya kerja otak maksimal sehingga tidak pikun. Maklum di usia saya yang otw 60 ini, saya butuh aktivitas yang bisa membuat saya lebih berkembang dan memotivasi diri. Dengan menulis, mau tidak mau saya harus banyak membaca untuk mencari ide tulisan. Mulai konsisten nulis ya sejak ikut komunitas Gandjel Rel dan kelas Blogspedia Coaching.

Di saat 2 orang anak saya sudah menjelang dewasa dan mereka punya kesibukan sendiri, saya juga nggak mau hanya duduk diam tanpa berkegiatan di rumah. Selain menulis, kegiatan yang jadi hiburan bagi saya adalah berkebun dan bercocok tanam. Rasanya puas melihat tanaman-tanaman yang saya tanam tumbuh subur. Begitupun dengan ngeblog, rasanya plong dan puas bila saya berhasil menuangkan suatu ide di kepala melalui tulisan di blog.

Waktu menulis yang paling tenang dan nyaman adalah pagi hari, tentu saja setelah pekerjaan domestik selesai. Karena pada saat itu suami dan anak-anak berkegiatan di luar rumah, sementara saya lebih banyak punya waktu luang di rumah. Kadang-kadang bila ada jadwal berkegiatan sosial, saya alihkan waktu menulis di malam hari. Paling tidak seminggu sekali saya harus update tulisan di blog, agar blog nya nggak jadi sarang laba-laba, kata mbak Marita Ningtyas.

MANFAAT NGEBLOG

Ngeblog bagi saya mempuyai beberapa manfaat yaitu:

1. Meningkatkan ketrampilan menulis, bagi blogger pemula seperti saya.

2. Memaksimalkan kerja otak agar tidak pikun di usia saya yang OTW 60 tahun.

3. Menambah wawasan dan pengetahuan di dunia literasi dan ngeblog.

4. Menambah pengalaman.

5. Menambah teman-teman yang mempunyai hobi sama.

6. Ke depannya tidak menutup kemungkinan untuk menambah penghasilan dari ngeblog.

Tentunya masih banyak yang harus saya pelajari di dunia blog ini, karena saya masih blogger pemula. Semoga ke depannya saya bisa mengejar ketinggalan di dunia blogging dan tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang yang membaca.

17 komentar

  1. Mantab....semangat ... barokallah

    BalasHapus
  2. Semoga makin semangat ngeblognya dan terus nambah ilmu biar blognya makin kece...

    BalasHapus
  3. Halo, Mbak Wahyu. Semangat ngeblog ya, Mbak. Tampilan blognya cakep nih, Mbak. Konsisten ngeblog itu memang kunci supaya tetap aktif ngeblog ya, Mbak.

    BalasHapus
  4. masyaAllah... semangat terus, Bu.
    one week one post memang membantu banget buat konsisten update blog

    BalasHapus
  5. Memang harus konsisten dan menyemangati diri sendiri mbak, apalagi sudah lansia gini.

    BalasHapus
  6. Semangat mba semoga bermanfaat dan berkah yaa ngeblognya aamiin

    BalasHapus
  7. MasyaAllah keren semangatnya Mbaa. Aku harus belajar padamu soal konsistensi inii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu member Gandjel Rel yg memotivasi saya, salah satunya ya mbak Rahmi.
      Mudah2an dapat kesempatan belajar nulis novel (ikut kelasnya mb Rahmi).

      Hapus
  8. Semangatnya salut mbak. Berprosesnya cepat dan keren tulisan2nya mbak. Di IG juga post tentang blog terus ya, semoga kapan2 bisa metap ya, salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe biar ngg pikun mbak, menolak tua ni ceritanya.

      Hapus
  9. Angkat 2 👍 untuk mba Yayuk!! Semangatmu itu lho mbaa... kereeen... Semoga semangat selalu ya mbaa...

    BalasHapus
  10. Salut untuk semangat ngeblog Mbak Yayuk, mulai aktif ngeblog di saat sudah hampir kepala 6. Betul banget mbak, tidak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu, termasuk mulai ngeblog ya mbak, Yang penting tekad untuk menulis kuat dan segera dilakukan, bukan hanya wacana sajaa... Mbak Yayuk keren.

    BalasHapus