wahyusuwarsi.com

PC DESKTOP ASUS S500MA, MEMENUHI KEBUTUHAN KOMPUTASI KELUARGA MODERN

 

ASUS S500MA
pc- desktop - asus - s500ma
(Gambar: www.asus.com)


Sebagai penulis pemula dan saat ini mulai belajar dunia blog, tentunya saya sangat membutuhkan sarana yang bisa menunjang kegiatan baru saya ini. Ya memang saat ini sudah ada laptop yang dulunya dipakai anak bungsu sewaktu SMA, atau bahasa halusnya adalah lungsuran dari anak saya yang bungsu. Laptop lama ini produk ASUS juga, namun karena mungkin umurnya sudah lebih dari 5-6 tahun dan tiap hari rutin dipakai, rasanya sudah nggak bisa bekerja maksimal. Kalau orang bilang sih sudah terengah-engah atau ngos-ngosan. Kadang-kadang bila sedang saya pakai untuk nulis atau mendesain gambar di canva atau aplikasi lain, tiba-tiba ngelag atau hang. Kondisi keyboard juga sudah mulai tidak nyaman untuk mengetik. Bahkan charger juga harus selalu tertancap di listrik karena battery laptop sudah tidak mampu menyimpan daya yang lebih lama.

Namun saya berpikir ada baiknya juga bila kami mempunyai Personal Computer yang bisa dipakai bersama-sama sekeluarga, sehingga mendekatkan bonding di antara semua anggota keluarga yaitu saya, suami dan kedua anak kami yang sudah mulai remaja. Entah itu untuk ngegame bareng, atau nonton film bareng di ruang keluarga. Karena memang saat ini susah sekali diantara kami berempat untuk melakukan kegiatan bersama, disebabkan kesibukan masing-masing. Tak lupa juga tentunya agar saya juga bisa menulis di PC dengan layar yang lebar, bila nanti kami sudah membeli pengganti laptop yang lama.


PERBEDAAN PC DESKTOP DAN LAPTOP

Mengapa saya memilih PC Desktop dan bukan laptop? Nah, disini saya akan menuliskan apa sih perbedaan PC Desktop dan laptop. Juga alasan kenapa saya lebih memilih desktop dibandingkan dengan laptop.

Dari informasi yang saya dapatkan, laptop adalah komputer portable yang bisa dibawa kemana-mana dan lebih ringkas. Semua komponen yang diperlukan terletak dalam satu perangkat. Sedangkan PC Desktop merupakan computer stasioner yang diletakkan di atas meja atau permukaan datar lainnya.

PC Desktop mempunyai kinerja yang kuat, bisa diupgrade sesuai kebutuhan, ruang penyimpanan lebih luas, layar lebih besar, harga lebih terjangkau, dan bisa dipakai berjam-jam untuk bekerja maupun main game, sehingga pemakai lebih puas.

Biasanya PC Desktop banyak digunakan di kantor-kantor, sekolah dan perusahaan, bahkan ada juga yang menggunakan PC Desktop di rumah. PC Desktop dapat memenuhi kebutuhan pengguna yaitu dalam pemrosesan data, surfing internet, menulis, untuk permainan (ngegame), dan menonton film bersama.


BEBERAPA PENGHARGAAN UNTUK ASUS

Dari dulu hingga saat ini, suami saya selalu memilih ASUS untuk pembelian laptop maupun PC Desktop, untuk memenuhi kebutuhan komputasi keluarga kami. Mengapa demikian? Ya, karena keluarga kami sudah sangat percaya pada kualitas produk ASUS yang tak diragukan lagi. Penghargaan-penghargaan yang pernah diterima ASUS adalah:

  • Sejak tahun 2013 ASUS sukses menjadi pemimpin pasar consumer notebook.
  • Selama 6 tahun sejak 2015, ASUS sukses memimpin di pasar gaming lewat laptopnya yaitu seri ASUS ROG.
  • Di tahun 2022 ASUS meraih top of mind untuk kategori laptop di Indonesia dari Top Brand Award.
  • ASUS masuk ke dalam salah satu perusahaan dalam daftar Fortune’s World’s Most Admired Companies tahun 2022.
  • ASUS menerima 20 penghargaan dari CES Innovation Awards pada awal tahun 2022.
  • ASUS Desktop S500 memenangkan penghargaan pada Taiwan Excellence Award, a world-renowned design award di tahun 2022.
  • Tahun 2023 mendapat penghargaan sebagai TOP BRAND, dimana ASUS meraih nilai TBI (Top Brand Index) sebesar 24,4 % dan menempatkannya pada posisi pertama sebagai merek laptop pilihan masyarakat Indonesia.
  • ASUS meraih Multiple Best Choice Awards di Gelaran Computex tahun 2023.


BERKENALAN DENGAN PC DESKTOP ASUS S500MA

Nah, ini yang saya tunggu-tunggu. Akhirnya saya berkenalan dengan PC Desktop ASUS S500MA yang direkomendasikan sebagai PC Desktop terbaik di Indonesia, dan bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi keluarga modern. Yuk kita simak spesifikasinya.


SPESIFIKASI PC DESKTOP ASUS S500MA



Model

S500MA

Color

Black

Operating System

Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Processor

Intel® Pentium® G6400 Processor

4.0 GHz (4M Cache)

Intel® Core ™ i3-10100 Processor 3.6 GHz

(6M Cache, up to 4.3 GHz)

Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz

(12M Cache, up to 4.3 GHz)

Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz

(16M Cache, up to 4.7 GHz)

Chipset

 Intel® H410 Chipset

Graphics

NVIDIA® GeForce® GT 710 2GB

DDR5: 1 x DVI, 1 x D-SUB, 1 x HDMI

Memory

2xDDR4 U-DIMM slot, 4 GB DDR4

U-DIMM, memory max up to: 64 GB

2xDDR4 U-DIMM slot, 8 GB DDR4

U-DIMM, memory max up to: 64 GB

SATA

3 x SATA 6.0 Gb/s ports

Storage

1TB SATA 7200RPM 3.5” HDD

Optical drive (optional)

Without optical drive

Front I/O Ports

1 x Headphone

1 x 3.5 mm combo audio jack

4 x USB 3.2 Gen 1 Type-A

Rear I/O Ports

1 x RJ 45 Gigabit Ethernet

1 x HDMI 1.4

1 x VGA Port

1 x Display port 1.2

2 x PS 2

3 x Audio jacks

4 x USB 2.0 Type-A

Expansion Slots

1 x PCle® 3.0 x 16

2 x PCle® 3.0 x 1

1 x PCl®

1 x M.2 connector for Wifi

2 x M.2 connector for storage

2 x DDR4 U-DIMM Slot

Audio

High Definition 7.1 Channel Audio

Network and communication

Wi-Fi 5 (802.11ac) (Dual Band) 2*2

+ Bluetooth® 5.0 Wireless Card

Power Supply

180W power supply (80+Bronze, peak 228W)

300W power supply (80+Platinum, peak 390W)

Weight

6.00 kg (13,23 lbs)

Dimensions (WxDxH)

16.20 x 29.13 x 35.50 cm

(6.38” x 11.47” x 13.98”)

Microsoft office

1-

month trial for new Microsoft 365 customers, Credit card required

Security

BIOS Booting User Password Protection

HDD User Password Protection and Security

Kensington Security Slot™

McAfee Live Safe™ 30-day trial

Trusted Platform Module (Firmware TPM)

Included in the Box (optional)

Wire optical mouse

Wired keyboard

 


Dengan tag line “Work and Play, Empowered” serta spesifikasi yang canggih, warna dan performa yang elegan, semakin menambah keyakinan kami untuk memilih PC Desktop ASUS S500MA, sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan komputasi bagi keluarga modern.


PROCESSOR INTEL

PC Desktop ASUS S500MA dilengkapi Processor Intel dari Pentium G6400 core i3, core i5, hingga core i7 generasi terbaru. Ini adalah salah satu keunggulan dari PC Desktop ASUS S500 MA.

Suami saya yang sering membawa pekerjaan kantor ke rumah, sangat terbantu oleh adanya Processor Intel dengan spesifikasi tersebut. Karena ini sangat membantu memudahkan dan mempercepat tugas-tugas kantor yang berhubungan dengan pengolahan data, menulis laporan maupun tugas komputasi yang lain.

Ya, karena memang PC Desktop ASUS S500MA ini dipersiapkan untuk tugas-tugas komputasi harian (menulis laporan, browsing internet ataupun bermain game bareng keluarga) dengan kecepatan luar biasa, sehingga membantu kinerja lebih cepat.


SISTEM OPERASI

PC Desktop ASUS S500MA sangat fleksibel dijalankan untuk sistem operasi Windows 10 atau Windows 11.


MEMORY RAM YANG BESAR

Memory RAM dilengkapi dengan 8 GB dan 16 GB memory DDR4, yang dapat ditingkatkan hingga 64 GB.

Hal ini berpengaruh pada penyimpanan file dan mudahnya mengakses file. Kita dapat menyimpan file data, file foto, file film favorit keluarga, file musik dan bahkan file game favorit. Dengan adanya memory yang besar, akan memudahkan dan mempercepat kita untuk mengakses file-file tersebut.


PENYIMPANAN DENGAN KAPASITAS TINGGI

Ada beberapa pilihan penyimpanan pada PC Desktop ASUS S500MA, yaitu SSD hingga 1TB dan HDD hingga 2 TB. Dengan SSD akan mempercepat booting dan loading. Sedangkan HDD mempunyai ruang penyimpanan yang besar untuk file-file kita.

Storage 1 TB SATA 7200 RPM 3.5” adalah hard drive dengan kapasitas penyimpanan tinggi untuk file-file kita, sehingga memungkinkan kita mengakses file dengan kecepatan tinggi atau dalam hitungan detik. File yang dapat disimpan meliputi file data, file foto, musik dan film (multimedia).


GRAFIS CARD DAN VISUAL YANG SANGAT NYATA

PC Desktop ASUS S500MA dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GT 710, yang dapat meningkatkan visual untuk foto dan video (film). Artinya fasillitas ini mendukung kebutuhan hiburan keluarga.

Dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GT 710, gambar menjadi lebih cerah, lebih detail dan tajam. Grafis NVIDIA GeForce GT 710 ini sangat mendukung tampilan 4K UHD dengan resolusi 3.840 x 2.160 pixel, yaitu 4x lebih banyak dari Full HD.

Bersama keluarga kita bisa menikmati nonton bareng film favorit. Wah, si sulung dan saya yang penggemar drakor jadi betah duduk berlama-lama nonton nih, sambil menikmati wajah-wajah ganteng pemainnya … hehehe. Sementara suami dan si bungsu bisa main game bareng di saat hari libur, tanpa khawatir ngelag.

Selain nonton film bareng, bisa juga membuka-buka koleksi foto-foto keluarga bila ingin bernostalgia. Bahkan untuk edit videopun juga bisa. Tak ketinggalan sayapun bisa ngeblog dan nulis dengan lancar tanpa harus tiap kali memicingkan mata karena buram, maklumlah mata saya sudah disambung dengan tambahan kacamata plus 2. Karena dengan adanya grafis card ini, huruf-hurufnya sangat jelas bahkan untuk teks terkecil sekalipun.



Visual 4K uhd
visual-4K-uhd-yang-menakjubkan
(Gambar: www.asus.com)




Visual yang tajam dan jernih
visual-yang-sangat-nyata
(Gambar: www.asus.com)



KONEKTIVITAS YANG LUAS

PC Desktop ASUS S500MA mempunyai 8 ports USB yaitu 4 ports USB 3.2 Gen 1 Type-A yang dipasang di depan (Front I/O Ports) dan 4 ports USB 3.0 Type-A yang dipasang di belakang (Rear I/O Ports).

8 ports tersebut termasuk USB, port VGA, Display ports, HDMI, audio dan lainnya yang memudahkan kita menghubungkan dengan berbagai jenis perangkat eksternal, memudahkan mentransfer file, dan memudahkan akses ke internet melalui konektivitas Wi-Fi.



konektivitas yang luas
konektivitas-yang-luas
(Gambar: www.asus.com)


SISTEM AUDIO

Sistem audio pada PC Desktop ASUS S500MA dirancang dengan kualitas tinggi, yang dilengkapi dengan audio ASUS SonicMaster.

SonicMaster adalah kombinasi teknologi audio-hardware dan software yang berfokus pada reproduksi suara seperti aslinya tanpa mendongkrak frekuensi-frekuensi tertentu. Jadi apapun yang didengarkan dengan SonicMaster sama persis dengan apa yang direkam, dan bukan hasil rekayasa software.

Wah, bisa dibayangkan pastinya suara yang dihasilkan sangat kuat dan jernih dengan volume yang powerfull.


KEAMANAN DATA

Untuk mengamankan data, PC Desktop ASUS S500MA dilengkapi dengan fitur keamanan dengan kata sandi BIOS, Slot Kensington dan TPM Firmware (Trusted Platform Module). Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan perlindungan berlapis bagi data kita.


DIMENSI DAN BERAT

Berat PC Desktop S500MA adalah 6 kg atau setara dengan 13,23 lbs. Dimensinya adalah 16.20 x 29.13 x 35.50 cm (6.38” x 11,47” x 13,98”).


CATU DAYA

Catu daya bersertifikat (power supply) yaitu:

180 W power supply (80+ Bronze, peak 228 W) dan 300 W power supply (80+ Platinum, peak 390 W).

Catu daya Platinum 80 plus® mempunyai efisiensi tinggi. Dilengkapi dengan kapasitas kelas atas untuk daya tahan maksimum, sehingga PC Desktop ASUS S500MA mampu menghasilkan daya dengan efisiensi hingga 92 %. Panas yang dihasilkan lebih sedikit, sehingga lebih hemat energi dan menurunkan biaya operasional jangka panjang.



catu daya bersertifikat dengan efisiensi tinggi
catu-daya-dengan-efisiensi-tinggi
(Gambar: www.asus.com)


DESAIN ELEGAN

Desain elegan dengan warna hitam (black), dengan bentuk casing yang ramping dan modern sehingga bisa ditempatkan di ruangan manapun. Namun, bagi saya lebih cocok bila diletakkan di ruang keluarga, dimana kami biasa berkumpul bersama. Bentuknya secara visual sangat menarik, sehingga tak salah jika pilihan jatuh pada PC Desktop ASUS S500MA.



Desain elegan, colour black
desain-elegan
(Gambar: www.asus.com)



PENUTUP

Nah, temans itulah ulasan saya tentang PC Desktop ASUS S500MA, computer untuk memenuhi kebutuhan komputasi keluarga modern. Bagaimana temans, tertarik? Yuk, buruan beli PC Desktop ASUS S500MA, ditanggung puas dan nggak bakalan kecewa.

Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca.


Referensi:

  1. https://www.asus.com/id/displays-desktops/tower-pcs/everyday-use/asus-s500ma/
  2. https://inet.detik.com/business/d-6012338/asus-beberkan-pencapaian-di-indonesia-hingga-tahun-2022-apa-saja
  3. https://teknologi.info/2612213/rekomendasi-pc-desktop-terbaik-di-indonesia/
  4. https://www.rabidhcell.com/ulasan-pc-desktop-s500ma-pilihan-terbaik-untuk-tugas-apapun
  5. https://bloggerborneo.com/rekomendasi-pc-desktop-terbaik-di-indonesia/
  6. https://www.asus.com/id/news/ztyyzmebyzdymrcg/

 

Posting Komentar