wahyusuwarsi.com

FILM CATATAN SI BOY VERSI GENERASI MASA KINI

 

Film ini sebenarnya sudah tayang tanggal 17 Agustus 2023 lalu, tapi baru sekarang saya sempat menulis reviewnya. Kebetulan tanggal 11 Agustus 2023 saya mendapat undangan di acara Meet and Greet with cast “Catatan si Boy” bersama dengan komunitas blogger Gandjel Rel, vlogger dan influencer. Penyelenggara acara itu adalah The Park XXI yang ada di The Park Mall Semarang.

MEET AND GREET WITH CAST “CATATAN SI BOY”

Meet and Greet with Cast diadakan di The Park Mall Semarang, berlangsung di hall utama lantai dasar. Kali ini pihak The Park Mall menggunakan hall utama di lantai dasar untuk menggelar acara ini. Di depan tampak panggung dengan backdrop dan berderet beberapa kursi (untuk para artis). Sedangkan kursi-kursi pengunjung sudah tertata dengan rapi, bahkan sebagian kursi sudah terisi penuh remaja-remaja setingkat SMP hingga mahasiswa.

Acara berjalan meriah dan penonton sangat antusias. Tentu saja karena artis-artis pemeran utama film ini dihadirkan disini. Penontonpun diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan para artis. Sebagian besar undangan adalah remaja-remaja seusia SMP, SMA dan mahasiswa. Ada juga komunitas blogger, vlogger, komunitas momfluencer, komunitas penggemar film dan beberapa influencer yang hadir.



Meet and Greet with cast
Meet-and-Greet-With-Cast-Catatan-Si-Boy
(Gambar: koleksi pribadi)


 
para artis di dalam gedung bioskop
Para-artis-di-dalam gedung-bioskop
(Gambar: koleksi pribadi)


Sebenarnya film ini sudah bukan era jaman seusia saya, terbukti bahwa saya kurang mengenal artis-artis muda yang ditampilkan. Tidak seperti remaja-remaja yang hadir disana, yang begitu antusias dan histeris menyambut artis-artis pemeran film Catatan Si Boy. Terutama artis pemeran utama Angga Yunanda yang cakep dan berbakat, dengan penampilan anak muda masa kini. Artis-artis yang lainpun juga turut dihadirkan disini yaitu Syifa Hadju, Alyssa Daguise, Rebecca Klopper, Elmand dan Michael Olindo. Ya, dulu saya juga sempat mengalami hal-hal seperti mereka, mengidolakan artis papan atas di jamannya.

 
Nobar Gandjel Rel
Nobar-komunitas-blogger-Gandjel-Rel
(Gambar: koleksi pribadi)


Lucu juga ya, melihat remaja-remaja itu berlari-lari ke gedung sinema di lantai atas, untuk mengejar para idolanya yang mulai memasuki gedung bioskop. Saat kami sudah masuk ke gedung bioskop pun, artis-artis tersebut turut memasuki gedung sambil memberikan sedikit kata-kata pembuka sebelum film diputar.


PROFIL FILM CATATAN SI BOY

Film Catatan Si Boy tahun 2023 ini adalah remake dari film Catatan Si Boy tahun 1987 yang pada waktu itu disutradarai oleh Nasri Cheppy, dengan bintang-bintang pemeran utama adalah Onky Alexander sebagai Boy, Nuke diperankan oleh Ayu Azhari dan Vera diperankan oleh Meriam Bellina.

Berikut ini adalah profil film Catatan Si Boy yang diproduksi tahun 2023:

Diproduksi oleh: MD Pictures, bersama dengan MVP Pictures dan Dapur Film.

Genre: drama remaja

Produser: Manoj Punjabi

Sutradara: Hanung Bramantyo

Penulis skenario: Upi Avianto dan alm. Didi Petet

Durasi: 126 menit

Tanggal penayangan: 17 Agustus 2023

Pemeran film:

  •  Angga Yunanda sebagai Boy
  •  Syifa Hadju sebagai Nuke
  •  Alyssa Daguise sebagai Vera
  •  Rebecca Klopper sebagai Ina (adik Boy)
  • Arya Vasco sebagai Jeffry
  • Elmand sebagai Emon
  • Michael Olindo sebagai Andy
  • Meriam Bellina sebagai mama Vera
  •  Dede Yusuf sebagai papa Boy
  • Mona Ratuliu sebagai mama Boy
  • Lukman Sardi sebagai papa Nuke
  • Marcella Zalianty sebagai mama Nuke
  • Carmela van der Kruk sebagai Ocha
  • Diandra Agatha  

SINOPSIS

"Nama gue Boy, dan ini catatan hidup gue," - Boy  

Film bergenre drama remaja ini menceritakan kehidupan seorang anak muda di Jakarta, dengan segala permasalahannya. Seorang anak muda yang tampan, pintar, baik hati dan berakhlak yang baik. Ditunjukkan dengan adegan ketika Boy membantu menyeberangkan seorang bapak tua dengan menggendongnya ke seberang jalan. Boy (diperankan Angga Yunanda) adalah seorang anak muda dari keluarga berada, ayahnya (diperankan Dede Yusuf) adalah seorang pengusaha yang sukses. Hidupnya tidak kekurangan, bahkan Boy juga punya jetsky pribadi dan pulau pribadi. Namun begitu, Boy sangat taat dalam beribadah. Sholat 5 waktu dan membaca Al Qur’an tak pernah dilewatkannya. Adegan ini ditampilkan saat Boy selesai shalat (adegan pertama) dan di meja terdapat Al Qur’an yang masih terbuka, menandakan bahwa Al Qur’an tersebut sering dibacanya.

Diceritakan bahwa Boy mempunyai seorang adik bernama Ina (diperankan Rebecca Klopper) yang sangat dekat dengan kakaknya. Film Catatan Si Boy ini juga menggambarkan hubungan yang akrab antar anggota keluarga Boy. Terbukti bahwa Ina sangat mendukung hubungan kakaknya dengan Nuke (diperankan Syifa Hadju) kekasih Boy.

Namun tidak begitu dengan orang tua Nuke, terutama papanya (diperankan Lukman Sardi) yang sangat menentang hubungan antara Boy dan Nuke. Papa Nuke adalah seorang pejabat publik, yang menduga bahwa papa Boy telah melakukan penyuapan dalam suatu proyek.

Untuk memisahkan hubungan Boy dan Nuke, papa Nuke mengirimkan Nuke ke luar negeri untuk melanjutkan studinya. Mama Nuke (diperankan Marcella Zalianty) tidak dapat berbuat apapun terhadap keputusan papa Nuke. Boy merasa frustrasi dan patah hati.

Setahun kemudian seorang mahasiswi baru yang lulusan Los Angeles, berhasil masuk dalam kehidupan Boy. Mahasiswi baru itu bernama Vera (diperankan Alyssa Daguise). Kedekatan mereka diawali dalam suatu orientasi mahasiswa baru, Vera dibully seorang mahasiswi yang selama ini menaruh hati pada Boy. Ocha nama mahasiswi tersebut, diperankan oleh Carmela Van Der Kruk. Adegan yang menarik dari ospek ini adalah saat battle dance antara mahasiswi senior dan mahasiswi yunior (antara Ocha and her gangs, melawan Vera dan grupnya).

Hubungan Boy dan Vera didukung Ina adik Boy, Andy sahabatnya (diperankan Michael Olindo), dan Emon sahabatnya (diperankan Elmand). Mereka pergi ke diskotik tempat Andy bekerja sebagai DJ disana. Namun begitu, Boy tetap menjaga akhlaknya yaitu tidak minum minuman beralkohol. Mereka ber-empat terlihat begitu kompak, Boy dan Vera, sedangkan Ina tampak begitu akrab dengan Emon yang sangat kocak dan selalu gembira.

 

Boy dan dua sahabatnya
Adegan-kedekatan-Boy-dan-kedua-sahabatnya
(Gambar: antaranews.com)



Kedekatan Boy dan Vera menimbulkan kecemburuan mantan pacar Vera yaitu Jefry (diperankan oleh Arya Vasco), yang menyerang Boy karena tidak terima dengan kedekatan Boy dan Vera.

Hubungan Boy dan Vera merenggang karena ego masing-masing. Di saat hubungan mereka merenggang, Nuke kembali menghubungi Boy lewat surat. Ternyata Nuke masih menyimpan perasaan terhadap Boy. Disinilah terjadi konflik cinta segitiga antara Boy, Nuke dan Vera. Boy harus mengambil keputusan untuk memilih satu diantara mereka berdua. Vera atau Nuke?

Bagaimanakah akhir kisah cinta Boy?


Boy dan Nuke
Adegan-Boy-dan-Nuke
(Gambar: MD Pictures)

 

Boy secara jantan menemui papa Nuke untuk memperbaiki nama keluarganya dan menjelaskan semuanya ke papa Nuke, bahwa prasangka papa Nuke terhadap keluarganya selama ini tidak benar. Akhirnya papa Nuke sadar dan mau mengerti, hanya kebahagiaan anaknyalah yang utama. Hubungan antara Boy dan Nuke telah direstui kedua orang tua Nuke.

KESAN DARI FILM CATATAN SI BOY

Kesan saya setelah nonton film ini, satu yang ingin saya ucapkan adalah film ini keren. Nonton film Catatan Si Boy versi 2023 serasa mengingatkan film yang sama versi 1987. Namun di versi terbaru ini berbeda dengan Catatan Si Boy versi era 80 an. Dalam versi baru ini, dihadirkan latar belakang sosial yang lebih modern dan kekinian. Hal ini bisa dilihat dengan adanya beberapa unsur kehidupan anak muda masa kini, misalnya adanya media sosial (Instagram) dan penggunaan beberapa bahasa gaul kekinian (bestie dan sejenisnya).

Walaupun dalam film ini mungkin terasa berlebihan, tokoh utama digambarkan nyaris sempurna yaitu tampan, pintar, kaya, pandai bergaul, jadi idaman cewek-cewek dan taat beribadah. Tetapi secara keseluruhan, film ini sangat menghibur dan menurut saya adalah film remaja yang ringan.

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini sarat dengan tema percintaan, pengabdian seorang anak kepada orang tuanya dan persahabatan.

Perjuangan seorang anak muda yang berani memperjuangkan cintanya, walaupun mendapat tentangan dari orang tua. Pengabdian seorang anak kepada orang tuanya, walaupun sebenarnya bertentangan dengan batinnya. Adegan ini dipertontonkan saat Nuke harus menerima keputusan papanya untuk sekolah ke luar negeri, dan memutuskan hubungan dengan Boy. Persahabatan antara Boy dan kedua temannya (Andy dan Emon) yang tulus dan sangat akrab.

Dalam film Catatan Si Boy ini banyak menampilkan adegan berkelahi, saat Boy dikeroyok oleh Jefry dan teman-temannya. Ya, karena diceritakan bahwa Boy punya hobi berolahraga tinju. Selain itu juga banyak ditampilkan adegan kejar-kejaran dengan mobil, saat Boy mengejar mobil Jefry.

Adegan demi adegan romantis antara Boy dan Nuke maupun Boy dan Vera ditampilkan dengan apik dan bernuansa kisah cinta masa remaja versi kekinian.

Angga Yunanda (Boy) dan Syifa Hadju (Nuke) berhasil membangun chemistry dan menjiwai peran msing-masing. Sebelum bekerjasama dalam film Catatan Si Boy, keduanya pernah kerja bareng di 2 produksi film sebelumnya. Juga chemistry antara Angga Yunanda dan Alyssa Daguise (pemeran Vera), keduanya terlihat klop.

Akting jenaka dari Elmand (berperan sebagai Emon) juga berhasil mengundang tawa. Tingkahnya centil, cerewet, heboh dan diselingi bahasa gaul bila berbicara. Film ini merupakan debut pertama Elmand, yang awalnya adalah seorang selebgram (tiktokers). Tapi Elmand berhasil menjiwai perannya sebagai Emon dengan baik, yang di Catatan Si Boy versi 80 an diperankan oleh alm. Didi Petet.

Dalam Catatan Si Boy versi 2023 ini juga ditampilkan Meriam Bellina yang berperan sebagai mama Vera (dahulu berperan sebagai Vera). Dengan ciri khasnya yaitu bila bicara diselingi logat Sunda dan bahasa Inggris. Selain itu juga ditampilkan Dede Yusuf yang berperan sebagai ayah Boy (dahulu berperan sebagai Andy), yang selalu menasehati dengan bijaksana, saat Boy curhat padanya.

Tak ketinggalan juga ditampilkan 2 soundtrack lagu yang diciptakan pencipta lagu legendaris Harry Sabar. Lagu Catatan Si Boy yang dahulu dibawakan Ikang Fawzi, dalam versi baru ini dibawakan oleh Slank dengan aransemen rock yang khas. Sedangkan lagu Emosi Jiwa yang dahulu dibawakan Jana Julio dan Lita Zen, dalam versi baru ini dibawakan Fabio Asher dan Prinsa Mandagie dengan iringn piano Andi Rianto.

Berikut ini video trailer film Catatan Si Boy:
 



 

PENUTUP

Film Catatan Si Boy ini mengisahkan kehidupan seorang anak muda dengan segala tantangan yang dihadapi, yaitu percintaan, persahabatan, masalah keluarga dan cita-citanya.

Perjuangan sepasang kekasih yang memperjuangkan cinta, yang mendapat tentangan dari kedua orang tuanya.

Film ini dibuat dengan nuansa kekinian. Masing-masing pemain saling bekerja sama membangun chemistry dengan hangat dan akrab.

Nah, itulah review saya tentang film Catatan Si Boy yang telah saya tonton. Semoga temans berkenan. Bila ada tambahan, tulis komentar temans di kolom komentar ya.


Sumber:

hot.detik.com
antaranews.com  

 

9 komentar

  1. Fil legendaris yaa Kak ini.. terimakasih sudah bikin reviu nyaa

    BalasHapus
  2. Film catatan si boy yang tahun 80 aku belum pernah nonton juga kayaknya bu. Wow bisa nih masuk wishlist tontonan weekend, ceritanya menarik :D

    BalasHapus
  3. Keren ya bisa menyaksikan betapa proses karya Seni.itu dibuat

    BalasHapus
  4. "Menikmati kembali" nostalgia sekali kalo inget versi lamanya. Saat baca ini memori masa kecil saya ttg filem dan tokoh emon yg kocak spontan teringat

    BalasHapus
  5. Dari kapan lalu pingin nonton ini, tapi belum kesampaian juga sampai sekarang.

    BalasHapus
  6. aku belum pernah nonton film lawas dan remake nya. ada perbedaan secara cerita tidak bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ceritanya ya hampir sama dengan versi lama, tapi settingnya masa kini.

      Hapus
  7. Wah.. serru juga ya nonton CaBoy yang versi ini. Gantengan mana Angga Yunanda sama Onky Alexander Kak ?

    BalasHapus
  8. Angga Yunanda idola anak2 generasi Z, imut dan cakep. Kalau Onky ya jadi idola di jamannya, secara penampilan lebih macho.

    BalasHapus