wahyusuwarsi.com

GRAND HAP HOTEL SOLO, HOTEL NYAMAN DENGAN HARGA TERJANGKAU

 


Lebaran sebentar lagi tiba, akan tetapi keluarga besar saya dan adik-adik tidak punya lagi tempat untuk berkumpul. Rumah masa kecil kami sudah dijual dan orang tua kami sudah tiada. Lebaran tahun 2023 tepatnya bulan April, genap 6 bulan ayah kami meninggal dunia, setelah  24 tahun lalu ibu mendahului. Saya dan 3 orang adik saya beserta keluarga masing-masing berencana untuk berkumpul saat Idul Fitri. Tapi kami belum memutuskan untuk berkumpul dimana. Rencananya sih kami mencari hotel yang dekat dengan kota. Karena kami ingin berkunjung ke Dalem Kalitan, The Heritage Palace dan Masjid Syekh Zayid Solo.

Setelah berunding, akhirnya kami berempat memutuskan untuk berkumpul di kota Solo dan masing-masing berangkat ke kota tujuan setelah shalat Ied (lebaran hari 1). Tentu saja kami berangkat dari kota yang berbeda-beda. Saya beserta adik nomor 3 berangkat dari Semarang, adik nomor 2 berangkat dari Purbalingga dan adik bungsu saya berangkat dari Bekasi.

Mulailah saya berburu hotel untuk tempat kami menginap nanti, tentunya saya mencari harga promo dong. Biasalah, jiwa emak-emak yang tidak jauh dari penghematan dan pengiritan … hehehe. Tidak sia-sia hasil perburuan saya lewat beberapa aplikasi di internet, akhirnya saya mendapatkan sebuah hotel yang nyaman dengan harga terjangkau. Dengan harga promo pula … Alhamdulillah.

GRAND HAP HOTEL SOLO

Dari hasil pejuang promo, akhirnya saya mendapat sebuah hotel yang nyaman dan harga terjangkau. Ya, Grand HAP Hotel di kota Solo sebagai tempat bersilaturahmi keluarga besar saya dan adik-adik.

Hotel ini letaknya di jl Brigjen Slamet Riyadi no 331 Solo. Bangunan hotel berbintang 4 ini merupakan bangunan lama dengan interior bernuansa Jawa. Dari informasi yang saya dapat, dahulu nama hotel ini adalah D’Wangsa Solo, dan kini namanya menjadi Grand HAP Hotel.

Oya, Grand HAP Hotel terletak di jalan utama di kota Solo. Hotel ini dekat dengan Solo Grand Mall yang hanya berjarak 487 meter, Lotte mart tipes dengan jarak 1,5 km dan stasiun kereta api balapan yang jaraknya 2,18 km. Selain itu juga dekat dengan Solo Paragon, Taman Sriwedari, Masjid Agung Surakarta, Batik Danar Hadi dan Bandara Adi Sumarmo. Jadi saya nggak perlu khawatir seandainya sewaktu-waktu hendak membeli kebutuhan mendadak. Sarana transportasi dari hotel juga banyak, ada becak, bis trans batik ataupun taksi dan ojek online.

INTERIOR GRAND HAP HOTEL

Memasuki pintu gerbang, tampak di sebelah kiri terdapat lukisan tokoh pewayangan yaitu Dewi Kunti, Drupadi, Srikandi dan Sembodro. Dalam dunia pewayangan, Dewi Kunti adalah ibu dari Pandawa lima, yang mempunyai sifat belas kasih dan suka menolong pada semua orang tanpa membeda-bedakan. Dewi Drupadi adalah kakak dari Dewi Srikandi, Dewi Drupadi adalah simbol wanita setia, luhur budi, bijaksana dan sabar. Dewi Srikandi memiliki sifat yang lemah lembut, keibun, cantik dan emosional. Gambar wayang yang terakhir adalah Dewi Sembodro yang bersifat lembut, anggun, tenang namun tegas. Saya kurang tahu, mengapa gambar tokoh pewayangan wanita yang dipasang di depan hotel. Mungkin karena karakter 4 dewi dalam pewayangan tersebut digambarkan lemah lembut, belas kasih dan suka menolong sebagaimana hotel ini yang menyambut setiap tamu dengan penuh keramahan, dengan segala fasilitas yang ada.


gambar 4 wayang
gambar-4-dewi-dalam-pewayangan
(Gambar: koleksi pribadi)


Saya melihat di samping pintu masuk hotel terdapat kendaraan roda 3 tanpa bbm, yaitu becak. Mungkin becak ini bisa dijadikan spot foto bagi tamu yang menginap di hotel ini.

Saya segera masuk ke lobby dan menuju resepsionis untuk chek in dan meminta kunci kamar. Disini saya harus deposit 100K untuk kemudian dikembalikan lagi bila saya chek out. Di atas resepsionis tampak interior kain batik panjang yang dipasang pada dinding, jumlahnya ada 4 kain batik dengan motif batik yang sama. Cantik sekali interior di Grand HAP Hotel. Di sudut lobby tampak playground yang berisi mainan anak-anak (seluncuran) dan beberapa mainan lainnya.



interior hotel
interior-grand-hap-hotel
(Gambar: koleksi pribadi)
 


Ada sesuatu yang menarik, saat dari lobby saya menuju belakang hotel (area parkir) hendak mengambil barang yang ketinggalan di mobil. Sepanjang lorong menuju areal parkir, di sebelah kanan terdapat kolam renang dan taman kecil yang ditata dengan cantik berisi pot-pot dan pohon-pohon hias sejenis palem dan cemara. Juga terdapat beberapa kursi untuk bersantai. Mungkin juga areal ini digunakan para tamu untuk duduk bersantai sambil menunggui putra putrinya berenang. Memang sih, ukuran kolam renang tidak begitu besar tapi cukup nyaman, karena kolam renang ini berada di area indoor.


kolam renang
kolam-renang-hotel
(Gambar: koleksi pribadi)


taman dan cafe hotel
taman dan cafe kecil
(Gambar: koleksi pribadi)



Di bagian belakang ada semacam ruang tunggu dengan sofa yang panjang dan beberapa property yang ditata dengan unik yaitu sepeda, kendi air, cangkir dari tanah (keramik), anglo, wajan, bakul, padi, dan kukusan untuk menanak nasi. Tempat ini bisa jadi spot foto juga nih, untuk yang suka foto selfie.



ruang tunggu hotel
ruang-tunggu-hotel
(Gambar: koleksi pribadi)



Nah, saatnya masuk ke kamar nih. Kebetulan kamar saya ada di lantai 5 letaknya. Hotel ini memang bersih dan nyaman. Sepanjang lorong menuju kamar, saya mendapati ada galon air mineral yang memang disediakan untuk tamu hotel, bila kehabisan air minum dalam kemasan botol. Papan petunjuk nomor kamar hotel juga unik dan artistik nih, terbuat dari hiasan kayu yang bergambar patung-patung manusia.


galon air mineral
galon-air-mineral-untuk-tamu-hotel
(Gambar: koleksi pribadi)



papan nama kamar
papan-nama-nomor-kamar-yang-artistik
(Gamar: koleksi pribadi)



Tiba di kamar pun ketemu gambar wayang lagi nih. Cantik banget, bed covernya juga terdapat gambar wayang seperti gambar wayang di halaman depan tadi (4 wanita dalam pewayangan) yaitu Dewi Kunti, Dewi Drupadi, Dewi Srikandi dan Dewi Sembodro. Sayangnya saya kok nggak kepikiran nanya ke petugas hotel mengenai gambar 4 dewi pewayangan yang dipasang tersebut, apa maknanya.

Dari kamar kita bisa melihat view kota Solo. Kebetulan di depan hotel ada jalur rel kereta api jurusan Solo-Wonogiri yang masih aktif. Pagi ini pas saya lagi cari obyek foto cityscape, kebetulan sekali lewatlah kereta apinya. Langsung deh, jeprat jepret pake kamera, cantik sekali motret cityscape kota Solo pas ada kereta api pula. Oya, kalau kita beruntung di depan hotel biasanya ada ibu-ibu yang jualan pecel dan nasi liwet khas Solo. Kalau kita pengin cari sarapan (yang bukan dari hotel), kita bisa makan disini sambil lesehan. Sayangnya penjual nasi liwet itu hanya berjualan pada hari-hari tertentu saja.

Menu yang disediakan untuk breakfast juga bervariasi, walaupun pada hari pertama sempat terasa agak asin untuk menu yang saya pesan. Tetapi secara keseluruhan, it’s okey lah. Masakan Indonesia adalah menu yang tersedia, juga ada beberapa roti, snack dan menu buffe.

JENIS KAMAR DI GRAND HAP HOTEL

Ada 124 kamar di hotel ini dan beberapa jenis kamar yang ditawarkan adalah:
  • Superior
  • Family
  •  Executive

Saya memilih kamar Superior untuk keluarga saya, sedangkan adik saya dan keluarganya memilih kamar yang agak besar yaitu Family. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Untuk jenis Superior room berkisar antara Rp 300K sampai Rp 500K, sedangkan untuk yang Family room berkisar Rp 500K hingg Rp 600K. Executive room menawarkan harga Rp 1.000.000 hingga Rp 1.300.000.

Menurut saya, harga itu cukup terjangkau dan sesuai untuk hotel bintang 4 dengan fasilitas yang disediakan.


kamar hotel
kamar-di-grand-hap-hotel
(Gambar: koleksi pribadi)



fasilitas kamar
fasilitas-di-kamar
(Gambar: koleksi pribadi)


FASILITAS GRAND HAP HOTEL

Termasuk hotel berbintang 4 dengan fasilitas yang lengkap. Fasilitas Grand HAP Hotel antara lain adalah:

  •  Wi Fi gratis di tiap-tiap kamar dan di tempat umum (tempat kebugaran).
  • AC di tiap-tiap kamar
  •  Tiap kamar dilengkapi dengan saluran TV kabel, dan saluran TV premium dengan tv layar datar.
  • Tiap kamar dilengkapi dengan perlengkapan kamar mandi (toiletries) gratis, shower, handuk, sandal.
  • Meja
  • Telepon
  • Air minum kemasan gratis.
  • Juga tersedia air minum galon yang ada di setiap lantai.
  • Resto yang menyediakan breakfast
  • Musholla
  • Lift
  • Tersedia pusat kebugaran
  • Kolam renang indoor
  • Taman kecil di dekat kolam renang
  • Cafe kecil di dekat ruang tunggu
  • Ruang tunggu yang nyaman (ada di dekat kolam renang)
  • Parkir gratis
  • Resepsionis 24 jam
  • Layanan antar jemput bandara


resto hotel
resto-di-hotel
(Gambar: koleksi pribadi)




PENUTUP

Kesan saya selama menginap di Grand HAP hotel ini, saya merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Walaupun kamar yang saya pesan tidak begitu besar, namun saya dapat menikmati menginap disini dan tidur dengan nyenyak.

Fasilitasnya yang tersedia juga legkap, harga terjangkau. Begitupun dengan menu makanan disini.

Barangkali temans ada yang mau nginep di Solo, datanglah ke Grand HAP Hotel.

 

 

3 komentar

  1. Wah saya kira Bu Wahyu asli Solo pas baca judulnya tadi. Ternyata ini buat destinasi sekeluarga besar ya. Kalau saya Alhamdulillah mudik ke Solo ndak perlu sewa hotel hehe. Tapi infonya ini saangat bermanfaat. Baru ngeh kalau ada hotel dekat grandmall.

    BalasHapus
  2. Bisa nih masuk list menginap nanti pas ke Solo.. Lagi bingung nyari tempat nginep di Solo, kebetulan sekali ada rekomendasi bu Wahyu.. Thank you..

    BalasHapus
  3. Saya kira panjenengan tinggalnya di Solo, Bun, ternyata Semarang. Semarangnya mana, njih? Saya dulu kuliah di Tembalang

    BalasHapus