wahyusuwarsi.com

MENEKAN POLUSI UDARA DENGAN WFH

 

Berita viral saat ini adalah tentang WFH untuk ASN atau PNS di DKI. Ya, mulai tanggal 21 Agustus 2023 pemda DKI mengeluarkan kebijakan baru untuk ASN atau PNS agar melaksanakan WFH (Work From Home). WFH diberlakukan secara bergiliran yaitu 50 pesen WFO dan 50 persen WFH. Tujuan dari WFH ini adalah untuk meredam polusi udara di Jakarta dan sekitarnya.




 

POLUSI UDARA DI JAKARTA

Akhir-akhir ini Jakarta sedang mengalami polusi udara yang semakin memburuk. Dilansir dari cnnindonesia.com yang mengatakan bahwa Jakarta secara konsisten masuk dalam daftar 10 kota paling tercemar di dunia sejak Mei 2023.


Menurut pengamat transportasi Djoko Setijowarno, untuk menanggulangi polusi harus diperhatikan masalah transportasi angkutan umum di Jakarta dan sekitarnya. Jadi ada manajemen pull and push. Pull dalam hal ini adalah menyediakan public transport di wilayah luar Jakarta yang masih minim terutama di daerah perumahan. Sedangkan push artinya mendorong dan mengedukasi masyarakat agar mau menggunakan sarana transportasi publik bila bepergian.

Sementara itu menurut pendapat Agus Suyatno sebagai Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, diperlukan pembenahan sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan dalam skala Jabodetabek.

Ada lagi pendapat dari Said Iqbal sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Beliau mengatakan bahwa tidak sepakat apabila WFH hanya diberlakukan bagi ASN atau PNS saja. Pekerja pabrik atau buruh sebaiknya juga digilir WFH dengan sistim shift. Hal ini mengingat mereka mempunyai resiko yang lebih tinggi, selama bekerja di pabrik. Jadi mereka harus mendapat perlindungan berupa jaminan fasilitas kesehatan, misalnya pemberian masker, mengadakan medical check up (MCU) secara berkala.

Bagaimana dengan perusahaan swasta? Untuk perusahaan swasta bisa mengambil kebijakan sendiri bila memutuskan WFH.

Dengan adanya WFH, dapat mengurangi transportasi yang digunakan oleh PNS DKI Jakarta 50 persen-50 persen atau 40 persen -60 persen dengan mengurangi kegiatan di Pemda DKI. Persentasi WFH paling banyak 50 persen, persentasi WFO sama atau lebih dari 50 persen untuk layanan Administrasi Pemerintahan dan layanan dukungan pimpinan. Untuk ASN yang berhubungan langsung dengan masyarakat yaitu kesehatan, bencana alam, logistik, keamanan dan ketertiban, WFO sebesar 100 persen.


Kota Jakarta
Kota-Jakarta-diselimuti-polusi-udara
(Gamba-dari-CNBC-Indonesia)


PENYEBAB POLUSI UDARA

Beberapa referensi menyebutkan ada banyak hal yang menyebabkan polusi udara, Antara lain:

1. Adanya pembangunan pabrik-pabrik secara besar-besaran di sekitar daerah perkotaan. Beberapa sumber mengatakan, polusi di Jakarta makin memburuk karena dibangunnya pabrik batubara di daerah Jabodetabek.

2. Adanya asap yang berasal dari knalpot kendaraan bermotor. Jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat, sehingga makin tinggi polutan-polutan berbahaya yang dihasilkan dari asapnya. Polutan berbahaya itu antara lain timbal, hidrokarbon, oksida nitrogen yang dapat menyebabkan gangguan sayaraf.

Udara adalah unsur penting bagi mahluk hidup manusia, hewan dan tumbuhan. Mahluk-mahluk hidup itu membutuhkan udara yang bersih dan bebas dari partikel-partikel padat seperti debu. Karena adanya pabrik dan asap kendaraan bermotor, merupakan hal yang dapat menyebabkan polusi udara.

3. Berkurangnya pohon-pohon di daerah perkotaan karena adanya penebangan untuk pelebaran jalan dan pembangunan perumahan. Pohon-pohon tersebut merupakan paru-paru kota. Pohon bisa sebagai polutan untuk menyaring udara yang kotor. Disamping itu pohon menghasilkan Oksigen yang dibutuhkan oleh mahluk hidup.

4. Asap rokok dapat menyebabkan polusi udara di dalam ruangan. Hal ini lebih berbahaya dibanding pencemaran dari luar ruangan.

5. Limbah asap pabrik juga merupakan salah satu penyebab polusi udara. Asap pabrik menghasilkan hidrokarbon dan karbonmonoksida yang dapat mengganggu paru-paru dan pernapasan. Sedangkan limbah pabrik dapat mencemari air dan tanah.

6. Aktivitas rumah tanggapun bisa menjadi penyebab polusi udara. Walaupun dalam skala kecil, akan tetapi biasakanlah untuk tidak membakar sampah. Lebih baik lakukan pilah sampah organik dan non organik, lakukan daur ulang bahan-bahan organik (untuk kompos, untuk eco enzyme). Aktivitas lain dalam rumah tangga yang dapat menyebabkan polusi udara adalah mengecat rumah, pemakaian AC yang terlalu lama (menghasilkan ozon yang bisa menyebabkan global warming).

7. Adanya limbah pertanian, yang dalam hal ini adalah pemakaian pupuk yang berlebihan sehingga menimbulkan gas Amoniak (NH3). Dampaknya adalah menimbulkan hujan asam. NH3 dapat menyebabkan iritasi jalur napas dan batuk.

8. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia. Asap kebakaran hutan ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan atau ISPA. Kebakaran huan yang disebabkan oleh alam biasanya terjadi secara tidak sengaja, misalnya adanya sambaran petir pada pohon, percikan antara ranting kering pada saat musim kemarau. Sedangkan kebakaran hutan karena ulah manusia contohnya adalah pembukaan lahan baru untuk perkebunan, illegal loging, membuang puntung rokok sembarangan, penebangan hutan pada musim kemarau, perburuan hewan liar. Bahkan di daerah luar Jawa (Kalimantan dan sekitarnya), kebakaran hutan bisa terjadi berbulan-bulan dan mengganggu proses pembelajaran siswa di sekolah.


Kendaraan bermotor
Kendaraan-bermotor-penyebab-polusi-udara
(Gambar-dari-kompasiana.com)


DAMPAK BURUK POLUSI UDARA

Dampak buruk polusi udara dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, gangguan pada lingkungan, gangguan pada tumbuhan dan mahluk hidup lainnya.

Pencemaran udara dipicu dari bentuk gas, cair, padat tertentu yang terpendam di udara. Partikel-partikel itu berasal dari aerosol, debu, asap pabrik, kebakaran hutan, asap kendaraan bermotor dan asap rokok (Prudential.co.id). Beberapa polutan yang menyebar yaitu Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NOx), Ozon (O3), senyawa organic volatile (VOC), dan Sulfur Dioksida (SO2) (Prudential.co.id).

DAMPAK POLUSI UDARA BAGI KESEHATAN


1. Udara yang mengandung zat-zat kimia berbahaya (CO2 dan gas beracun) dapat menimbulkan bibit penyakit. Udara yang sudah tercemar tersebut masuk melalui saluran pernapasan dan menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut yaitu ISPA, sesak napas, asma, bronkhitis bahkan bisa menjadi kanker paru-paru, dan yang terakhir adalah menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam tubuh manusia.

2. Debu dari polusi udara menyebabkan mata merah dan iritasi. Pencegahannya adalah dengan memakai kacamata bila bepergian, dan mencuci muka setelah sampai di tempat tujuan.

3. Menyebabkan kulit gatal-gatal dan bersisik. Pencegahannya adalah mandi teratur setiap hari terutama setelah bepergian.

4. Mengganggu jalannya O2 dalam darah.

Karbon monoksida (CO) jumlahnya meningkat, sehingga kadar protein inflamasi dan kekentalan darah meningkat. Hal ini memicu radang pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit kardiovaskuler.

5. Mengganggu tumbuh kembang anak. Kandungan timbal dalam udara kotor dapat masuk ke saluran pernapasan anak sehingga menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. (anak kelak menderita asma dan autisme).

6. Memicu keguguran. Pada ibu hamil, polusi udara memicu peradangan di seluruh tubuh sehingga bayi lahir premature. Sedangkan untuk janin bisa menyebabkan keguguran (mempengaruhi system reproduksi).

7. Menyebabkan gangguan pada ginjal dan jantung.

DAMPAK POLUSI UDARA BAGI LINGKUNGAN


Dampak yang ditimbulkan polusi udara bagi lingkungan sangat mempengaruhi kehidupan mahluk hidup di dunia. Dampak dari polusi udara antara lain:

1. Menyebabkan hujan asam yaitu hujan dengan PH rendah dan memiliki sifat asam (korosif/ dapat mengikis partikel lain). Hujan ini mengandung endapan asam, yaitu kandungan sulfur (SO2) dan Nitrogen Oksida (NOX) yang terbawa udara dan menyebar di atmosfer. Keduanya dihasilkan pada saat pembakaran.

2. Pemanasan Global (global warming) yang disebabkan rusaknya lapisan ozon sehingga suhu bumi meningkat dan air laut naik. Rusaknya lapisan ozon bisa disebabkan karena pemakaian AC yang berlebihan dan pemakaian kulkas yang menghasilkan CFC (klorofluorkarbon).

3. Polusi udara juga menyebabkan berkurangnya jarak pandang. Asap tebal dari polusi udara akan sangat mengganggu jarak pandang bagi pengendara kendaraan bermotor, juga berbahaya bagi penerbangan.

4. Haze pollution (pencemaran asap) yang biasanya disebabkan karena ulah manusia dalam pembakaran hutan. Pembakaran hutan ini digunakan untuk membuka perkebunan baru ataupun untuk perumahan penduduk.

5. Kualitas udara menurun, disebabkan oleh asap knalpot, pembakaran hutan dan limbah lainnya.


DAMPAK POLUSI UDARA BAGI TUMBUHAN


Tidak hanya berdampak pada kesehatan dan lingkungan saja, tetapi polusi udara juga mempunyai dampak terhadap tumbuhan.

Tanaman yang hidup pada daerah dengan polusi udara yang tinggi akan terganggu petumbuhannya dan rawan terkena penyakit. Biasanya penyakit yang menyerang adalah klorosis, nekrosis dan bintik hitam (Rachmawati, 2016).

Klorosis adalah jaringan tumbuhan yang mengalami kegagalan dalam pembentukan klorofil sehingga daun berwarna kuning atau pucat putih.

Nekrosis adalah kerusakan pada sel-sel tumbuhan yang menyebabkan kematian dini sel-sel dan jaringan hidup.


CARA MENCEGAH POLUSI UDARA OLEH PEMERINTAH

1. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mencegah polusi udara di Jakarta adalah dengan melaksanakan WFH bagi ASN atau PNS.

2. Aktif mempromosikan kendaraan listrik melawan polusi udara dan menggalakkan penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi dinas di kantor-kantor pemerintah.

3. Pemerintah mendesak pengendara menjalani test emisi.

4. Pemerintah tengah mempercepat pertumbuhan sektor sepeda motor listrik dan mengembangkan kendaraan listrik lain.

5. Membuat peraturan dan kebijaksanaan yang berhubungan dengan larangan penebangan dan pembakaran hutan.

6. Bagi pabrik-pabrik besar diharuskan untuk memasang filter (alat penyaring udara) pada cerobong asapnya. Karena pabrik merupakan penyebab polusi udara terbesar (limbah asap industri).

USAHA KITA MENCEGAH POLUSI UDARA

Temans dapat membantu berkontribusi untuk mencegah polusi udara, bisa dimulai dari lingkungan rumah kita dan sekitarnya.

1. Mengurangi penggunaan bahan yang sulit terurai. Seperti temans ketahui bahwa plastik, kaleng dan kaca adalah bahan yang butuh waktu lama untuk terurai. Kita bisa mengurangi penggunaan bahan-bahan tersebut dengan cara mengurangi pembelian produk fast fashion, membawa kantong belanja sendiri saat berbelanja, membawa tumbler (tempat minum) dan tempat makan sendiri saat bepergian, mengurangi penggunaan sedotan plastik. Konsep ini merupakan penerapan dari reduce (mengurangi) dan reuse (gunakan kembali).

2. Memanfaatkan transportasi umum, kurangi menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini juga mengantisipasi dan mengurangi kemacetan yang terjadi.

3. Menghindari penggunaan listrik yang berlebihan, misalnya AC.

4. Menggunakan kendaraan ramah lingkungan berbahan bakar listrik atau tenaga surya. Bila jarak dekat, pergunakanlah sepeda atau berjalan kaki.

5. Menggunakan produk ramah lingkungan (green product). Biasanya bertulisan organic, eco-labelling, no animal testing.

6. Mengurangi merokok

7. Jangan membakar sampah.

8. Gunakan konsep recycle (daur ulang) untuk sampah non organik dan organik.

Untuk sampah non organik misalnya membuat celengan, pot ataupun hiasan lainnya dari kaleng dan botol-botol bekas.

Membuat kompos dari sisa-sisa bahan organik, membuat palet ikan dari sisa makanan, membuat eco enzyme dari sisa kulit buah yang difermentasi.

9. Menanam tanaman di lingkungan rumah sebagai penghijauan, sebagai paru-paru untuk menyaring udara kotor (meningkatkan kualitas udara) dan sebagai polutan. Carilah tanaman yang berfungsi sebagai polutan misalnya lidah mertua, sirih-sirihan, aglonema dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Tidak membakar hutan.

Baca juga: Eco Enzyme Untuk Bumiku

PENUTUP


Dari artikel di atas dapat diambil kesimpulan bahwa masalah polusi udara ini menjadi masalah yang serius dan harus disikapi bersama. Masayarakat harus punya kesadaran diri, untuk mulai berkegiatan yang dapat mengurangi dampak polusi udara. Bisa dimulai dari lingkungan keluarga dan sekitarnya. Semoga bermanfaat.



Sumber:

Cnnindonesia.com/media-asing-soroti-polusi-udara-jakarta-terburuk-di-dunia

Prudential.co.id

News.detik.com/dampak polusi udara bagi kesehatan dan lingkungan

Detik.com/bali/berita/10-cara-mengatasi-pencemaran-udara-dan-pencegahannya

Kompas.com/hujan asam/penyebab, proses, dampak dan cara mencegahnya

Wikipedia

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten





11 komentar

  1. Sebagai penghuni kota yang masuk 5 besar kota paling polusi di Indonesia, sedih ya buuk.. HUhuhu.. ngerasain sebagian dampaknya diantaranya anak anak sempat gantian batpil dan demam. Masyaallah. Semoga segera ada jalan keluar dari pemerintah untuk mengatasi ini

    BalasHapus
  2. Padahal yang non asn, jauh lebih banyak. Pinginnya pembatasan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor,biar lebih signifikan polusi nya berkurang

    BalasHapus
  3. Memang polusi susah untuk dihindari ya bu. Kasian anak2 jadi menghirup udara kotor dan jadi sering batuk. Mungkin sekolah bisa online lagi ya...

    BalasHapus
  4. Sering dengar cerita teman kantor terkait polusi Jakarta..Hmm...cukup ngeri dan ikut prihatin juga, jadi PR besar buat para pemerintah dan masyarakatnya.

    BalasHapus
  5. Semoga polusi udara dijakarta segera teratasi ya kak...

    BalasHapus
  6. polusi udara ini jadi PR kita bersama, bukan hanya di kota besar sebab di kota kecil pun sudah makin banyak penggunaan kendaraan bermotor.

    BalasHapus
  7. Semoga polusi udara di jakarta bisa segera teratasi.

    BalasHapus