wahyusuwarsi.com

BAJU KEMBARAN DIPAKAI DIMANA?

 


Piknik dengan dresscode
(Foto dokumentasi pribadi)


Saat ini banyak komunitas masyarakat yang memakai baju kembaran dalam suatu acara. Istilah kerennya adalah dress code. Acara-acara tersebut misalnya arisan (emak-emak gaul), pengajian, olah raga ataupun piknik.

Baju kembaran yang saya maksud disini bukanlah seragam pegawai atau suatu institusi. Kalau di kantor atau institusi ya memang harus pakai seragam, dan itu merupakan peraturan resmi.

Sejak maraknya sosial media, setiap komunitas selalu menentukan seragam, untuk dipakai di acara tertentu. Tujuannya adalah agar kelihatan serasi dan keren bila difoto. Karena foto ini akan diunggah ke sosial media.

Tak hanya komunitas di masyarakat, bahkan di lingkungan keluarga besar pun juga menentukan seragam pada tiap acara keluarga. Di keluarga saya misalnya, setiap tahun dilaksanakan acara pertemuan trah keluarga yang disinipun diwajibkan memakai seragam dengan warna tertentu. Bila piknik, keluarga besar ini diwajibkan memakai seragam kaos yang khusus diciptakan untuk acara tersebut.

Saya jadi teringat ibu saya, yang tiap kali lebaran selalu membelikan baju kembaran untuk 3 putrinya yaitu saya dan 2 adik perempuan saya. Sementara adik saya yang laki-laki dibelikan baju dengan warna lain. Tak hanya itu saja malahan kamipun dibelikan baju kembaran dengan 3 sepupu saya, yaitu anak-anak dari bude.

Di Indonesia sudah banyak brand fashion yang memproduksi baju kembaran, baik hanya untuk ibu dan anak maupun untuk keluarga inti (ayah, ibu dan anak). Pada umumnya baju kembaran untuk ibu dan anak dipakai saat mereka piknik atau berbelanja di mall. Biasanya anak yang berumur di bawah remaja masih mau kembaran dengan ibunya, sedangkan anak yang usianya remaja biasanya sudah malu untuk kembaran dengan sang ibu.

 Dalam keluarga inti (ayah, ibu dan anak) memakai baju kembaran hanya saat moment tertentu saja, misalnya saat lebaran, acara keluarga, pernikahan keluarga (baju tradisional), ataupun acara wisuda salah satu anggota keluarga. Tak lupa pula mengabadikannya lewat jepretan kamera.

Baju kembaran bisa juga disebut dengan istilah baju couple.


Baju couple didefinisikan sebagai sebuah baju yang didesain serupa baik dari segi model, warna maupun motif untuk dikenakan secara bersamaan dengan pasangan, keluarga maupun teman (https://fitinline.com)


Beberapa macam baju couple adalah kaos, sweater, jaket, hoodie jumper, baju muslim, kebaya atau baju tradisional. Baju-baju ini dipakai sesuai dengan tempat dan waktunya.


Ada lagi istilah baju sarimbit. Sarimbit artinya adalah pasangan. Jadi baju sarimbit adalah baju pasangan.

 

Baju sarimbit biasanya dipakai oleh pasangan yang sudah menikah (suami istri). Dahulu pada umumnya baju sarimbit bercorak dan motif batik, namun sekarang tak hanya bermotif batik saja. 

Beberapa manfaat baju kembaran adalah:

Agar penampilan lebih serasi dan keren, meningkatkan quality time keluarga, meningkatkan keakraban antar pasangan, membuat hubungan semakin kompak (antar pasangan, keluarga, ataupun teman).

Nah, temans itulah pendapat saya tentang baju kembaran, tema 1W1P Gandjel Rel minggu ke 7. Bagaimana pendapat teman-teman? Tuliskan di kolom komentar yaa ....


 

 




7 komentar

  1. Saya suka pakai baju Kembaran mba..mungkin Krn sudah terbiasa sejak kecil..hehe.. BTW kita juga punya baju kembarsn komunitas ya mba ..masih ada gak tuh? Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punyaku malah sudah ngg ada mbak. Tapi foto2nya aku masih simpan.

      Hapus
  2. Aku tuh suka banget kalau pas lebaran pakai baju sarimbitan. Baju seragaman. Jadi nampak kompak keluarga kami. Hehehe

    BalasHapus
  3. Memang baju kembaran apik kalo untuk sesi foto bareng ya, mba. Nah kalo baju sarimbit, aku sempat ogah diajak bikin gitu sama pak suami. Alasannya ya ngapain mesti kembaran, lebay gitu, wkwkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Podo Ku mbak. Ngg mau kembaran sama bojo. Hahaha

      Hapus
  4. Suamiku ga suka diajakin kembarab mbak jd kami ga punya deh. Tapi biasanya janjian pakr baju yg tone warnanya sama

    BalasHapus
  5. Kalau aku daripada seragam milih dresscode aja. Warnanya senada tapi model baju beda-beda. Bisa bajunya atau jilbabnya aja.

    BalasHapus