wahyusuwarsi.com

HALAL BIHALAL, MAKNA DAN TUJUAN


Biasanya setelah Hari Raya Idul Fitri masyarakat mengadakan acara halal bihalal,  tradisi halal bihalal hanya ada di Indonesia.

Halal bihalal adalah kegiatan silaturahmi dengan saling maaf memaafkan antara satu dengan lainnya.

Tujuan dari halal bihalal sudah sesuai dengan Hadits dan sabda Nabi Muhammad SAW yaitu mementingkan dan menjaga silaturahmi dan saling maaf memaafkan.

Biasanya setelah selesai Idul Fitri banyak undangan atau acara halal bihalal di masyarakat....antara keluarga, teman, komunitas atau lingkungan lainnya. Halal bihalal biasanya diadakan selama masih dalam bulan Syawal.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

"Siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan" (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Nabi Muhammad SAW bersabda :

"Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka sambunglah tali silaturahim" (HR. Al-Bukhari).

Dengan halal bihalal  dapat mempersatukan kembali tali silaturahmi yang terputus apabila ada yang berseteru, karena halal bihalal intinya adalah menyambung tali silaturahmi. 

Makna halal bihalal antara lain adalah mencairkan suasana yang membeku, menyelesaikan suatu kesulitan ataupun masalah antara beberapa pihak, meluruskan suatu masalah bila ada pihak yang salah paham dalam suatu persoalan sehingga menimbulkan pertengkaran ataupun permusuhan.....dan memutuskan tali silaturahmi.

Dalam Al Qur'an juga ada surat yang berhubungan dengan silaturahmi yaitu QS Al A'raf ayat 199 dan QS Ar-Ra'du ayat 21.

"Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh" 

(QS : Al-A'raf : 199).

"Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah SWT perintahkan supaya dihubungkan (yaitu mengadakan hubungan silaturahmi dan tali persaudaraan)"

(QS : Ar Ra'du : 21).

Sumber : google

Selagi masih ada kesempatan dan masih ada umur pergunakan untuk saling mengunjungi, saling silaturahmi.....dan saling memaafkan.

Hari ini saya diundang oleh teman sekolah putih abu-abu untuk hadir di acara halal bihalal di kota Solo.....ya walaupun jauh tetapi saya usahakan untuk datang, sambil reuni dan ketemu teman-teman putih abu-abu. Ya maklumlah 2 tahun nggak pernah ketemu dan reuni karena adanya PPKM (karena covid). Senang juga sih ketemu teman-teman lama, apalagi sudah 2 tahun nggak ketemu.... ngobrol sana ngobrol sini saling melepas kangen dan bernostalgia.....sampai lupa waktu😊😊😊

So, perbanyaklah silaturahmi.....karena dengan bersilaturahmi dapat menambah imun, memperpanjang umur, bahagia, dan tentu saja mendapat pahala.

#7DW

#Mei2022

#maksakeunnulis

#harike_7













Posting Komentar