wahyusuwarsi.com

ARISAN GAOL (piknik 2) Candi Sukuh

CANDI SUKUH

Perjalanan dari Jumog menuju Candi Sukuh membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit, melalui jalan yang menanjak.

Candi Sukuh ada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah terketak di lereng kaki Gunung Lawu pada ketinggian 1186 dari permukaan laut (Sumber : dari Google).

Merupakan komplek candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit, didirikan abad ke 15 Masehi pada masa pemerintahan Ratu Suhita, Ratu Majapahit yang memerintah pada tahun 1429-1446. 

Candi ini dijuluki "The Last Temple" karena merupakan candi peninggalan Umat Hindu yang terakhir pada jaman Majapahit (Sumber : dari Google). Waaah....jadi belajar sejarah nich.

Setelah sampai di lokasi dan membeli tiket masuk (Rp 3.000/ orang), pengunjung diwajibkan memakai sarung kotak-kotak yang telah disediakan disana.

Terlihat bahwa bentuk bangunan Candi Sukuh sangat berbeda dengan candi-candi lain di Jawa Tengah (misalnya : Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Pawon dan lain-lain). Struktur dan bentuk bangunan Candi Sukuh mirip dengan bentuk piramida di Mesir (piramida yang terpotong di bagian atasnya).


Bentuk trapesium 

Terdiri dari 3 teras :
  • Teras I merupakan gerbang utama (pintu masuk).
  • Teras II terdapat gapura yang sudah rusak dan kanan kiri adalah patung Dwarapala (patung penjaga).
  • Teras III terdapat pelataran yang besar, merupakan teras terakhir dan paling utama.
Setelah foto-foto di teras I  naiklah rombongan emak-emak ini ke teras II. Waaah......ternyata jalan masuknya sempit dan tangganya curam, cuma cukup untuk 1 orang saja. Tapi puas banget bisa foto- foto sampai teras III dan melihat view dari atas. Masya Allah.....bagus banget viewnya, seperti negeri di atas awan.

Di setiap sudut bangunan masih ada beberapa sesaji, yang menandakan bahwa Candi ini masih dipakai untuk beribadah bagi penduduk setempat.


Patung Dwarapala

 

 

Seperti negeri di awan

Setelah puas berkeliling di lokasi, kini saatnya foto-foto......ceeekreeeek...😍😍😍

Di bawah ini hasil foto-foto keren emak-emak Arisan Gaol....lupa umur kalau udah selfie....yang penting happy.....nambah imun.









Puas dolan dolin, saatnya pulang ke Semarang. Sebelum pulang....mampir dulu di sebuah restoran di Solo. Ceritanya kami ditraktir om Herudi. Matur nuwun teman-teman 
atas kebersamaannya......bersambung ke piknik selanjutnya.

Semoga persahabatan kita langgeng sampai Jannah.

Tetap kompak dan semangat .....semoga silaturahim diantara kita tetap terjalin selamanya.....aamiin.


 





2 komentar