wahyusuwarsi.com

TIPS AGAR DAGING SAPI EMPUK DAN OLAHANNYA



Idul Adha sudah lewat beberapa waktu yang lalu. Tetapi daging-daging kurban hasil pembagian dari masjid masih tersimpan di kulkas, karena belum sempat diolah, padahal sudah sebulan yang lalu daging sapi dibagikan. Bagaimana cara mengolah daging sapi agar empuk? Nah, artikel berikut ini akan mengulas tips agar daging sapi empuk dan beberapa resep sederhana olahan daging sapi untuk hidangan keluarga.


Daging sapi
daging-sapi-segar
(Gambar: pinterest)

 

TIPS MENYIMPAN DAGING SEGAR

Daging sapi yang masih mentah (hasil sembelihan kurban) tidak boleh dibungkus dengan plastik hitam, tetapi sebaiknya dibungkus dengan plastik putih atau besek (wadah dari anyaman bambu) dan diberi alas daun pisang. Ada beberapa alasan mengapa daging sapi segar tidak boleh dibungkus plastik hitam.

Seperti dilansir dari pendapat seorang Ahli Teknologi Pangan dari IPB yaitu Prof Dr Ir Purwiyatno Hariyadi, bahwa banyaknya plastik yang bukan food grade dan bila plastik tersebut kontak dengana makanan, maka bahan yang digunakan untuk membuat plastik itu akan masuk ke dalam makanan.

Dilansir dari helath.detik bahwa komponen pembuat plastik hitam adalah dari Polivinil klorida yang merupakan zat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu biasanya kresek hitam terbuat dari bahan daur ulang yang tidak diketahui penggunaan sebelumnya untuk apa.

Untuk daging mentah segar bila masih belum akan diolah, sebaiknya masuk ke freezer dan jangan dicuci. Karena jika suhu ruangan memungkinkan, mencuci daging mentah akan memicu pertumbuhan bakteri.

Simpanlah daging dalam wadah tertutup dan tidak tercampur dengan makanan lain. Cara lain adalah dengan melapisi kertas aluminium foil agar kelembaban terjaga dan tetap segar. Sebagai tambahan informasi, daging yang disimpan dalam freezer bisa tahan sampai dengan 12 bulan (baznas.go.id).


Daging sapi dibungkus besek
daging-sapi-segar-dibungkus-besek
(Gambar: koleksi pribadi)
 

TIPS MEREBUS DAGING SAPI

Seperti kita ketahui, saat daging dimasak dalam suhu panas maka patogen-patogen akan mati. Tentunya sebelum diolah menjadi masakan yang enak dan lezat, daging sapi harus direbus lebih dulu agar empuk. Tanpa panci prestopun kita bisa merebus daging sapi hingga empuk, asalkan tahu tips and trik nya.

Untuk daging sapi yang baru dikeluarkan dari freezer sebaiknya tunggu dulu hingga tidak membeku (dalam suhu ruang) kemudian baru direbus. Sedangkan bila daging masih segar, boleh langsung direbus.

Ada dua cara merebus daging sapi tanpa panci presto agar empuk, yaitu:

1. Merebus selama 40 sampai 50 menit.
2. Merebus dengan metode 5-30-7.

MEREBUS DAGING SAPI SELAMA 40-50 MENIT

Sebelumnya usahakan daging sapi dipotong dengan ukuran agak kecil hingga sedang agar bisa matang merata. Rebus daging dengan api kecil hingga sedang. Rebus daging selama 40 hingga 50 menit, usahakan api stabil. Bila api stabil maka daging akan matang secara merata.

MEREBUS DENGAN METODE 5-30-7

  • Sebelum direbus, sebaiknya usahakan ukuran daging tidak terlalu besar (potong daging dengan ukuran sedang).
  • Rebus air hingga mendidih.
  • Setelah itu masukkan daging sapi dalam rebusan air selama 5 menit. Selama merebus, tutuplah panci.
  • Matikan kompor, kemudian diamkan selama 30 menit. Panci harus benar-benar dalam kondisi tertutup rapat dan tidak boleh dibuka agar daging empuk.
  • Setelah 30 menit, hidupkan kompor dengan api kecil sampai sedang. Hidupkan kompor selama 7 menit, dengan kondisi panci tetap tertutup rapat.
  • Diamkan hingga dingin, sehingga daging sapi akan lebih empuk.
  • Untuk kaldunya sebaiknya jangan dibung. Saringlah kaldu daging sapi, karena bisa dimanfaatkan untuk membuat olahan masakan (misalnya sup daging).

OLAHAN MASAKAN DAGING SAPI

Daging sapi bisa diolah menjadi aneka masakan yang rasanya enak, lezat dan gurih. Masakan di Nusantara ini juga sebagian menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Disini saya akan menuliskan dua menu olahan daging sapi yang biasa saya praktekkan,, menu yang sederhana dan tidak terlalu sulit menurut saya. Menu ini adalah menu warisan dari ibu saya almarhum.

LAPIS DAGING SAPI

Bahan yang dibutuhkan adalah daging sapi, margarin, bawang merah, bawang putih, ketumbar, gula jawa, kecap, garam, air secukupnya.

Cara membuatnya adalah haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, ketumbar, lalu sisihkan. Daging diiris-iris berlawanan serat, lalu diremas-remas (diuleni) dengan margarin dan irisan bawang merah, Lakukan kurang lebih 15 hingga 20 menit hingga bumbu dan margarin tercampur bersama daging, kemudian diamkan di wadah agar bumbu meresap (kurang leih 30 menit). Setelah itu letakkan bumbu halus dan daging yang sudah diuleni tadi ke wajan. Nyalakan api kecil. Nantinya daging akan mengeluarkan minyak. Tambahkan kecap dan sedikit irisan gula jawa, garam secukupnya, cek rasa. Tambahkan sedikit air panas, dan tunggu hingga daging empuk (cek keempukan daging menggunakan garpu). Merebus daging dengan api kecil, menyebabkan kematangan daging akan merata. Proses ini berjalan kurang lebih satu jam bahkan kadang-kadang lebih, tunggu hingga daging benar-benar empuk dan setelahnya sajikan hidangan lapis daging sapi tersebut.


olahan-lapis-daging-sapi
(Gambar: koleksi pribadi)
 

TONGSENG DAGING SAPI

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah daging sapi 500 gram dipotong berlawanan arah serat, 1 buah tomat, 5 cabe rawit dipotong-potong, kol (bila suka), daun bawang (onclang), lengkuas, jahe, serai, 2 helai daun salam, 2 helai daun jeruk, kecap manis secukupnya, bubuk kari (bila suka), garam secukupnya, kaldu jamur, merica. Haluskan 8 bawang merah, 4 bawang putih, kemiri dan kunyit.

Cara membuatnya adalah tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan serai, lengkuas, jahe, daun salam dan daun jeruk. Lalu masukkan daging, dan masak hingga berubah warna. Tambahkan air, kecap dan kaldu. Masak hingga bumbu meresap dan daging matang, kemudian masukkan sayuran, masak sebentar dan sajikan. Sebagai tambahan, bila tidak suka pedas, cabe tidak usah dipotong-potong tetapi masukkan cabe rawit utuh saja.

Demikianlah ulasan saya tentang tips merebus daging sapi agar empuk dan beberapa resep olahan sederhana daging sapi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Tongseng daging sapi
olahan-tongseng-daging-sapi
(Gambar: koleksi pribadi)


Referensi:  

https://www.fimela.com/food/read/5018166/tips-merebus-daging-sapi-agar-cepat-empuk-meski-tanpa-presto?page=5

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4660006/ini-alasan-kresek-hitam-tak-boleh-digunakan-untuk-wadah-daging-kurban

https://baznas.go.id/artikel/baca/Tips-Menyimpan-Daging-Kurban-di-Kulkas-Agar-Tetap-Segar/118?gclid=CjwKCAjwvvmzBhA2EiwAtHVrb_RhSrMUZYYlnv3pd1KQSkF0QowdP9BoSso2WWQPDn6PruF_vNFxNRoCVFsQAvD_BwE

5 komentar

  1. Teknik untuk rebus daging sapi lainnya dengan memasukkan sendok atau garpu saat merebusnya, sehingga menaikkan suhu saat merebus dan direbus menggunakan api kecil

    BalasHapus
  2. Saya pernah mempraktikkan cara merebus daging sapi dengan 5-30-7 dan itu beneran berhasil. Tidak terlalu repot dan lebih hemat gas juga.

    BalasHapus
  3. Kebetulan banget nih, masih nyimpan banyak stok daging sapi di kulkas. Dari kemarin coba masak, tapi dagingnya masih tergolong alot. Nice tips

    BalasHapus
  4. Dari bumbu dan cara masaknya, lapis daging ini seperti semur daging ya. Saya suka masak daging direbus dulu baru diolah jadi masakan yang lain cara 5-30-7 seperti merebus telur ya, bisa dicoba nih

    BalasHapus