wahyusuwarsi.com

JNE SEBAGAI ENERGI DAN SEMANGAT UNTUK MAJU BERINOVASI


Gambar ilustrasi kurir JNE


Sejak covid melanda negeri ini, pemerintah memberlakukan PPKM (Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sehingga saat itu masyarakat lebih banyak ada di rumah. Hampir semua kegiatan dilakukan dari rumah secara daring (dalam jaringan), baik itu kegiatan kantor maupun sekolah.

Kegiatan secara online ini juga berpengaruh pada banyaknya marketplace dan E-commerce yang menawarkan dagangan secara online. Bahkan hingga saat ini setelah bebas covid pun, masyarakat masih menyukai belanja secara online. Menurut mereka, belanja online lebih praktis dan efisien. Setiap hari di rumah saya, wira-wiri bapak kurir mengantar paket pesanan belanja anak saya maupun anak kost saya. Kadang-kadang bisa lebih dari 2 atau 3 kali dalam sehari kami menerima paket. Saya pun juga saat ini lebih suka berbelanja lewat marketplace, hingga kadang juga mendapat paket.
 
Adanya peningkatan belanja online di masyarakat ini, memberi peluang yang baik untuk usaha ekspedisi. Saat ini banyak perusahaan ekspedisi baru yang bermunculan dengan tawaran-tawaran yang menarik, misalnya bebas ongkir, pengambilan paket yang akan dikirim (jemput bola) dan beberapa promo-promo lainnya. Dengan adanya banyak perusahaan ekspedisi ini, masyarakat juga lebih gampang memilih perusahaan ekspedisi yang terbaik menurut mereka.

Tak jarang masyarakat juga banyak catatan komplain ke perusahaan ekspedisi yang dipilihnya. Misalnya paket nyasar, paket tidak bisa sampai tepat waktu, barang rusak dan masih banyak keluhan-keluhan dari pelanggan sehubungan dengan pengiriman paket tersebut.

Di antara banyaknya perusahaan ekspedisi yang menjamur, masih ada perusahaan ekspedisi yang terbaik hingga saat ini, yaitu #JNE. Kita pasti sudah tahu reputasi JNE dan prestasi-prestasi yang diraihnya.

SEJARAH JNE

Dilansir dari website JNE (jne.co.id), JNE adalah PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir yang merupakan perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia. Dengan visinya menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Sedangkan misinya adalah memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

JNE yang berdiri pada tanggal 26 Nopember 1990 ini memulai kegiatan usaha di bidang penanganan kegiatan kepabeanan atau impor barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Dari jne.co.id sejarah perkembangan JNE dimulai pada tahun 1990 yaitu:
  • Tahun 1990 resmi didirikannya PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.
  • Tahun 1994 JNE mulai merintis layanan pengiriman domestik dengan membuka gerai penjualan.
  • Tahun 1995 mengenalkan system drop point atau agen pengiriman yng disebut “Takuhaibin” dengan memanfaatkan wartel yang menjamur pada saat itu.
  • Tahun 2000 JNE merilis logo baru dengan brand “JNE EXPRESS” yang saat itu reputasi JNE mulai menanjak sebagai ekspedisi terdepan di Indonesia.
  • Tahun 2013 mulai memperbesar kapasitas dan kapabilitas infrastruktur fisik dan teknologi, untuk mengantisipasi pesatnya pertumbuhan transaksi online melalui marketplace. Disamping itu masyarakat Indonesia sudah mulai mempunyai trend bergaya hidup digital.
  • Tahun 2014 JNE meluncurkan aplikasi MY JNE .
  • Tahun 2017 JNE membangun E-fulfillment sebagai solusi bisnis terpadu pelaku UMKM (Usaha Kecil, Mikro dan Menengah), yaitu bagi pemilik nama dagang yang berjualan secara online. E-fulfillment membantu UMKM dalam hal pengembangan produk dan marketing digital. Sedangkan JNE menangani aktivitas logistik.
  • Tahun 2020 JNE membangun Mega Hub di Bandara Mas, Cengkareng Tangerang. Dengan adanya Mega Hub, diperkirakan bisa memproses 1 juta paket dalam sehari.
  • Tahun 2022 JNE merilis Roket Indonesia yang merupakan layanan kurir instant berbasis aplikasi dan menjamin estimasi pengantaran sampai dalam waktu 1 jam.
Logo baru JNE Express
logo-JNE-Express
(Gambar: jne.co.id)


TAGLINE JNE

JNE mempunyai tagline #ConnectingHappiness yang maknanya JNE adalah sebagai penghubung kebahagiaan, untuk karyawan maupun bagi masyarakat yang membutuhkan. Sebagai penghubung kebahagiaan, JNE aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial untuk masyarakat dengan mengadakan berbagai program CSR, antara lain contohnya adalah JNE Peduli dan JNE Berbagi.

Perusahaan aktif berbagi, menyantuni, memberi untuk kemanusiaan dengan mengadakan berbagai program kepedulian bagi anak yatim, dhuafa, terhadap bencana alam, kesehatan dan pangan yang bekerjasama dengan berbagai pihak.

Dari informasi yang saya baca, beberapa aksi sosial dan kepedulian JNE antara lain adalah bersih-bersih pantai Oesapa bersama anak-anak SMK (cerita JNE Kupang), aksi bersih-bersih Pandawara group di Pantai Kesenden bersama JNE Cirebon, mendistribusikan Al-Qur’an ke seluruh Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan SPAI, mendirikan posko mudik asik JNE sambung kebahagiaan dalam semarak lebaran 2023, mendukung pembangunan Rumah Sakit Hasyim As’Syari di Jombang. Dan pada tahun 2023 JNE meraih CSR Brand Equity Award karena dinilai aktif dalam kegiatan CSR.


Aksi bersih-bersih Pandawara Grup bersama JNE
aksi-bersih-bersih-JNE-di-Pantai-Kesenden-Cirebon
(Gambar: jne.co.id)


Aksi bersih-bersih Pantai Oesapa di Kupang
aksi-bersih-bersih-di-Pantai-Oesapa-Kupang
(Gambar: jne.co.id)
 

Tidak hanya untuk masyarakat yang membutuhkan, #ConnectingHappiness juga ditujukan bagi Ksatria dan Srikandi (sebutan untuk karyawan JNE). Pada bulan Oktober 2023, JNE memberangkatkan 345 Ksatria dan Srikandi untuk umroh. Hal ini berlaku bagi Kstaria dan Srikandi yang sudah mengabdi pada perusahaan lebih dari 12 tahun. Kegiatan ini dijalankan sesuai dengan amanah founder JNE yaitu (alm) H. Soeprapto Soeparno yang mempunyai gagasan memberangkatkan umroh bagi karyawan yang sudah lebih dari 12 tahun mengabdi. Diharapkan dengan berangkat umroh, mereka akan mengikuti jejak Rasulullah SAW dalam hal berbuat kebaikan. Semangat berbuat kebaikan ini akan dapat diterapkan pada semangat bekerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja (rejogja.republika.co.id).

JENIS PAKET PENGIRIMAN JNE

Ada beberapa jenis paket pengiriman JNE yaitu:

1. JNE YES (Yakin Esok Sampai), dengan waktu sampai ke tujuan keesokan harinya (termasuk Minggu dan hari libur).
2. REG (reguler), dengan perkiraan waktu sampai 1-7 hari kerja dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia.
3. OKE, yaitu pengiriman ke seluruh Indonesia dengan ongkos hemat, namun waktu sampai lebih lama daripada reguler.
4. Superspeed (SS), pengiriman yang mengutamakan kecepatan dan penyampaian sesuai waktu yang ditetapkan.
5. DIPLOMAT, pengiriman barang dan dokumen bernilai tinggi yang dibawa langsung oleh petugas JNE.
6. JNE Trucking (JTR), pengiriman dengan jumlah besar menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga bersaing.

PENGHARGAAN YANG DIRAIH JNE

Pada Ajang The 4th Annual Infobrand.id Summit 2024, JNE meraih 2 penghargaan sekaligus yaitu:
  1. Indonesia Brand Champion 2024.
  2. Platinum Award Top Digital PR Award 2019-2023 kategori jasa pengiriman.
Bapak Kurnia Nugraha selaku Head Media Communication JNE menyampaikan bahwa semoga penghargaan yang diraih dapat menjadi motivasi untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis di tahun selanjutnya dan berkomitmen mengembangkan kebahagiaan kepada pelanggan.

 

Penghargaan yang diraih JNE
penghargaan-yang-diraih-JNE
(Gambar: transnco.com)


INOVASI JNE

Selama kurun waktu #JNE33Tahun telah banyak melakukan inovasi-inovasi untuk melayani pelanggan dan masyarakat. Inovasi tersebut diwujudkan dengan penuh energi dan semangat kreativitas yang tinggi.

Bentuk-bentuk inovasi yang telah dilakukan oleh JNE adalah memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan tarif hemat, cepat dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia, misalnya dengan JNE YES, JNE Superspeed, JNE Trucking (JTR).

Sedangkan wujud kreativitas dalam berinovasi lainnya adalah mendorong UMKM di Indonesia dengan mengadakan program pelatihan dan edukasi dalam bidang digital marketing. Hal ini sangat membantu pelaku UMKM untuk bersaing di era digital, sehingga dapat membranding produknya untuk menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

PENGALAMAN MENGIRIM DAN MENERIMA PAKET JNE

Sebelum mengenal JNE, saya menggunakan paket dengan iming-iming promo ongkir hemat dan murah. Tetapi sebagai konsumen, seringkali saya dikecewakan oleh perusahaan-perusahaan ekspedisi tersebut. Paket sering terlambat sampai ke tujuan, paket tidak dapat di tracking (dilacak), paket nyasar ke kota lain, bahkan pernah paket rusak sesampai di alamat tujuan yang tentu saja saya dikomplain oleh penerima paket. Karena memang waktu itu saya aktif berjualan online semasa covid. Jadi paket tersebut telah dibuka oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga isinya rusak. Saya lupa waktu itu barang apa yang saya kirim, karena memang kejadiannya sudah lama (yaitu pada saat covid).

Seiring berjalannya waktu, dari rekomendasi beberapa teman dan info yang saya baca akhirnya saya berkenalan dengan JNE. Perusahaan ekspedisi sekelas JNE memang paling bisa diandalkan. Barang sampai tepat waktu, bahkan kadang-kadang lebih cepat sampai ke alamat dibanding prediksinya dan utuh (tidak rusak).

Baru-baru ini saya mendapat hadiah dari sebuah komunitas blogger di Semarang, berupa pecah belah (mangkok 2 buah) yang dikirim dengan JNE. Saya amati packingnya memang sangat rapi dan oleh JNE di bagian luar kemasan ditulis “barang berupa kaca.” Alhamdulillah kedua mangkok cantik tersebut mendarat dengan selamat di alamat saya tanpa cacat sedikitpun (pecah). Membuktikan bahwa bapak kurir sangat berhati-hati membawa paket saya serta membuktikan bahwa JNE memang perusahaan ekspedisi yang profesional, dan mendahulukan kepuasan pelanggan.


Kiriman paket lewat JNE
kiriman-paket-berisi-mangkuk-keramik
(Gambar: koleksi pribadi)

 
Isi paket beupa mangkuk keramik
isi-paket-keramik-tidak-pecah
(Gambar: koleksi pribadi)


Kemudian pernah juga saya menerima paket berupa pakaian yang dimasukkan ke dalam amplop (amplop coklat untuk dokumen). Pengirim sama sekali tidak melapisi amplop tersebut dengan plastik, namun pihak JNE menawarkan untuk melapisi paket tersebut dengan plastik agar aman dan tidak rusak. Alhamdulillah lagi, paket sampai di alamat saya tidak kurang suatu apapun.


Paket JNE Reguler dengan kemasan plastik
paket-JNE-Reguler-dengan-tambahan-plastik
(Gambar: koleksi pribadi)

 
Begitu juga saat saya akan mengirim barang ke suatu kota tujuan, petugas JNE selalu menawarkan jenis pengiriman yang ingin dipakai, dan menginfokan berapa hari paket tersebut sampai ke alamat tujuan. Akan tetapi ada sebuah pengalaman yang saya alami, yaitu paket saya (dari sebuah toko online) sempat nyasar (salah alamat). Saat itu juga saya komplain ke JNE dan melaporkan masalah tersebut. Waktu itu saya langsung menghubungi call center JNE (021) 2927 8888, dan setelah tersambung lalu saya menyampaikan keluhan ke petugas dan minta saran solusi masalah. JNE langsung merespon dan melacak, dan ternyata kesalahan ada pada pengirim yang salah menuliskan alamat tujuan (alamat saya). Dan hasilnya, paket saya sampai di tangan dengan selamat. Cara lain untuk komplain ke JNE adalah melalui kantor cabang terdekat, lewat sosial media dan melalui email pengaduan costumercare@jne.co.id.Saat ini JNE mengadakan lomba menulis blog #JNEContentCompetition2024 dengan tema #GasssTerusSemangatKreativitasnya yang dimaknai sebagai energi, semangat, maju dan inovasi menemani perjalanan JNE lebih dari 3 dekade (33 tahun). Semoga JNE semakin maju dan menjaga komitmen untuk selalu memberi kepuasan pada pelanggan.

#JNE
#ConnectingHappiness
#JNE33Tahun
#JNEContentCompetition2024
#GasssTerusSemangatKreativitasnya

Referensi:

https://www.jne.co.id/profil-perusahaan

https://www.liputan6.com/hot/read/4185163/6-jenis-paket-pengiriman-jne-yang-sering-digunakan-pilih-sesuai-kebutuhan?page=2

https://www.jne.co.id/keberlanjutan

https://www.trasnco.com/jne-raih-dua-penghargaan-di-ajang-the-4th-annual-infobrandid-summit-2024.phtml

https://rejogja.republika.co.id/berita/s2z7gj291/jne-berangkatkan-umroh-345-karyawan-ke-tanah-suci

https://kumparan.com/berita-bisnis/4-cara-komplain-paket-jne-karena-salah-alamat-1xbcOVNxHMw

4 komentar

  1. Dari tag line aja kita udah tau arah JNE , mantul banget emang Happinessconnecting, selalu bikin pelanggan happy ..sukses buat JNE dan mbak Wahyu juga...

    BalasHapus
  2. Wah, ada lomba JNE nih. JNE memang perusahaan ekspedisi yang sudah lama dikenal dan terpercaya oleh pelanggannya. Aku juga kirim2 paket via JNE, ada dekat rumah tinggal jalan kaki. Pernah kirim laptop spek tinggi harga 30 jutaan ke Bandung dari Jakarta alhamdulillaah aman tanpa kurang suatu apapun. Sukses terus buat JNE.

    BalasHapus