wahyusuwarsi.com

TIPS AGAR MUDIK TETAP ASIK

AYO MUDIK 

Istilah Mudik atau mulih sedilik akan ngetrend jelang hari raya iedul fitri (lebaran). Mulih sedilik artinya pulang sebentar. Pulang untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman.

Bagi orang yang akan mudik, pasti rasanya senang sekali. Perasaan yang tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Apalagi bisa dikatakan mudik lebaran adalah moment yang hanya setahun sekali. Ada rasa haru, senang, dan tentunya rindu bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Setiap tahun, ribuan orang mudik ke kampung halaman. Terutama orang-orang yang mencari nafkah maupun berdomisili di luar Jawa dan ibukota. Mereka tak ketinggalan, menyempatkan pulang menjelang lebaran.

Dulu banyak orang yang nekat naik motor untuk mudik. Mereka datang dari luar Jawa dan ibukota. Beriringan naik motor dengan membawa barang yang diikat di belakang tempat duduk. Bahkan tak jarang, banyak pemudik bermotor yang membawa anak kecil. Akan tetapi sekarang ada peraturan pemerintah yang melarang mudik dengan motor. Mengingat banyaknya kecelakaan lalu lintas yang membawa korban jiwa.

Beberapa perusahaan mengadakan mudik gratis bersama, yang memfasilitasi para pemudik agar aman sampai di tempat tujuan. Perusahaan bis, KAI, atau bahkan banyak perusahaan swasta banyak yang mensponsori mudik gratis. Masyarakat pun juga antusias menanggapi hal ini. Terbukti banyak yang ikut mendaftar mudik gratis.


Suasana mudik distasiun
suasana-pemudi-di-stasiun
(Gambar: Pinterest)


TIPS MUDIK ASIK

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pemudik. Baik itu menggunakan mobil pribadi maupun dengan angkutan umum (bis, kereta dan pesawat).


Pemudik di pelabuhan
suasana-pemudik-di-pelabuhan
(Gambar; Pinterest)


PERIKSA KONDISI RUMAH

Sebelum mudik hendaknya teliti seluruh kondisi rumah. Pastikan bahwa semua aman saat rumah ditinggal mudik. Periksa selang gas sebaiknya dicopot, periksa keran air apakah sudah mati, kompor sudah mati, pastikan tidak ada stop kontak yang masih tertancap.

Bila memungkinkan, titipkan rumah pada satpam atau tetangga yang tidak mudik. Agar sewaktu-waktu ditengok dan diawasi.

KONDISI BADAN HARUS SEHAT

Sebelum berangkat mudik, pastikan kondisi tubuh seluruh keluarga dalam keadaan fit (sehat). Usahakan selalu minum vitamin dan menjaga asupan gizi seimbang selama bulan puasa. Hingga tiba saat mudik, badan tetap sehat dan fit.

Berolah raga ringan juga sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh selama puasa dan saat mudik nanti. Sebaiknya sebelum memulai perjalanan mudik, beristirahatlah yang cukup.

PERSIAPKAN KEBUTUHAN PENTING YANG AKAN DIBAWA SAAT MUDIK

Sebelum mudik, sebaiknya periksa kebutuhan apa saja yang diperlukan selama di perjalanan. Mengingat mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar di perjalanan,terutama untuk pemudik dari luar pulau.

Bila membawa mobil sendiri, persiapkan logistik yang cukup (makanan,camilan, minunan), beberapa baju ganti yang praktis, bantal untuk leher. Hal ini untuk menjaga kondisi yang tak terduga, misalnya antisipasi macet, atau tak dijumpai resto yang buka . Demikian juga bila membawa balita ataupun anak-anak, persiapkan kebutuhan mereka selama perjalanan. Susu, makanan, termos (berisi air panas), baju ganti, pampers dan bila memungkinkan  kasur lipat kecil beserta bantal supaya balita nyaman tidur di perjalanan. Jangan lupa juga bawalah mainan kesukaan balita dan anak-anak, untuk mengalihkan perhatian supaya mereka tidak rewel di perjalanan.

Selain itu, penting juga membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Tetapi bila mudik menggunakan kendaraan umum (kereta api atau bus) sebaiknya bawalah barang kebutuhan yang penting dan praktis, untuk di perjalanan.

BIJAK MEMILIH UNTUK MEMBAWA KOPER ATAU TRAVEL BAG

Membawa koper atau travel bag disesuaikan dengan banyaknya barang yang akan dibawa mudik.
Sebaiknya pertimbangkan dari segi ekonomis dan kepraktisannya. Membawa koper yang terlalu berat dan lebih dari satu koper, juga sangat merepotkan bila mudik menggunakan angkutan umum. Demikian juga bila mudik menggunakan mobil pribadi, sebaiknya pertimbangkan apakah harus membawa koper atau cukup travel bag saja.

PERIKSA KONDISI KENDARAAN DAN RUTE PERJALANAN

Bagi pemudik yang akan mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya cek kondisi kendaraan sebelum mudik. Hal ini untuk menghindari bila tiba-tiba kendaraan mogok di tengah perjalanan.

Kondisi kendaraan yang harus dipersiapkan adalah kondisi ban, aki, rem mobil, oli rem mobil, kampas kopling, fan belt, radiator dan kondisi-kondisi lain kendaraan pribadi. Agar mudik lebih aman dan nyaman sampai ke tempat tujuan.

Perlu diperhatikan juga rute perjalanan. Sebaiknya pilih rute yang aman dan nyaman untuk sopir dan penumpang. Untuk menghindari macet, pilih jalur-jalur alternatif. Merencanakan rute perjalanan ini sangat penting dilakukan sebelum memulai mudik.

KONDISI KEUANGAN DAN PEMESANAN TIKET

Periksa kondisi keuangan sebelum merencanakan mudik, tentunya ATM juga harus diisi untuk mengantisipasi bila diperlukan. Sebaiknya persiapkan dengan baik keuangan untuk mudik. Karena biasanya semua harga menjelang lebaran akan naik.

Pemesanan tiket (bila menggunakan angkutan umum), sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Bila ada penjualan tiket promo, tak ada salahnya untuk memesannya. Hal ini untuk antisipasi kehabisan tiket menjelang kebaran. Selain itu, harga tiket mendekati lebaran semakin melambung tinggi.

MEMBAWA HP DAN KARTU PENTING LAINNYA

Jangan lupa membawa handphone saat mudik, tentunya dengan charger. Dengan adanya HP akan mempermudah mencari lokasi suatu tempat (google maps), mudah melakukan transaksi (e-banking atau QRis). Kartu E-Toll juga perlu diperhatikan, terutama isilah saldonya agar cukup untuk melakukan perjalanan jauh. Dan dokumen penting lain yang harus dibawa adalah KTP dan SIM.

Nah, itulah beberapa tips agar mudik aman dan nyaman. Mudik tetap asik. Selamat mudik dan semoga bermanfaat.



Posting Komentar