wahyusuwarsi.com

TARGET RAMADAN 2024




Ramadan sudah berjalan 18 hari, rasanya waktu berlari begitu cepat dan Insya Allah kita akan merayakan hari kemenangan saat lebaran nanti.

Setiap orang pasti punya target yang ingin dicapai di bulan ramadan ini. Begitupun saya, punya target yang harus dicapai saat ramadan tahun ini. Tentu saja yang saya maksud adalah target dalam hal ibadah.

Untuk mencapai target yang diinginkan, kita harus punya niat dan tekat kuat agar tercapai. Di ramadan tahun ini, saya punya beberapa target atau pencapaian yang harus terlaksana.

Apa yang menjadi target saya di ramadan tahun ini?

MEMPERBAIKI IBADAH

Sebagai umat muslim, tentunya kita berkewajiban menjalankan shalat 5 waktu. Begitupun saya juga menjalankan kewajiban tersebut, tapi kadang-kadang masih ada ganjalan dalam ibadah saya. Dalam menjalankan ibadah masih banyak kekurangan diri saya. Kadang-kadang bila panggilan shalat sudah terdengar, saya masih suka menunda-nunda waktu shalat disebabkan masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan. Atau mungkin juga di saat shalat, kurang khusyu atau kadang masih buru-buru dan ngga tenang. Padahal dalam shalat, seharusnya kita benar-benar pasrah, ikhlas dan khusyu menjalankannya.

Begitupun dengan shalat malam, rasanya sulit sekali saya bangun untuk menjalankannya. Rasa malas mengalahkan niat untuk sholat malam. Kata orang Jawa " luwih abot turune daripada ibadahe." Jangan ditiru ya ...

Nah, di ramadan tahun ini saya berjanji pada diri saya sendiri untuk memperbaiki ibadah terutama dalam hal shalat. Insya Allah juga dalam ibadah-ibadah yang lain, tidak hanya shalat wajib saja.
Saya harus lebih rajin menjalankan shalat sunnah, shalat malam, puasa sunnah dan rajin bersodaqoh.

ISTIQOMAH MEMBACA AL QUR'AN

Dalam surat Al-'Ankabut (29) ayat 45 disebutkan bahwa:
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.


Biasakanlah membaca Al Qur'an setidaknya one day one juz. Karena Al Qur'an merupakan pedoman hidup manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan rajin membaca Al Qur'an, maka kita bisa mengamalkan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Allah swt dan menjauhi segala larangan-Nya.

Nah, dalam hal membaca Al Qur'an inilah, saya belum bisa istiqomah. Seharusnya saya bisa meluangkan waktu untuk baca Al Qur'an dan bukan membaca Al Qur'an hanya bila ada waktu luang saja. Dan sebaiknya diniatkan bulan ramadan ini sudah khatam baca Qur'annya.

Bila one day one juz, bisa dibaca setiap habis shalat wajib sebanyak 2 lembar bolak balik (4 halaman). Karena 1 juz kan terdiri dari 10 lembar bolak balik (20 halaman), yang penting bisa istiqomah.

Disini saya juga punya target untuk bisa khatam Al Qur'an di bulan ramadan ini. Insya Allah. Selain baca Al Qur'an, juga memperbanyak kajian-kajian di masjid sebagai tolabul ilmi (mencari ilmu tentang agama).

Ramadan masih 2 minggu lagi, mari kita berlomba-lomba berbuat kebaikan, mencari ridhonya Allah swt. Mudah-mudahan saya bisa mencapai target-target tersebut di bulan ramadan ini, dan selalu istiqomah. Aamiin.

Apa yang menjadi targetmu di bulan ramadan ini? Semoga semua targetmu bisa tercapai. Tuliskan di kolom komentar ya.


1 komentar