wahyusuwarsi.com

DARI ES KRIM HINGGA ES TUNG-TUNG (KULINER LEGENDARIS)

Penjual es tung-tung


Suka es krim? Pastinya ya ...

Semua orang pasti sudah kenal, apa itu es krim? Dan mungkin malah jadi salah satu makanan favorit. Dari yang muda, anak-anak, remaja, bahkan mungkin yang tua pun kadang masih doyan dan suka es krim.

Apa sih es krim itu menurut Wikipedia?

Es krim merupakan sebuah makanan beku yang dibuat dari produk susu seperti krim, lalu dicampur dengan perasa dan pemanis buatan ataupun alami. Es Krim didinginkan dengan diaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan es batu.

JENIS ES KRIM

Nah setelah mengetahui dan mengenal apa itu es krim, yuk simak ada jenis-jenis es krim apa aja sih?

Dirangkum dari gaya.tempo.co dan idntime.com, ada jenis- jenis es krim yabg berasal dari berbagai negara. Yuk, mari kita simak ulasannya.

1. Gelato.
Gelato berasal dari kata "gelare" yang artinya beku. Gelato berasal dari Italia. Bahan dasar gelato adalah susu, gula, telur, dan pewarna makanan. Mempunyai persentase lemak susu yang lebih rendah daripada es krim. Varian rasanya yaitu coklat, vanila dan pistacchino.
2. Frozen yoghurt (yoghurt beku). Makanan ini sangat populer di Amerika Serikat, dan mulai muncul tahun 1981. Terbuat dari yoghurt ditambah perasa makanan dan stabilizer es krim, mempunyai kandungan lemak yang rendah.
3. Kulfi, disebut es krim tradisional India, dengan varian rasa mangga dan pistacchio.
4. Sorbet, terbuat dari air manis, buah beku, jus dan anggur ditambah pemanis. Mempunyai kalori rendah karena tidak mengandung susu, krim dan kuning telur. Rasanya lebih segar dan lebih ringan daripada es krim.
5. Soft serve, berasal dari Amerika dan pertama dibuat pada tahun 1930-an. Disajikan dalam cone dengan varian rasa coklat dan vanila.
6. Sherbet, makanan penutup berbasis buah yang terbuat dari susu dan krim, jus buah, putih telur dan gelatin. Namun mengandung tidak lebih dari 3% lemak susu. Varian rasa jeruk, jeruk nipis, pelangi dan lemon.
7. Es krim base adalah es krim yang paling sering dijumpai, dengan bahan dasar susu, fresh krim ditambah telur.
8. Es loli yang disebut juga es pop. Bahan dasarnya air atau susu, dibekukan agar membentuk balok, disajikan pada tongkat (stik). Varian rasa buah, misalnya jeruk, nanas, stoberi.
9. Falooda, berasal dari India.
10. Baobing, berasal dari China.
11. Jipangi, berasal dari Korea
12. Es krim Philadelphia.
13. Dondurma, berasal dari Turki.

ES TUNG-TUNG

Nah, itu tadi beberapa jenis es krim yang ada di beberapa negara. Dulu ada sejenis es krim tapi teksturnya lebih kasar, namanya es tung-tung atau sering disebut es puter. Es tung-tung merupakan hidangan penutup, dan sering disajikan pada acara pernikahan atau event yang lain.

Dilansir dari merdeka.com es tung- tung adalah hidangan pencuci mulut khas Indonesia yang serupa dengan es krim, menggunakan bahan dasar berupa santan sehingga rasanya lebih gurih.

Saya jadi ingat masa kecil yang sering jajan es tung-tung ini. Es tung-tung dijual dengan gerobag dorong. Di samping dorongan gerobagnya, digantungkan semacam gong kecil bulat, yang kalau dipukul berbunyi ...tung ... tung. Sepanjang jalan yang dilewati, penjual es ini akan memukul gong kecil sambil menjajakan dagangannya.

Sewaktu saya masih SD sekitar tahun 1975 (ketahuan umurnya ya ...) belum ada gelas plastik. Waktu itu es tung-tung dijual dengan alas koran yang dipotong persegi panjang (kira-kira ukuran 5×10 cm) kemudian di atasnya diletakkan selembar roti tawar. Nah, es tung-tung ini diletakkan di atas roti tawar. Rasanya nikmat banget, harganya pun cuman Rp 2.000 lho. Murah banget kan?



Es tung-tung legendaris
es-tung-tung-legendaris
(Gambar: pinterest)

 
Seiring berjalannya waktu, kini es tung-tung dijual dengan kemasan yang lebih kekinian. Es tung-tung dijual menggunakan gelas plastik (plus ditambah sendok plastik). Agar lebih menarik, es tung-tung disajikan dengan roti tawar yang diiris berbentuk kotak, bubur mutiara dan kadang-kadang ditambah alpukat dan susu kental manis coklat sebagai topingnya. Harganya juga sangat murah, per gelas dibanderol Rp 5.000.
Semakin hari semakin jarang saja penjual es tung-tung yang berkeliling dengan gerobag. Di komplek perumahan saya hanya ada seorang penjual es tung-tung yang setiap hari masih lewat di depan rumah. Saya pun kadang-kadang masih membeli es tung-tung ini.



Es tung-tung kekinian
es-tung-tung-kekinian
(Gambar: pinterest)

 
Di Semarang masih ada beberapa tempat yang menjual es puter atau istilahnya es panekuk. Mereka mangkal di beberapa tempat yang strategis. Beberapa kuliner es puter (es panekuk) di Semarang antara lain, es panekuk di depan PLN jl Tanjung, es conglik di jl Gang Pinggir, es Herry di depan RS Telogorejo dan masih ada beberapa lagi penjual es puter yang legendaris. Harganya pun terjangkau dan disajikan dengan berbagai varian toping dan rasa sehingga lebih menarik.

Itu tadi ulasan saya tentang es krim, dan pengalaman saya dengan es tung-tung yang legendaris. Bagaimana pengalamanmu temans? Tuliskan di kolom komentar ya.

Referensi:

https://gaya.tempo.co/amp/1719937/mengenali-6-jenis-es-krim-apa-saja-bedanya

https://www.idntimes.com/food/diet/regina-amalia/jenis-es-krim-c1c2?page=all&_gl=1*1xttyn6*_ga*bHdna3FCWVZaMXdyUlFBUm0xNHQ3dFUxVUZubmV5dWY5bUxBS1VjMHhBel9PYVhkd216ZlNNUWhibWJaYTZZeQ

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Es_puter

https://www.merdeka.com/jatim/makin-langka-begini-sejarah-es-tung-tung-di-jawa-dibuat-pakai-alat-sederhana.html#:~:text=Merdeka.com%20%2D%20Es%20tung%2D,menggunakan%20bahan%20dasar%20berupa%20santan


6 komentar

  1. Kalau ditempat saya menyebutkan es ting ting mbak. Soalnya penjualnya kan bawa kaya lonceng bunyinya ting ting gitu.....harganya murah mulai 2000 aja boleh. Lebih praktis nggak usah pergi ke toko. Ditunggu aja depan rumah pasti lewat hehe

    BalasHapus
  2. Pengalamanku bareng es krim di masa kecil juga berkesan banget mbak. Kalo Ibuku lagi belanja ke toko besar, aku diajak terus beli es krim yg bentuk Mickie mouse hahahahahaha

    BalasHapus
  3. Saya juga sukanya es tung-tung yang pakai roti tawar dan wadahnya koran/majalah sih Bu. Enak banget, begitu lumer rotinya nyerep si es. Kalau pakai gelas agak beda rasanya. Hmmm jadi pengen es tung-tung ini.

    BalasHapus
  4. Aku juga suka es krim meski sudah punya anak wkwkwk. Jadi suka mau juga kalau anak beli es krim. Ternyata banyak jenisnya yaa tapi tetep sih aku suka eskrim yang mengandung susu. Es tun tung legendaris bgt yaa di daerahku sudah jarang banget yang lewat, padahal harus dilestarikan nih.

    BalasHapus
  5. Wah es tung-tung ini favorit saja sejak kecil hingga sekarang. Tapi saat ini saya cukup kesulitan untuk mendapatkannya karena di daerah saya penjualnya sedikit. Makanya saat saya jalan-jalan naik sepeda motor lalu ada es tung-tung biasanya saya langsung berhenti untuk membelinya

    BalasHapus
  6. Gelato, Soft serve, Es krim base jadi jenis es krim favorit saya. Untuk es tung tung juga, hanya saja memang mencarinya tidak mudah. Penjualnya sering kali kelewatan saat dipanggil ehehe

    BalasHapus