wahyusuwarsi.com

BUNGA ROSELLA SI MERAH YANG BANYAK MANFAAT


Temans sudah tahu bunga Rosella? Atau minimal sudah pernah lihat seperti apa sih bunga Rosella itu.

Tanaman Rosella itu bunganya cantik, warnanya merah cantik sekali. Bahkan ada orang yang menyangka, bunga Rosella adalah tanaman hias.

Bunga Rosella berasal dari Afrika, dan di sana ditanam sebagai tanaman penghias halaman rumah. Selain itu tanaman Rosella tumbuh di Karibia dan Amerika Tengah.

Di Afrika, kelopak bunganya diolah jadi minuman hangat (untuk musim dingin) dan minuman dingin (untuk musim panas). Bahkan juga dibuat selai atau jeli. Nah, kita kenalan yuk dengan tanaman Rosella ini. Baca ulasannya ya.


Bunga Rosella
bunga-rosella
(Gambar: Shutterstock)

 

KLASIFIKASI TANAMAN ROSELLA

Dari denpasar.ac.id klasifikasi tanaman Rosella adalah:

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Hibiscus
Species: Hibiscus sabdariffa linn

SYARAT TUMBUH DAN BUDIDAYA TANAMAN ROSELLA

Dilansir dari kompas.com syarat-syarat tumbuh yang baik untuk tanaman Rosella adalah bisa ditanam pada ketinggian 300-1000 meter dari permukaan laut, dengan tanah gembur yang mempunyai kandungan bahan organik yang cukup, dan daerah dengan curah hujan 180 mm per bulan.

Budidaya tanaman Rosella meliputi pengolahan lahan untuk tanaman, persiapan bibit, penanaman tanaman, pemeliharaan tanaman dan masa panen.

Untuk pengolahan lahan, mula-mula lahan dibersihkan dari gulma, setelah itu lakukan penggemburan lahan menggunakan cangkul. Kemudian lakukan pembuatan bedengan dengan lebar 80-100 cm, tinggi 30-50 cm dan panjang disesuaikan luas lahan. Setelah itu campuri dengan pupuk kandang atau kompos. Diamkan selama 7 hingga 10 hari, kemudian lahan siap untuk ditanami.

Tanaman Rosella dapat langsung ditanam dari biji (secara generatif). Biji ini dihasilkan dari buahnya. Bisa juga dibudidayakan dengan menyemaikan biji di polibag kecil, kemudian dipindah tanam ke lahan bila bibit sudah punya 4-5 helai daun.

Untuk penanaman di lahan, buatlah lubang tanam dengan kedalaman 5-20 cm dan jarak tanam masing-masing adalah 2 sampai 3 meter. Setelah lubang siap, masukkan bibit ke lubang tanam dan tutup dengan tanah.

Pemeliharaan tanaman dilakukan dengan penyiraman secara teratur, penyiangan dari gulma, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit tanaman.

Pada umur 2 sampai 3 bulan, tanaman ini akan berbunga. Panen dapat dilakukan setelah tanaman berumur 4 sampai 5 bulan. Ciri bunga yang siap panen adalah warna merah tua dan mekar sempurna. Cara memanen adalah dipetik dengan tangan atau dengan gunting.

KANDUNGAN DALAM ROSELLA

Tanaman Rosella mengandung banyak zat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
Dilansir dari halodoc.com kandungan dalam tanaman Rosella adalah protein, tiamin, riboflavin, kalsium, zat besi dan vitamin C. Kemudian asam organik, asam amino, mineral dan beta karoten.

Menurut alodokter.com terdapat beberapa kandungan di dalam tanaman Rosella yaitu flafonoid, polifenol, asam klorogenik, antosianin, asam hibiscus, dan metanol.

MANFAAT TANAMAN ROSELLA UNTUK KESEHATAN

Dari kandungan-kandungan zat-zat dan mineral yang ada di dalam tanaman Rosella, mempunyai manfaat untuk mencegah beberapa penyakit.

Menurut informasi dari beberapa sumber, ada beberapa manfaat tanaman Rosella untuk kesehatan, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah (anti hipertensi).
2. Mengatasi edema akibat peradangan.
Edema yaitu pembengkakan pada jaringan tubuh berisi cairan yang disebabkan oleh peradangan akibat cedera, alergi dan infeksi (alodokter.com).
3. Menurunkan kolesterol.
4. Mendukung penurunan berat badan (mencegah obesitas).
5. Meningkatkan kekebalan tubuh.
6. Mencegah kanker atau menangkal radikal bebas.
7. Meningkatkan kadar HDL (Hight Density Lipoprotein) atau lemak baik.
8. Mencegah diabetes.
9. Mencegah penyakit jantung.
10. Melindungi dari penyakit virus misalnya flu.
11. Untuk kesehatan kulit.
12. Untuk pencernaan agar terhindar dari sembelit.
13. Melawan bakteri yaitu mengendalikan jenis bakteri tertentu dalam tubuh (misalnya Escherichia coli).

Ternyata banyak juga manfaat tanaman Rosella untuk kesehatan ya, temans.
Lalu bagaimanakah cara mengolah tanaman Rosella menjadi minuman herbal?
Silahkan lanjutkan membaca.

OLAHAN ROSELLA, EFEK SAMPING DAN ANJURAN KONSUMSI


Olahan Rosella
teh-rosella
(Gambar: Pinterest)


Tanaman Rosella biasa diolah menjadi teh rosella. Kelopak bunga adalah bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk pembuatan minuman herbal ini.

Cara pengolahannya adalah dengan mengeringkam bunga rosella, kemudian dimasak hingga mendidih.
Ada juga teh rosella yang disebut sourtea yang rasanya asam. Biasanya terbuat dari campuran daun, kelopak dan pucuk bunga rosella.

Hasil olahan lain dari rosella bisa dibuat sirup, selai, manisan, puding, suplemen atau pewarna makanan alami. Bahkan untuk kesehatan kulit, tanaman ini bisa dibuat masker wajah dan lotion.

Anjuran konsumsi Rosella adalah 1,5 gram-3 gram per hari dalam 1-2 cangkir.
Bila sedang mengkonsumsi obat-obat tertentu sebaiknya konsultasikan ke dokter. Sebaiknya hindari mengkonsumsi Rosella bersamaan dengan obat paracetamol.
Rosella tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui.
Pada orang yang mempunyai gangguan fungsi hati, tidak dianjurkan mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan karena menyebabkan kerusakan hati.

Itu tadi ulasan saya tentang tanaman Rosella dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/10-manfaat-bunga-rosella-untuk-kesehatan-yang-jarang-diketahui

https://www.alodokter.com/manfaat-rosella-untuk-kesehatan-dan-cara-mengolahnya

https://www.liputan6.com/hot/read/5102546/6-manfaat-teh-rosella-untuk-kesehatan-efek-samping-dan-tips-mengonsumsinya

https://amp.kompas.com/agri/read/2022/12/17/112700784/cara-menanam-rosella-bunga-yang-bermanfaat-untuk-kesehatan




6 komentar

  1. ternyata banyak juga ya manfaat rosela ini, suami sih yang suka konsumsi rosela, saya sekedarnya aja, tapi memang rasanya unik dan segar menurut saya

    BalasHapus
  2. Banyak manfaat Rosella ya
    Sejak tahun berapa ya ... Saya lupa, tapi kira2 sepuluh tahun yang lalu sudah mulai dijual teh Rosella utk minuman kesehatan. Saya pernah beli dan dikasih juga ......agak asam segar rasanya.

    BalasHapus
  3. Tanaman Rosella ini sering saya dengar untuk obat diabetes. Namun ternyata manfaatnya lebih banyak lagi buat mengobati penyakit lainnya. Pengen juga coba sekali-kali daripada minum obat kimia terus ya

    BalasHapus
  4. biasanya aku nemuin menu rosella kalau pas ngafe dan itupun menunya hanya teh rosella, kalau udah jadi campuran minuman ternyata enak juga ya
    nggak nyangka juga kalau proses penanamannya juga perlu teknik yang bagus dan nggak asal menanam. Selama ini mungkin aku cuek sama tanaman-tanaman dan bahkan namanya aja ga tau

    BalasHapus
  5. Di kampung, pernah lihat tanaman rosela ini, dan pas dibikin jadi teh. Enak banget. Benar-benar plong rasanya. Dan ya, diminum rutin, kolesterol saya turun. Tentunya disertai dengan usaha yang lain juga

    BalasHapus
  6. Ternyata untuk memelihara tanaman rosella bukanlah perkara yang mudah ya. Saya jadi salut dengan mereka yang menanamkannya. BTW, Teh Rosella jadi jenis olahan rosella yang paling sering saya lihat

    BalasHapus