wahyusuwarsi.com

MAKNA BULAN RAJAB DAN ISRA' MI'RAJ



Isra' Mi'raj


Tanggal 27 Rajab 1445 H atau tepatnya tanggal 8 Pebruari 2024, umat Islam memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW). Dalam ulasan berikut ini saya akan menulis tentang makna, keutamaan dan amalan-amalan di bulan Rajab dan Isra Mi’raj.

MAKNA BULAN RAJAB

Seperti kita ketahui dalam tahun Hijriyah, di antara 12 bulan terdapat 4 bulan yang paling mulia yaitu Dulqoadah, Dzulhijah, Muharam dan Rajab.

Dalam Surat At Taubah ayat 36 dikatakan:

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.

Bulan Rajab merupakan bulan yang disucikan/dimuliakan/diharamkan untuk peperangan (pertumpahan darah). Dan sesungguhnya bulan Rajab itu bulannya Allah (kajian Ustadz Dian Kamaludin).

Tentu saja di bulan mulia ini ada amalan-amalan yang harus dijalankan dan mendapat pahala yang dilipatgandakan oleh Allah. Amalan-amalan tersebut adalah:

1. Harus saling memaafkan antara suami istri.
2. Saling memaafkan dan meminta maaf kepada orang tua.
3. Silaturahmi dengan saudara-saudara kita.
4. Berpuasa di bulan Rajab. Puasa sunnah selama 10 hari, 15 hari atau sebulan, puasa Senin Kamis, puasa di pertengahan bulan yaitu tanggal 13,14, 15 Rajab, puasa Daud (sehari puasa, sehari tidak puasa), membayar hutang puasa (harus didahulukan).
5. Membaca Al Qur’an dan banyak berdzikir.
6. Memperbanyak amal sholeh, infaq dan sodaqoh.
7. Memperbanyak sholat sunnah.
8. Memprioritaskan amalan yang wajib harus didahulukan.

Doa yang dipanjatkan pada bulan Rajab adalah:

Allahuma barik lana fi Rajaba wa syabana wa balighna Ramadana. Artinya:

Ya Allah berkahi kami di bulan Rajab dan Sa’ban dan sampaikan kami di bulan Ramadhan.

PERISTIWA ISRA’ MI’RAJ

Dilansir dari muhammadiyah.or.id Bulan Rajab dalam sejarah Islam menjadi saksi dua peristiwa penting yang mencatatkan namanya dalam lembaran kejayaan umat Muslim, yaitu peristiwa Isra’ Mi’raj dan Pembebasan Baitul Maqdis.

Isra’ Mi’raj yaitu peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina (yang dikenal dengan Isra’). Kemudian naiknya beliau ke Sidratul Muntaha (dikenal dengan Miraj). Isra’ artinya jalan, Miraj artinya naik.



Masjidil Aqsa
masjidil-Aqsa
(Gambar: Pinterest)

 
Dari peristiwa Isra’ Mi’raj dapat diambil hikmah yaitu manusia harus selalu kembali ke masjid dan prestasi dalam hal amal sholeh harus selalu naik (bertambah).

Hijrah dalam bahasa Arab adalah At turqu (meninggalkan). Makna hijrah adalah meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah. Komitmen pada ketentuan Allah dengan meninggalkan perilaku yang bertentangan dengan ketentuan-ketentuan Allah SWT.

HR Ahmad dan Bazzar:

Apabila engkau mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka engkau orang yang berhijrah.


Iman, hijrah dan jihad adalah kunci untuk meraih derajat yang tinggi dan kemenangan dalam hidup melawan musuh-musuh kebenaran (kajian ustadz Arif Rahman).

Demikianlah artikel dengan sedikit ulasan yang membahas tentang bulan Rajab dan Isra’ Mi’raj. Semoga kita selalu meningkatkan ibadah, menigkatkan amal sholeh dan menjauhi semua larangan Allah. Ammiin Yaa Robbal Alaamiin. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Kajian Ustadz Dian Kamaludin Al Azhar 14 Semarang

Kajian  Ustadz Arif Rahman Hidayatullah Semarang

Kajian Ustadz  M. Afif Perumahan GSA Semarang

https://www.liputan6.com/hot/read/5522524/5-amalan-saat-dan-malam-isra-miraj-di-bulan-rajab-rugi-dilewatkan?_gl=1*1iublcj*_ga*NUdXMlhXdUZlVFc0SHBZcGN1V2ZWU3NvN3JQc1AzM0V4a1c5d0JwbGJDeTJZRVoyS2tzalYwV1ZJbUt1dzVnZQ

https://www.detik.com/jateng/berita/d-7181647/isra-miraj-memperingati-apa-ini-sejarah-dan-jadwalnya

https://muhammadiyah.or.id/2024/01/dua-peristiwa-bersejarah-dalam-bulan-rajab-isra-miraj-dan-pembebasan-baitul-maqdis/

 

Posting Komentar