wahyusuwarsi.com

FOOD PREPARATION MENGHEMAT WAKTU MEMASAK



Bagi para ibu, menyiapkan hidangan dan menu untuk keluarga adalah kewajiban. Hidangan berupa masakan untuk seluruh anggota keluarga, yang meliputi makan pagi, makan siang dan makan malam.

Bagi ibu-ibu rumah tangga, pekerjaan domestik rumah tangga sangat menyita waktu. Memasak membutuhkan waktu dan perhatian khusus. Menu masakan dengan gizi seimbang, akan berpengaruh pada kesehatan keluarga, kecerdasan anak dan tentu juga daya tahan tubuh seluruh anggota keluarga.

Mungkin bagi orang yang memang hobi masak dan sudah terbiasa masak, tidak masalah bila waktunya habis di dapur. Tetapi akan lebih baik jika kita bisa memasak dalam waktu tidak terlalu lama, tetapi bisa menyajikan menu bergizi. Dengan kata lain, hemat waktu dan hemat biaya.

Saya adalah tipe orang yang tidak pandai memasak, dan lebih suka memasak menu yang praktis saja. Dari informasi yang saya baca, salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan food preparation.


 
Contoh food preparation
food-preparation
(Gambar: cookpad.com)

MENGENAL FOOD PREPARATION

Istilah food preparation pasti sudah tidak asing lagi saat ini, terutama di kalangan para ibu.
Apakah food preparation itu?

Dilansir dari www.eatnow.id
food preparation adalah metode memasak yang dilakukan dengan menyiapkan bahan baku menjadi bahan yang sudah siap masak, untuk periode yang telah direncanakan.
Food preparation adalah teknik menyiapkan bahan makanan untuk memudahkan kita saat memasak.

Istilah Food preparation sering juga disebut dengan meal prep.
Bila food preparation telah diterapkan, maka memasak menjadi lebih praktis, lebih cepat dan tentunya lebih hemat biaya. Hal ini karena semua telah direncanakan dengan baik. Biasanya sudah direncanakan menu selama satu minggu, sehingga berbelanja hanya sesuai kebutuhan seperti yang tertulis.

MANFAAT FOOD PREPARATION

Beberapa manfaat food preparation yaitu:

1. Lebih hemat waktu, karena semua bahan sudah dipersiapkan sesuai rencana menu yang akan dimasak (menu dalam satu minggu).

2. Memaksimalkan penggunaan bahan-bahan makanan, sehingga tidak membusuk di kulkas. Karema belanja sesuai dengan kebutuhan (catatan rencana menu).

3. Lebih menghemat biaya. Berbelanja satu kali dalam seminggu lebih hemat dibandingkan berbelanja setiap hari. Biasanya saya berbelanja di akhir minggu atau weekend.

4. Mendapatkan gizi seimbang. Bahan-bahan makanan yang dibeli harus dapat memenuhi kandungan gizi yang lengkap yaitu karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral.

5. Tubuh jadi lebih sehat, karena mengurangi makan di luar dan porsi makan lebih terkontrol. Selain itu menu lebih bervariasi dengan gizi yang seimbang.

TIPS FOOD PREPARATION

Berikut beberapa tips untuk food preparation:

1. Merencanakan menu. Biasanya perencanaan menu dilakukan untuk satu minggu ke depan. Hal penting yang harus diingat, menu-menu tersebut harus memenuhi gizi yang seimbang.

2. Menentukan waktu berbelanja. Sebaiknya berbelanja dilakukan saat ada waktu longgar atau pada akhir minggu saat tidak ada kegiatan rutin. Catatlah bahan makanan apa saja yang harus dibeli, yang sesuai dengan rencana menu satu minggu.

3. Menyiapkan wadah untuk menyimpan bahan makanan. Persiapkan wadah dengan bahan kaca atau stainless steel untuk menyimpan daging dan ikan laut, karena kedua bahan tersebut kedap bau (agar tidak bau amis). Sedangkan sayuran dan bumbu disimpan di wadah yang kedap udara, agar tetap segar dan tidak cepat membusuk. Sebaiknya sayuran dicuci lebih dulu ditiriskan kemudian masukkan ke dalam wadah.

4. Untuk daging, jangan dicuci dan simpan di freezer. Daging dicuci bila akan dilumuri bumbu ungkep.

5. Untuk ikan laut, simpan di freezer dan sebaiknya dibersihkam dulu (sisik, insang dan kotorannya).

6. Bahan makanan beku yang akan dimasak, sebelumnya simpan di chiller.

7. Sebaiknya menyimpan satu jenis bahan dalam satu wadah. Jangan mencampur (menyimpan) berbagai jenis bahan dalam wadah yang sama. Hal ini untuk menghindari kontaminasi dan pembusukan.

8. Menyiapkan bumbu putih, bumbu merah dan bumbu kuning. Bumbu putih yaitu bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan. Bumbu merah adalah cabe yang dihaluskan. Bumbu kuning adalah bawang merah, bawang putih ditambah kunyit yang dihaluskan. Kemudian masukkan dalam wadah kaca tertutup, lalu simpan di kulkas. Bila kita ingin memasak, ambil bumbu-bumbu tersebut sesuai selera dan kebutuhan (boleh ditambah bumbu lain sesuai kebutuhan).

9. Untuk frozeen food sebaiknya disimpan di dalam freezer.

Dari www.eatnow.id ada beberapa bahan makanan yang aman disimpan di kulkas, dan di suhu ruangan.

Bahan makanan yang aman untuk disimpan dalam kulkas antara lain:
Daging (daging mentah, daging bumbu ungkep)
Sayuran (bayam, sawi, tauge, timun, dll)
Buah (melon, semangka, buah naga, strawberry)
Jamur
Frozen food (sosis, nugget, daging asap)

Bahan makanan yang aman disimpan di suhu ruangan:
Bahan kering (mie, pasta, beras, tepung, gula, garam)
Umbi-umbian (kentang, singkong, ubi)
Buah (mangga, pisang, jeruk)
Sayuran (wortel, buncis, brokoli, kembang kol)

Nah, demikianlah ulasan saya tentang food preparation. Semoga bermanfaat.





Referensi:

Video Youtube Rumah Kami

https://www.eatnow.id/tips-sehat/food-preparation/

https://www.sehataqua.co.id/food-preparation-adalah/

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/fasrinisyah-suryaningtyas-1/ide-meal-prep-simpel-seminggu

https://www.fimela.com/amp/4998472/cara-menyiapkan-makanan-untuk-satu-minggu-praktis-dan-tidak-ribet

https://www.jenius.com/highlight/detail/menu-meal-prep-seminggu-untuk-menghemat-uang-makan



4 komentar

  1. Setuju banget kalau food preparation ini menghemat waktu. Aku kalau lagi rajin ya food preparation sih, Mbak. Tapi kalau lagi males ya cuma masak nasi dan beli lauk di pedagang lauk keliling.

    BalasHapus
  2. Iyaa food preparation itu menghemat waktu dan tenaga ya pas masak, nggak usah potong-potong lagi jadi waktu masak lebih cepat dan praktis

    BalasHapus
  3. Padahal kalo ngikutin tips mbak wahyu tuh ribetnya sehari aja ya mbak. Nanti kalo mo masak udh tinggal sat set aja. Cuma ya itu kadang males buat food prep ngerasa ga rampung2 gitu kerjaan hahaha....
    Insyaallah next time kr pasar lagi aku mau nyoba food prep ah ribet sehari tapi manfaatnya berhari2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saya seminggu sekali prepare nya mbak.

      Hapus