wahyusuwarsi.com

MENATAP LAYAR TERLALU LAMA MENYEBABKAN MATA KERING

Akhir-akhir ini saya sering sekali merasakan mata rasanya pegel, sepet bahkan terasa kering, tetapi seringkali saya abaikan saja. Ya, sebagai blogger pendatang baru tentunya saya juga harus menatap layar laptop setiap hari, untuk menyelesaikan menulis artikel-artikel saya. Bahkan sehari bisa lebih dari 5 sampai 7 jam saya menatap layar laptop. Selain itu juga karena kebiasaan membaca buku di kamar dengan penerangan yang tidak maksimal, selama beberapa jam.



Insto Dry Eyes
Inst0-Dry-Eyes
(Gambar: koleksi pribadi)



GEJALA MATA KERING

Sindrom mata kering disebut juga Keratoconjungtivitis sicca, yaitu kondisi yang terjadi ketika air mata tidak mampu memberikan pelumasan (kelembaban) yang cukup untuk mata (alodocter.com).

Setelah membaca beberapa informasi, saya baru tahu bahwa gejala-gejala yang saya rasakan adalah gejala mata kering.

Secara umum gejala mata kering adalah:

1. Penderita sering merasakan kondisi mata yang tidak nyaman.

2. Mata terasa panas.

3. Merasa seperti ada yang mengganjal.

4. Mata sering merah.

5. Mata terasa seperti berpasir.

6. Terdapat lendir di sekitar mata atau di dalam mata.

7. Mata terasa kering.

8. Mata terasa cepat lelah.

9. Sensitif terhadap sinar matahari.

10. Penglihatan buram dan akan membaik setelah berkedip-kedip.

Semua gejala-gejala tersebut sering saya rasakan, namun saya mengabaikannya. Padahal kondisi mata kering ini bila tidak segera diatasi, akan menimbulkan masalah yang lebih serius.

BAHAYA MATA KERING

Mata yang dibiarkan kering terus menerus dapat merusak permukaan mata, karena air mata dibentuk pada saat kita berkedip, kemudian air mata akan menyebar membasahi seluruh permukaan mata.

Pada sebagian orang yang bekerja menggunakan gawai dan selalu menatap layar laptop, hal ini akan memperburuk keadaan yaitu mempermudah mata kering. Sebaiknya seringlah berkedip untuk menjaga agar mata tidak kering, bila sedang bekerja di depan layar laptop. Hal ini juga menyebabkan mata lebih cepat merasa lelah.

Apa bahayanya jika mata kering?

Dilansir dari orami.co.id yang mengatakan tentang bahayanya mata kering, yaitu:

1. Mata kering bisa menyebabkan infeksi mata karena lebih mudah masuknya bakteri dari luar ataupun karena polusi udara.

2. Mata kering akan mendorong kelenjar lakrimal memproduksi lebih banyak air mata sehingga menjadi drainase alami mata, karena itulah mata sering berair.

3. Bisa menyebabkan kehilangan penglihatan. Hal ini terjadi karena pengaburan dalam penglihatan akan terus meningkat.

4. Menyebabkan kerusakan pada kornea mata. Kebiasaan menggosok mata bila terasa gatal atau perih, menyebabkan goresan pada lapisan kornea mata. Pada goresan yang lebih dalam, akan menyebabkan jaringan parut pada korea dan pada masalah penglihatan.

5. Menyebabkan photophobia (mata lebih sensitif terhadap cahaya).

PENYEBAB MATA KERING

Dikutip dari alodoc.com mata kering bisa disebabkan beberapa hal :

1. Menurunnya produksi air mata oleh kelenjar mata. Produksi air mata menurun biasanya lebih sering terjadi karena usia, pada wanita yang sudah menopause, adanya penyakit tertentu yaitu diabetes, rheumatoid, arthritis, lupus, gangguan hormon tiroid.

2. Konsumsi obat-obatan antihistamin, dekongestan, antidepresan, obat hipertensi, obat jerawat dan obat terapi hormon juga dapat menurunkan produksi air mata sehingga menyebabkan mata kering.

3. Rusaknya kelenjar air mata disebabkan karena operasi laser mata.

4. Jarang berkedip pada saat bekerja terlalu lama di depan layar komputer atau terlalu banyak membaca, bisa menyebabkan meningkatnya penguapan air mata sehingga mata kering.

5. Kekurangan vitamin A.

6. Cuaca yang kering (berangin).

7. Alergi pada mata.

INSTO DRY EYES SEBAGAI SOLUSI MATA KERING

Semua gejala-gejala mata kering yang saya rasakan akhirnya dapat teratasi, setelah saya bertemu dengan #InstoDryEyes. Obat tetes mata produksi Combiphar ini memang sangat tepat sebagai #SolusiMataKering.

Indikasi:

INSTO DRY EYES digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophthalmia), juga digunakan sebaga pelumas pada mata palsu.

Aturan Pakai:

1-2 tetes pada setiap mata, 3 x sehari atau sesuai anjuran dokter.

Tiap ml INSTO DRY EYES mengandung Hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan Benzalkonium chloride 0,1 mg.

Kini saya sudah tidak merasa khawatir lagi bila ada gejala-gejala mata kering, karena sudah menemukan solusi mata kering.

Berikut ini video dari youtube Insto Dry Eyes:



21 komentar

  1. Kelenjar air mata ini ternyata bisa menurun ya produksinya. Ini salah satu penyebab mata kering. Iya sih, apalagi saat kita menatap layar gadget. Bekerja menggunakan laptop berjam-jam lamanya ga terasa tau2 mata kering, perih gitu. Untung ada solusinya pakai Insto Dry Eyes untuk merawat kesehatan mata :)

    BalasHapus
  2. Wah... informatif sekali. Kalau di lampu merah trus mata lama2 jd pingin nangis krn asap motor lain itu mata kering jg bukan ya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya saya pakai yang Insto regular eye drops untuk mengatasi iritasi mata karena debu atau asap mbak.

      Hapus
  3. Saya pernah merasakan gejala mata kering itu. Mata terasa panas dan terkadang terasa berpasir begitu. Mungkin karena sering melihat layar gadget juga. Sepertinya saya perlu sedia Insto dry eyes di rumah deh

    BalasHapus
  4. Kalo aku akhir2 ni lagi sering merasakan gatal di mata mbak. Entah kenapa blm ketemu masalahnya. Tapi klo udh gatal ga enak bgt rasanya dikucek dikit aja langaung meeah matanya klo didiemin ya ga kuat. Pake insto bisa kali ya buat mengatasinya

    BalasHapus
  5. Mata kering ni ternyata mengganggu banget ya buat yang harus kerja di depan layar. Daripada produktivitas terganggu memang sebaiknya sedia obat tetes seperti insto ini biar tidak sampai bikin mandeg pekerjaannya gara-gara sakit mata

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu kalau mata kering bisa juga disebabkan karena hormon. Pantesan kalau sedang ada gangguan hormon, kok rasanya kering, apalagi setelah menatap layar komputer terus-terusan. Terima kasih infonya ya, Bunda.

    BalasHapus
  7. Waah sama kek diriku Mbak. Mata gatal, berair dan rasa ada sesuatu, sudah berobat ke dokter tak sembuh eh ternyata obatnya Insto Dry Eyes..

    BalasHapus
  8. Sering menatap layar komputer bikin mata jadi cepat lelah. Aku pakai Insto Dry Eyes juga kalau mataku udah lelah di depan komputer lebih dari 5 jam. Alhamdulillah jadi normal kembali.

    BalasHapus
  9. bener banget nih, kalau sudah emnatap layar komputer lama, mataku jadi pedih dan berasa buram gitu, jadi perlu dikedip-kedipkan dulu, setelah itu agak mendingan, pernah coba insto dry eyes, enak, adem di mata

    BalasHapus
  10. Aku juga almost whole day berada depan laptop deh, dunia ku kayaknya seputaran layar terus. Kalau nggak laptop ya hape. Memang mata kering kayak berpasir gitu sering banget ku alami, ujung2nya gatal kan. Makanya aku juga nyetok into untuk mengurangi efek radiasi dan mata kering.

    BalasHapus
  11. radiasi dan paparan sinar biru memang tidak terlalu baik untuk mata. selain menggunakan insto dry eye. mungkin temen2 juga perlu untuk sesekali berkedip, berpaling dari laptop untuk melihat pemandangan lain, agar mata enggak spaneng

    BalasHapus
  12. Sebagai pekerja yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan ber AC, ditambah perjalanan di mobil yang selalu full AC, tentu mata kering jadi sahabat lama saya.
    Untung ada iNSTO yang selalu setia menemani perjalananku. 2 tetes, langsung hilang deh gejala-gejala mata kering

    BalasHapus
  13. Ya benar sebagai penderita rabun jauh saja kadang hampir tiap sebentar mata kering sehingga penting sekali menggunakan insto

    BalasHapus
  14. Aku juga makai insto mba. Apalagi kalau udah di depan layar seharian, mata lelah pengen yang adem adem...

    BalasHapus
  15. Masalah pada mata memang menjadi musuh utama seorang blogger. Saking asiknya kutak-ketik di depan gawai, sampai lupa berkedip. Selain itu, saya juga suka membaca sambil tiduran. Wah, wah, nyari penyakit, sih, ini mah. Untung ada Insto, ya.

    BalasHapus
  16. Mata kering tuh seolah lekat banget buat kita-kita para blogger atau yang pekerjaannya dominan di depan layar laptop dan smartphone, harus sedia insto sih ya

    BalasHapus
  17. Wah, berarti memang harus menyediakan insto di rumah, nih. Sebagai penanganan pertama gejala mata kering. Jadi gak perlu khawatir lagi saat beraktivitas lama dengan gadget.

    BalasHapus
  18. Setuju sekali nih mba, jangan terlalu lama di depan laptop yaa, sekarang jadi harus sering berkedip, deh. Aku juga termasuk yang suka terserang problem mata kering, untungnya selalu sedia insto dry eyes. Langsung tetesin mata jadi nyaman.

    BalasHapus
  19. Sama seperti Yang aku alami, karena kebanyakan liat HP dan komputer mata jadi terasa kering, untung ada Insto yang menemani setiap saat

    BalasHapus