wahyusuwarsi.com

PERSONAL BRANDING UNTUK BLOGGER

 



Personal branding adalah hal yang penting agar seseorang bisa dikenal, oleh orang lain di lingkungan yang lebih luas. Personal branding berlaku untuk siapapun, tidak hanya untuk public figure saja, tapi juga untuk semua orang.

Disini saya akan mencoba mengulas tentang personal branding bagi seorang blogger.
 

MENGENAL PERSONAL BRANDING


Personal Branding adalah bagaimana cara kita memperkenalkan diri kita terhadap publik.

Setiap orang punya personal branding secara alami, baik disadari maupun tidak. Seseorang harus bisa mengembangkan diri dan memaksimalkan ketrampilan dan perilaku dalam dirinya. Kemudian memahami nilai atau value yang ada dalam dirinya, dan apa yang ingin dilakukan serta dicapai dalam dirinya.

Sebagai manusia kita harus selalu bersyukur akan anugerah Allah Swt. Bersyukur dengan terus bertumbuh. Artinya kita harus tumbuh sebagai pribadi dengan versi terbaik. Menyiasati kekurangan dan fokus pada kekuatan sehingga bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, karena itu kita harus memperkenalkan diri pada lingkungan kita.


LANGKAH AWAL PERSONAL BRANDING


Seringkali saya berpikir, siapa sih saya ini? Kenapa sebagai blogger saya harus punya personal branding, padahal saya kan belum apa-apa, hanya seorang blogger pemula. Namun kalau tidak dimulai dari sekarang, orang ngga akan pernah tau bahwa kita seorang blogger, yang punya kewajiban mentransfer informasi bagi pembaca. Semua diawali dan dimulai dari diri terbaik kita.

Diri terbaik kita kalau menurut saya adalah yang bisa bersyukur menerima apapun yang diberikan oleh-Nya. Walaupun mungkin menurut orang lain belum tentu mendapat tanggapan yang positif atas apa yang kita lakukan, namun hendaknya kita harus selalu menampilkan yang terbaik. Selain itu juga apa yang kita lakukan harus bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan.

Sebagai blogger kita bisa menulis hal-hal yang bermanfaat, atau share ilmu dan pengetahuan kita tentang suatu tema di blog kita. Di media sosialpun demikian juga. Sebaiknya bila posting di media sosial adalah mengenai hal yang baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Apabila orang lain sudah mengapresiasi kespesialan kita, berarti itulah waktunya bahwa personal branding sudah bekerja. Maka kita tidak boleh mengecewakan mereka, karena mereka pasti berharap pada kita untuk menuliskan hal- hal yang bermanfaat dan berwawasan luas.



Personal branding
personal-branding-untuk-blogger
(gambar: koleksi pribadi)

 

KOMPONEN PERSONAL BRANDING


Ada 2 komponen personal branding yaitu komponen utama dan komponen pendukung (Blogspedia Coaching).

KOMPONEN UTAMA

Komponen utama terdiri dari value, skill, behaviour.
Setiap orang punya value yang disadari atau tidak, dan punya skill yang harus dikembangkan agar menjadi personal branding. Pengembangan skill adalah dengan cara fokus pada kelebihan. Didukung pula dengan perilaku positif yang mendukung citra positif terhadap diri sendiri.
 

KOMPONEN PENUNJANG

Komponen penunjang adalah appearance, uniqueness dan authentic.
Penampilan diri kita menunjukkan apakah kita seorang yang sederhana, rapi atau yang lain.
Kita harus punya keunikan tersendiri dibanding orang lain. Selain itu jadilah diri sediri yang otentik.

Hal-hal di atas bisa diterapkan pada kita sebagai blogger.
Sebagai blogger, kita harus lebih meningkatkan skill di bidang kepenulisan, menambah ilmu dan wawasan yang luas agar tulisan kita bermanfaat bagi orang lain dan berusahalah agar blog kita lebih unik dari blog orang lain, sehingga orang selalu ingin mampir dan membaca blog kita. Tak lupa juga jadilah diri sendiri yang orisinil.

Ada orang-orang yang memang punya personal branding alami atau tanpa disadari. Tetapi juga ada orang yang dengan sengaja menciptakan personal branding untuk mencapai tujuan tertentu. Dari kedua hal tersebut mempunyai tujuan yang sama, agar lebih dikenal terutama oleh lingkungan.
 

TUJUAN PERSONAL BRANDING

Dari materi Blogspedia Coaching, tujuan personal branding adalah:

1. Memperkenalkan dan mempertajam citra diri seseorang.
2. Memudahkan orang lain untuk mengingat kita.
3. Memudahkan dalam memilih pilihan.
4. Memfokuskan diri pada apa yang ingin dicapai.



personal branding
personal-branding
(gambar: Blogspedia Coaching)



PERSONAL BRANDING UNTUK SEORANG BLOGGER

Jika ada pertanyaan, ingin dikenal sebagai blogger seperti apakah dirimu dan kenapa?
Apa yang akan saya jawab?

1.Hal yang pertama harus diingat adalah, big why ngeblog, motivasi ngeblog, niche ngeblog yang dipilih. Seperti yang pernah saya tulis di artikel Big Why ngeblog, tujuan dan motivasi ngeblog saya saat ini adalah menambah wawasan dan mengembangkan ketrampilan saya dalam kepenulisan. Alasan lain adalah dengan usia yang sudah hampir 60 tahun ini, saya harus melatih otak untuk berpikir agar tidak pikun. Mungkin ke depannya tujuan tersebut bisa berkembang, agar bisa menambah penghasilan dari ngeblog. Sedangkan untuk niche yang saya pilih saat ini masih gado-gado, tetapi akhir-akhir ini saya lebih banyak menulis tentang traveling.

2. Personal branding bagi seorang blogger itu juga harus selalu update blog, dengan konten yang sedang trend atau masalah-masalah yang menarik untuk dibahas. Jadi sebagai seorang blogger, kita harus punya wawasan yang luas untuk bisa mentransfernya melalui artikel di blog.

3. Banyak-banyak belajar dengan kesungguhan, dan rajin update blog secara konsisten sehingga peran sebagai blogger bisa maksimal. Belajar itu bisa dari manapun dimulai, entah itu dari membaca buku, mendengarkan berita, blogwalking dari blog teman, atau nonton televisipun kita bisa belajar.

4. Hal lain yang bisa dilakukan untuk personal branding bagi seorang blogger adalah, tulislah hal-hal yang membedakan blog kita dengan orang lain. Atau tulis hal-hal yang unik dari blog kita.

5. Bergabung dengan komunitas blogger dan berusaha aktif di kegiatan yang dilaksanakan. Misalnya ikut blogwalking, ikut medsos walking, ikut event bedah buku, ikut webinar.

6. Sebagai seorang blogger kita harus aktif di medsos, karena saat ini blogger juga dianggap sebagai influencer. Menurut coach Yonalregen, optimalkan medsos yang kita miliki sebagai support system dari blog.

Bagaimana caranya?

Mengoptimalisasi medsos bisa dilakukan dengan cara:

Update medsos dengan cara posting dan share tentang blog, tentang kegiatan harian kita yang berhubungan dengan blogging, rutin membuat konten serta rutin menulis dan rajin datang ke event yang berhubungan dengan blogging.

Bila menggunakan instagram, tampilkan link blog di bio medsos. Ubah IG personal menjadi IG bisnis. Demikian pula bila kita mengoptimalkan facebook, ubah akun personal menjadi akun bisnis, dan buatlah fanpage khusus postingan blog. Hal ini untuk menghindari agar akun kita tidak dibanned facebook.

7. Lakukan evaluasi setiap akhir minggu untuk mengetahui seberapa perkembangan medsos kita. Kita bisa mengecek views blog kita dan insight medsos, apakah ada penambahan follower, subscriber ataupun like.

Dari hasil pengecekan itu bisa dievaluasi, apakah medsos dan blog kita sudah berkembang atau hanya jalan di tempat.
Dari hal-hal tersebut kita bisa tau apa yang sebaiknya kita lakukan agar blog dan medsos kita bisa semakin berkembang dan bermanfaat bagi orang yang membacanya.



Contoh kartu nama
kartu-nama-wahyu-suwarsi
(gambar: koleksi pribadi)

 

Nah temans, itulah sedikit rangkuman dan ulasan saya mengenai personal branding untuk seorang blogger.
Semoga bermanfaat.

Sumber:

Materi 9B Blogspedia Coaching, tentang personal branding for blogger.

https://www.yonalregen.com/2020/12/belajar-personal-branding.html





















2 komentar

  1. Setelah baca ini,aku auto edit profil di instagram. Terimakasih sudah berbagi bu

    BalasHapus
  2. Setelah baca ini jadi termenung tentang bagaimana ya personal brandingku di mata teman-temanku. Makasih, Mbak..

    BalasHapus